Market Review

IDX Direction 31 July 2018 : Index Mengalami Fase Bullish Short Term Uptrend

SENTIMEN GLOBAL DAN KOMODITAS

Bursa saham global di New York kembali ditutup melemah seiring dengan masih buruknya impact dari penurunan saham saham teknologi berkapitalisasi besar. Nasdaq mencatatkan penurunan 3 hari berturut turut setelah saham saham unggulannya Facebook, Amazon dan Netflix melemah.

Selama 3 hari Nasdaq telah terkoreksi -3.86% yang menjadi penurunan terbesar kedua semenjak akhir Maret saat terkoreksi -5.12% dalam 3 hari. Nasdaq di perdagangan Senin turun -1.4% setelah FB -2.2% Amazon -2.1% Alphabet -1.8% dan Netflix -5.7%. S&P turun -0.6% setelah saham saham kelompok teknologi terkoreksi -1.8%. DOW turun -144 point setelah VIsa dan American Express paling dalam terkoreksi akibat terhentinya partnership dengan beberapa merchant besar di Amerika.

Yield surat utang Amerika 10 tahun naik ke level 2.99% mengantisipasi keputusan moneter baru yang akan dirilis oleh Bank of Japan dan The Fed. BoJ meeting akan menarik kesimpulan hari Selasa dan The FED akan mengumumkan kebijakannya pada hari Rabu. Yen Jepang menguat terhadap Dollar Amerika, Euro rebound dan recover +0.47% setelah selama 6 pekan terhantam oleh penguatan Dollar. US Dollar Index turun -0.39% dan berada pada level 94.3.

Harga minyak mentah dunia kembali diatas level USD 70 per barrel. Kekhawatiran akan masalah supply akibat tereskalasinya masalah di Timur Tengah membuat harga minyak naik +2.1% dan ditutup di level USD 70.13 per barrel. Selain itu masih terjadinya masalah produksi di lapangan minyak Syncrude Canada menambah pressure terhadap supply yang menjaga harga tetap tinggi.

Komoditas Naik :   minyak, timah, nikel, batubara, CPO dan karet

Komoditas Turun :  emas

Potensi Aktif : ADRO PTBA INDY HRUM TINS INCO 

REVIEW DAN POTENSI IDX HARI INI

Index saham di IDX ditutup naik 0.6% pada level 6027. Index makin menjauh dari area support gap 5988-5944 dan telah masuk berada di atas level 6005.  Volume perdagangan cenderung terus meningkatdan berada diatas level VMA5 VMA20nya. Investor asing masih tetap melakukan aksi beli dengan akumulasi net buy kemarin mencapai +183 Milyar. Hanya saham kelompok TRADE yang kemarin melemah, saat semua sektor mengalami kenaikan.

Index saat ini mengalami masa short term uptrend dan bullish. Overall index masih mencoba untuk mencapai level 6077 sebagai target jangka pendeknya. Sentimen global terkait turunnya saham teknologi bisa menjadi faktor yang menghambat index naik lebih tinggi. Index coa uji resisten 6033 untuk konfirmasi kenaikan lanjutannya hari ini. Kelompok PROPERTY, AGRI dan MISC-IND bisa menjadi fokus utama disamping kelompok MINING, CONSUMER, FINANCE dan BASIC-IND.

Tone dan Manner perdagangan hari ini  : Masuk Area Psikologis 6000, Index Pada Fase Bullish dan Short Term Uptrend

SAHAM WATCHLIST HARI INI

Berapa saham yang perlu diperhatikan hari ini :

Swing Trade : ADHI BJBR BJTM DUVA DMAS ICBP INDS       (cross over MA20 kemarin)

Fast Trade :   POLY FREN ADMIG HRUM INDY SMMT MAIN WSKT BTON WIKA ADRO ANTM PTPP WEGE INDS MAPI WOOD PTRO WSBP  (hanya berlaku hari ini)

Swing Trade  saham saham yang mengalami cross over MA20

Fast Trade saham yang mengalami lonjakan volume dan big white candle

ANNOUNCEMENT TETRA

Dapatkan promo Agustus Merdeka. Untuk pembelian dan upgrade ke paket TETRA X CHANGE PRIME. Bayar 3 bulan jadi  4 bulan, bayar 6 bulan jadi 8 bulan dan bayar 12 bulan jadi  15 bulan. Diskon tambahan 10% dengan gunakan kode DISKON10. Beli sekarang sebelum harga naik 1 September 2018 menjadi Rp 250.000 per bulan. Promo mulai 30 Juli – 30 Agustus 2018. 

Ikuti Workshop Kebebasan Finansial Batch 5 Surabaya  tanggal 8-9 September 2018 di hotel Amaris Margorejo Indah. Tempat sangat terbatas hanya tersedia untuk 25 orang peserta . Daftar sekarang untuk mendapatkan harga early bird Rp 1 juta (untuk TETRA PRIME member) dan Rp 1.2 juta (untuk Umum dan LITE user). Setelah 8 Agustus harga Normal Rp 1.5juta. Daftar via link berikut  http://bit.ly/SBYBebasFinansialTETRA atau via Aplikasi pada menu SMART STEP EVENT

 

 

CHART PENDUKUNG

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *