Market Review

IDX Direction 30 Juli 2018 : Setelah Breakout 5960-5988 Potensi Uji Level Psikologis 6000

SENTIMEN GLOBAL DAN KOMODITAS

Bursa saham global di New York ditutup melemah pada akhir pekan dipicu oleh turunnya dua saham teknologi TWITTER dan INTEL. Nasdaq ditutup melemah -1.46% dan menjadi penturunan terdalam sejak 27 Juni 2018 saat indexnya merosot -1.54%. S&P turun -0.7% setelah saham saham teknologi terkoreksi -2%. DOW terkoreksi -76.01 poin dan tutup pada level 25.451, masih diatas angka psikologis 25.000 nya.

Selama dua hari saham teknologi terkoreksi; setelah pada Kamis turun -1.5% karena pengaruh anjloknya saham FB dan Jumat terkoreksi kembali oleh turunnya saham Intel -8.5% dan Twitter lebih dari -20%  yang melaporkan hasil kuartal II yang tidak menggembirakan. Walaupun data ekonomi menunjukkan pertumbuhan ekonomi Amerika yang inline dengan ekspektasi analis, namun penurunan drastis 3 saham ini tidak mampu terbendung.

Yield surat utang Amerika melemah terbatas setelah data ekonomi sesuai dengan ekspektasi analis. Yield 10 tahun ditutup pada level 2.964% setelah sempat mencapai level tertinggi di 2.988%

Index Dollar terhadap 6 mata uang utama dunia stabil di level 94.66 sambil menunggu tiga keputusan penting dari bank sentral minggu ini : Bank of Japan di Selasa, The FED di Rabu dan Bank of Englad di Kamis.

Harga minyak mentah dunia terkoreksi -1.3% dan ditutup pada level USD 68.69 per barrel. Turunnya harga minyak setelah naik 3 hari berturut-turut menutup 4 pekan penurunan harga minyak dalam sebulan terakhir. Belum adanya katalis positif disamping supply demand serta terkoreksinya bursa saham akibat turunnya saham saham teknologi membuat perdagangan komoditas sedikit sepi.

Komoditas Naik :   karet

Komoditas Turun :  minyak, emas, batubara, timah, nikel, dan CPO

Potensi Aktif : ADRO PTBA INDY HRUM BUMI ITMG KMTR

REVIEW DAN POTENSI IDX HARI INI

Index saham di IDX ditutup naik 0.7% pada level 5989.52. Level ini sedikit berada diatas level resisten gap 5988  serta diatas level resisten 5960. Kenaikan ini indeks ini selain ditopang oleh bagus nya performance saham saham bluechip juga diakselerasi oleh saham saham batubara yang terdongkrak setelah pemerintah melonggarkan aturan DMO (domestic market obligation) sehingga membuat saham saham seperti PTBA ADRO INDY HRUM ITMG terapresiasi. Asing masih melanjutkan aksi belinya dengan net buy 233.60 milyar di perdagangan Jumat. Kelompok saham CONSUMER, MINING, MISC-IND,dan BASIC-IND menjadi pendongkrak indeks akhir pekan.

Sentimen global terhadap saham saham teknologi walaupun memiliki dampak kurang signifikan namun perlu dicermati sebagai faktor yang membawa index untuk uji support 5960-5988. Selain itu nilai dollar yang tidak volatile dalam beberapa hari ke dapan diharapkan menunggu perkembangan dari BoJ, BoE dan The FED. Masih bagusnya sentimen DMO batubara bisa membawa harga harga saham emiten batubara untuk tetap leading. Fokus yang diperhatikan pada kelompok saham MINING, INFRA, TRADE dan BASIC-IND

Tone dan Manner perdagangan hari ini  : Setelah Breakout 5960-5988 Potensi Uji Area Psikologis 6000

SAHAM WATCHLIST HARI INI

Berapa saham yang perlu diperhatikan hari ini :

Swing Trade : BRPT MAPI MBAP MYRX WTON       (cross over MA20 kemarin)

Fast Trade :   FREN BBKP MBAP MLPL MAIN APLN ESSA ERAA PTBA HRUM CPIN ITMG (hanya berlaku hari ini)

ANNOUNCEMENT TETRA

Dapatkan promo Agustus Merdeka. Untuk pembelian dan upgrade ke paket TETRA X CHANGE PRIME. Bayar 3 bulan jadi  4 bulan, bayar 6 bulan jadi 8 bulan dan bayar 12 bulan jadi  15 bulan. Diskon tambahan 10% dengan gunakan kode DISKON10. Beli sekarang sebelum harga naik 1 September 2018 menjadi Rp 250.000 per bulan. Promo mulai 30 Juli – 30 Agustus 2018.

Ikuti Workshop Kebebasan Finansial Batch 5 Surabaya tanggal 8-9 September 2018 di hotel Amaris Margorejo Indah. Tempat sangat terbatas hanya tersedia untuk 25 orang peserta . Daftar sekarang untuk mendapatkan harga early bird Rp 1 juta (untuk TETRA PRIME member) dan Rp 1.2 juta (untuk Umum dan LITE user). Setelah 8 Agustus harga Normal Rp 1.5juta. Daftar via link berikut http://bit.ly/SBYBebasFinansialTETRA atau via Aplikasi pada menu SMART STEP EVENT

CHART PENDUKUNG

 

 

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *