Uncategorized

IDX Direction 4 Juli 2018 : Index Sudah Turun 11.58% Sejak Awal 2018, Saham CONSUMER Masih Menarik

SENTIMEN GLOBAL DAN KOMODITAS

Bursa Global di New York ditutup melemah, setelah sempat mengalami penguatan pada awal perdagangan. Namun efek dari masih belum redanya pengaruh kebijakan dagang Amerika membuat saham saham besar terjungkal di session penutupan. DOW turun -132 point setelah saham Apple turun -1.5%. S&P turun -0.5% setelah saham saham teknologi terkoreksi -1.4%. Nasdaq turun -0.9% setelah saham FB turun -2.4%.  Naiknya harga minyak ke level USD 75 dan saham kelompok Energi  yang terapresiasi +0.5% tidak membuat index mampu bertahan di  zona hijaunya. Masih tegangnya masalah tarif membuat saham saham besar seperti Boeing dan Caterpillar turun -0.9% dan -1.8% di perdagangannya jelang libur Independence Day 4 Juli 2018.

YIeld surat utang Amerika dan Dollar sedikit melemah jelang libur 4 July. Yield surat utang 10 tahun turun ke level 2.838%. US Dollar index turun -0.45% ke level 94.6. Investor menanti keluarnya risalah rapat the FED untuk memproyeksi kemungkinan kenaikan suku bunga acuan 2x lagi di tahun ini.

Harga minyak sempat mencapai level USD 75 per barrel, pertama sejak tahun 2014, sebelum ditutup pada level USD 74.14 atau naik 20 cent. Data menunjukkan untuk mengimbangi kurangnya supply dari Libya dan Canada, OPEC telah memproduksi 32.32 juta barrel per hari yang merupakan level tertinggi sejak Januari 2018. OPEC masih memiliki kemampuan untuk menambah beberapa ratus ribu barrel per hari bila dibutuhkan, seperti halnya tambahan 320,000 barrel yang diproduksi per hari sebagai tambahan di Juni.

Komoditas Naik : minyak, emas, batubara, dan karet

Komoditas Turun : timah, nikel, dan CPO

Potensi Aktif : ELSA, MEDC, ANTM, PSAB, PTBA, HRUM

REVIEW DAN POTENSI IDX HARI INI

Index saham di IDX kembali terkoreksi hingga mendekati -2% setelah kekhawatiran akan makin lemahnya Rupiah terhadap Dollar dan naiknya BBM membuat investor waspada terhadap kemampuan pemerintah menghadapi krisis. Index turun dbawah level 5659 yang merupakan level terendah sepanjang tahun 2018 ini. Hal ini membuat IHSG sudah terkoreksi -11.57% sejak awal tahun 2018 hingga kemarin. Volume perdagangan kemarin masih dibawah VMA5 dan VMA20 yang menandakan pelaku pasar masih menahan diri untuk berpartisipasi di market. Hanya sektor CONSUMER yang bertahan untuk tetap hijau tipis.

Hari ini indeks berpotensi untuk uji support 5602-5527. Tekanan masih naiknya harga minyak dan kuatnya US Dollar menjadi katalis negatif tambahan disamping masih belum redanya sentimen global soal tarif dagang.  Kondisi index yang sudah di ujung bolinger band 5631 diharapkan bisa menjadi pertahanan untuk bisa technical rebound hari ini.  Saham saham CONSUMER bisa menjadi perhatian.

Tone dan Manner perdagangan hari ini  :  Index Sudah Terkoreksi 11.58% Sejak Awal Tahun; Saham CONSUMER Bisa Menjadi Perhatian

SAHAM WATCHLIST HARI INI

Berapa saham yang perlu diperhatikan hari ini :

Swing Trade : POOL     (cross over MA20 kemarin)

Fast Trade : CLEO FREN BBKP FIRE HEAL WOOD FORZ  (hanya berlaku hari ini)

Swing Trade  saham saham yang mengalami cross over MA20

Fast Trade saham yang mengalami lonjakan volume dan big white candle

ANNOUNCEMENT TETRA

 

Masih bayar untuk punya STOCKPICK ?  Bayar mahal tapi gak dapat cuan ? Gimana kalau kita kasih GRATIS tapi bisa CUAN. Dapatkan semuanya GRATIS di TETRA X CHANGE Apps. Aplikasi smartphone  untuk Stock Rekomendasi Harian dan Konsultasi Saham Online. Tersediia untuk perangkat Android dan iOS. DOWNLOAD di http://bit.ly/DownloadTXC

CHART PENDUKUNG

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *