Market Review

IDX Direction 2 Agustus 2018 : Potensi Uptrend Lanjutan Dalam Bayang-Bayang Konflik Dagang China – Amerika

SENTIMEN GLOBAL DAN KOMODITAS

Bursa saham global di New York ditutup mixed; setelah naiknya saham saham teknologi tidak mampu mendorong index di teritory hijau setelah muncul potensi kenaikan tarif impor produk senilai USD 200milyar dari 10% menjadi 25%. DOW terkoreksi -81.37 point  setelah dua saham ekspor manufaktur Caterpillar dan 3M turun paling dalam. Saham saham kelompok industri  yang menjadi komponen S&P turun -1% sehingga mendorong koreksi index S&P -0.1%. Nasdaq yang merupakan kelompok saham saham teknologi ditutup naik +0.4% ke level 7707.29 setelah saham Apple mencetak rekor harga terbaru.

Tingginya pertumbuhan private payroll sebesar 219.000 lebih tinggi dari ekspektasi analis 185.000 menjadi signal kuat recovery. Angka ini perlu divalidasi dengan data terbaru pemerintah  terkait non farm payroll yang akan rilis hari Jumat. The FED mengupgrade pandangannya tentang ekonomi Amerika dari SOLID menjadi STRONG.

Kuatnya data payroll tenaga kerja swasta ikut mendorong yield surat utang Amerika 10 tahun ke level diatas 3%. Data ekonomi menjadi signal bahwa pertumbuhan ekonomi mengalami penguatan. Penguatan ini  belum menjadi alasan bagi the Fed untuk menaikkan bunga acuan di bulan Agustus namun masih tetap menyisakan potensi kenaikan 2x lagi.  Keputusan the FED ini membuat US Dollar index menguat 0.11% ke level 94.59. Apalagi dengan posisi Euro yang melemah -0.21% terhadap Dollar.

Harga minyak kembali terkoreksi -1.6% dan ditutup pada level USD 67.66 per barrel setelah data dari US Energy Information Administration mencatat kenaikan pada stock minyak mentah 3.8 juta barrel. Ekspektasi analis adalah terjadi penurunan 2.8 juta barrel.

Komoditas Naik :   CPO

Komoditas Turun :  minyak, emas, timah, nikel, batubara, dan karet

Potensi Aktif : LSIP AALI BWPT PTBA SIMP TBLA

REVIEW DAN POTENSI IDX HARI INI

Index saham di IDX ditutup  naik +1.6%  pada level 6033.42 dan berhasil men-set off penurunan yang terjadi pada hari Selasa. Index kemarin sedikit berada di atas level resiten 6027 yang kemarin ditembus. Posisi candlestick sudah berada diatas EMA7 kembali dan potensi lanjutkan short term uptrendnya.

Volume perdagangan dibawah VMA5 dan VMA20. Investor asing mencatatkan peningkatan angka net buy menjadi 675 Milyar. Kelompok BASIC_IND, FINANCE dan MISC-IND menjadi pendorong utama kenaikan kemarin dengan kenaikan diatas +2%.

Hari ini index kembali dalam posisi short term uptrend dengan rentang antara 5972-6060. Kekhawatiran masalah tarif dagang di Amerika – China menjadi faktor yang bisa membawa index terkoreksi uji area support 5972. Selain itu masih menguatnya US Dollar terhadap Rupiah dikhawatirkan menjadi sentimen negatif bagi IDX. Fokus di saham saham BASIC-IND, FINANCE dan MISC-IND yang berpotensi kenaikan lanjutan.

Tone dan Manner perdagangan hari ini  : Kembali Berada di atas EMA7 Lanjutkan Uptrend, Ketegangan Dagang China – Amerika Kembali Terjadi. Rentang Index 5972-6060

SAHAM WATCHLIST HARI INI

Berapa saham yang perlu diperhatikan hari ini :

Swing Trade :  ADHI ASRI CENT DMAS FPNI INDF KREN MPMP PNLF SIMP TBLA    (cross over MA20 kemarin)

Fast Trade : SMGR FPNI INDR MPMX ADMG PSSI CPIN IMAS CENT ASII DMAS ESSA   (hanya berlaku hari ini)

Swing Trade  saham saham yang mengalami cross over MA20

Fast Trade saham yang mengalami lonjakan volume dan big white candle

ANNOUNCEMENT TETRA

Dapatkan promo Agustus Merdeka. Untuk pembelian dan upgrade ke paket TETRA X CHANGE PRIME. Bayar 3 bulan jadi  4 bulan, bayar 6 bulan jadi 8 bulan dan bayar 12 bulan jadi  15 bulan. Diskon tambahan 10% dengan gunakan kode DISKON10. Beli sekarang sebelum harga naik 1 September 2018 menjadi Rp 250.000 per bulan. Promo mulai 30 Juli – 30 Agustus 2018. 

Ikuti Workshop Kebebasan Finansial Batch 5 Surabaya  tanggal 8-9 September 2018 di hotel Amaris Margorejo Indah. Tempat sangat terbatas hanya tersedia untuk 25 orang peserta . Daftar sekarang untuk mendapatkan harga early bird Rp 1 juta (untuk TETRA PRIME member) dan Rp 1.2 juta (untuk Umum dan LITE user). Setelah 8 Agustus harga Normal Rp 1.5juta. Daftar  via Aplikasi pada menu SMART STEP EVENT

CHART PENDUKUNG

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *