Banyak yang bertanya kepada saya “Berapa banyak saham atau emiten yang kita perdagangkan dalam satu waktu ??” Pertanyaaan ini bagus sekali karena banyak orang yang saking banyaknya punya saham sehingga sulit untuk mengkontrol pergerakan sahamnya  atau ada juga orang yang punya saham terlalu sedikit sehingga kehilangan opportunity untuk mendapatkan gain dari saham lain.

Ideally memang jumlahnya tidak kurang dari 10 dan tidak lebih dari 20 saham. Mungkin untuk pemula boleh kurang dari 10 (misalkan antara 5-10), namun untuk expert sekalipun kita batasi tidak lebih dari 20 (karena keterbatasan dari display online trading yang kita miliki, sehingga tidak perlu harus key in ticker nya)

Karena saya menggunakan Indopremier via www.ipotultima.com maka saya membatasi maximum 17 saham yang aktif saya perdagangkan. Karena ada 14 slot untuk monitoring dalam bentuk ROW dan 3 slot untuk monitoring dalam bentuk COLOUMN

Screen Shot 2016-08-25 at 3.40.38 PM

Namun bila ada saham bagus yang memiliki peluang cukup besar maka saya akan kasih buffer tambahan maksimum 3 saham/emiten lagi. Namun dari waktu ke waktu saya akan coba displin hanya memperdagangkan 17 saham sehingga mudah dalam kontrol nya.

Berapa Alokasi Untuk Setiap Saham 

Secara umum saya membagi alokasi untuk open position setiap saham rata untuk masing-masing Open Position (posisi beli).

Sebagai ilustrasi bila modal saya untuk saham adalah Rp 100 juta dan mentargetkan untuk 10 saham maka setiap emiten akan dialokasikan Rp 10,000,000. Tanggal 25 Agustus hendak OP untuk saham SIMP dengan harga Rp 540/lembar maka saya melakukan BUY SIMP dengan jumlah lot pembelian 185 lot.

2016Aug-Salim Ivomas Pratama Tbk.-800x600

Namun bila pada hari yang sama diputuskan untuk masuk saham META dengan kondisi OP di harga 134 maka saya akan buka posisi BUY META sebanyak 746 lot

2016Aug-Nusantara Infrastructure Tbk.-800x600

Hal ini belum mempertimbangkan reward dan risk dari masing-masing saham, karena kedua saham tersebut mempunyai target dan support yang berbeda sehingga dari pembelian saham dengan jumlah yang sama akan memberikan profile risk dan gain yang berbeda-beda (profile risk dan gain akan dibahas terpisah)

Namun hal ini tidak kaku untuk diterapkan, misalkan anda memiliki confident level yang tinggi maka dapat menaikkan 50% atau bahkan 100% dari value yang diperdagangkan (namun artinya untuk saham yang berikutnya bisa saja valuenya dikurangi atau mengurangi jumlah emitennya) atau misalkan belum yakin bisa dikurangi 50% juga untuk berjaga-jaga dan 50% lagi dialokasikan untuk emiten lain atau OP ketika saham itu mengalami breakout lanjutan.

Nah semoga jumlah saham kita gak banyak kayak LQ-45 atau Kompas-100, soalnya kita kan investor personal dan bukan institutional. Jadi pastikan jumlahnya mampu kita kontrol secara rutin dan gak angin-anginan. Nanti profitnya bisa kena terbang dibawa angin