Market Review

IDX Direction 9 Juli 2018 : Saham PROPERTY MINING dan INFRA Bisa Menjadi PIlihan Saat Index Terkonsolidasi

SENTIMEN GLOBAL DAN KOMODITAS

Bursa Global di New York kembali mencatatkan penguatan di hari Jumat saat dimulainya implementasi tarif dagang antara China dan Amerika. Walaupun sempat melemah karena kekhawatiran akan perang dagang namun kuatnya data ekonomi dari sektor tenaga kerja membuat index terangkat. DOW naik 99.74 point setelah saham Apple dan Microsoft naik tajam. S&P terangkat +0.8% setelah saham kelompok kesehatan menguat +1.5%. Nasdaq naik +1.3% setelah saham FB mencapai all time high nya dan saham saham kelompok Biotech menguat +3.8%.

Data ekonomi menunjukkan sepanjang Juni, Amerika telah mencetak 213 ribu lapangan kerja lebih tinggi dari ekspektasi analis sebanyak 190ribu. Angka pengangguran naik tipis ke level 4% dari 3.8%. Sedangkan kenaikan upah +2.7% sedikit dibawah ekspektasi +2.8%.

Yield surat utang Amerika sedikit melemah setelah angka pengangguran kembali ke level 4%. Yield surat utang 10 tahun turun ke level 2.829%. US Dollar index melemah -0.44% ke 94.05 setelah Dollar melemah terhadap Yen dan Euro.  Level ini merupakan yang terendah sepanjang 3 pekan terakhir.

Harga minyak mentah naik +1.2% ke level USD 73.80 per barrel. Pemerintah Korea Selatan mulai menghentikan pembelian minyak dari Iran. Naik nya supply minyak Saudi dan masih tingginya invetory minyak Amerika membuat harga minyak terkoreksi sepanjang pekan.

Komoditas Naik : minyak, emas, dan batubara

Komoditas Turun : timah, nikel, CPO dan karet

Potensi Aktif : ELSA, MEDC,  ANTM, PSAB, PTBA, HRUM, INDY, PTRO,ADRO, ITMG

REVIEW DAN POTENSI IDX HARI INI

Index saham di IDX ditutup melemah -0.8% dan ditutup pada level 5994.91 setelah dibayangi oleh sentimen rencana penerapan tarif atas produk ekspor Indonesia ke Amerika serta masih blm stabilnya Rupiah terhadap Dollar. Index lokal bergerak berlawanan dengan sentimen Regional yang menguat jelang penutupan. Volume perdagangan mengecil dan dibawah VMA5 nya. Net sell asing pun melemah -29.8M dibandingkan hari sebelumnya -179M. Kelompok FINANCE, BASIC-IND, dan CONSUMER menjadi penekan terhadap index di perdagangan akhir pekan kemarin.

Hari ini index kembali masuk dalam rentang konsolidasi 5659-5800 dan masih berpotensi tertekan. Sentimen global yang positif dan sepertinya akan diikuti oleh index di Regional namun perlu mendapatkan suplemen tambahan dari dalam negeri termasuk rencana aksi pemerintah terhadap rencana penerapan tarif dari Amerika yang berpengaruh kepada 124 item produk. Index masih akan mencoba untuk kembali ke level 5733 bila terjadi penguatan kembali. Saham kelompok PROPERTY , INFRA dan MINING bisa menjadi perhatian untuk hari Senin ini

Tone dan Manner perdagangan hari ini  : Saham INFRA, MINING dan PROPERTY Bisa Jadi Perhatian Saat Index Wait and See di Area Konsolidasinya

SAHAM WATCHLIST HARI INI

Berapa saham yang perlu diperhatikan hari ini :

Swing Trade : ITMG PSAB PWON    (cross over MA20 kemarin)

Fast Trade : SOCI LEAD TRAM BULL APLN MNCN    (hanya berlaku hari ini)

Swing Trade  saham saham yang mengalami cross over MA20

Fast Trade saham yang mengalami lonjakan volume dan big white candle

ANNOUNCEMENT TETRA

Hanya tinggal 2 hari lagi. Dapatkan harga early bird untuk workshop Kebebasan FInansial dari Bursa Saham untuk event Semarang.
Tanggal 11 July menjadi harga normal Rp 1.3juta (untuk member PRIME) dan Rp 1.5 juta (untuk umum dan LITE).
Segera lakukan pendaftaran dan pembayaran sebelum harga naik. Manfaatkan kesempatan untuk dapatkan harga lebih murah Rp 300.000 atau 30% dari harga normalnya.
Klik http://bit.ly/SMGHidupBebasTETRA atau dari Menu SMART STEP EVENT pada Apps TETRA X CHANGE

CHART PENDUKUNG

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *