Trading Saham seperti hal nya sebuah perdagangan riil memerlukan skill dan knowledge khusus utk paham mengenai produk , pasar dan behaviour nya sehingga keputusan yang kita ambil dalam trading tidak salah dan merugikan.

Sebelum memulai trading ada baiknya melakukan pembelajaran terhadap aktivitas dan aturan di Pasar Modal. Cara terbaik adalah melalui bahan bacaan seperti buku atau blog, mengikuti seminar atau training yg dilakukan oleh trainer profesional ataupun yang diprovide oleh Lembaga Profesi.

Setelah paham mengenai aktivitas dan aturan mulailah melakukan “test drive” dgn menggunakan akun dummy trading yg biasanya ada di portal portal berita seperti www.kontan.co.id atau www.bisnis.com dari dummy trading ini bermanfaat utk familiarity terhadap sistem trading sekaligus mengukur kualitas Technical Analysis yang telah dipelajari.

Setelah kita yakin bahwa READY TO TRADE baru kita mendaftarkan diri ke perusahaan sekuritas untuk membuka akun trading personal. Banyak pilihan yang ditawarkan oleh perusahaan sekuritas mulai dari kemudahan pembukaan rekening, minimum biaya transaksi dan juga fasilitas online trading sehingga bisa bertransaksi mandiri tanpa melalui perantara. Mungkin kita bisa pelajari terlebih dahulu dari situs mereka untuk mengetahui persyaratan, biaya dan fasilitas yang diberikan. Berikut ini adalah beberapa sekuritas :

  1. Indopremier Online Securities : https://www.indopremier.com/ipotstock/ (recommended)
  2. BNI Securities : https://www.bnisecurities.co.id/
  3. Phillips Online Securities : https://www.poems.co.id/
  4. Daewoo Securities : http://www.dwsec-id.com/

Pastikan betul betul minimum pembukaan rekening dan biaya transaksi nya sehingga jelas. Selain itu cara akses ke platform online trading apakah melalui PC/laptop (operating system apa saja yang disupport, paling umum adalah menggunakan Windows based), apakah tersedia trading melalui WEB, dan yang paling common sekarang adalah melalui aplikasi smartphone (berbasis Android/iOS)

Selain itu apakah perusahaan sekuritas menyediakan informasi rekomendasi saham yang dikirimkan via email atau aplikasi messenger sehingga memudahkan kita dalam melakukan pemilihan saham yang akan ditransaksikan. Namun perlu dicatat bahwa ada baiknya melakukan analisa saham mandiri sebagai crosschecking atas informasi yang diberikan oleh sekuritas tadi. Karena pilihan atas saham yang ditransaksikan cukup banyak di Bursa Efek Indonesia.