Market Review

IDX Direction 27 Juli 2018 : Momentum Kenaikan Terjaga dan Menjauh Dari Support

SENTIMEN GLOBAL DAN KOMODITAS

Bursa saham global d New York ditutup  mixed setelah turunnya saham Facebook membuat Nasdaq dan S&P turun pada saat DOW menguat. Saham FB terkoreksi -18.96% dan menjadi penurunan market caps terbesar dalam sejarah bursa. Turunnya saham FB mengirim Nasdaq terkoreksi -1.01% dan membawa sentimen negatif ke saham saham teknologi yang ada dalam S&P500. Walaupun DOW menguat 223.97 point namun hal yang sama tidak terjadi pada S&P yang terkoreksi -0.3%. Naiknya saham saham seperti Comcast, Qualcomm dan AMD tidak mampu mengimbangi turunnnya saham FB.

Yield surat utang Amerika menguat setelah bank sentral Eropa ECB memutuskan tidak menaikkan suku bunganya. Keputusan ini disamping adanya kesepakatan dengan Amerika terkait tarif dagang. Hal ini membuat Yield tenor 10 tahun naik ke level 2.967%. Keputusan ECB membuat Euro melemah dibawah level 3 hari terkuatnya dan mendorong Yen Jepang untuk naik. US Dollar index masih di level terendah selama 2 pekan pada level 94.66.

Harga minyak dunia kembali naik 31 cent ke level USD 69.61 per barrel setelah terjadi masalah distribusi setelah muncul serangan terhadap armada minyak Saudi di laut Merah oleh pemberontak di Yaman. Hal ini menambah faktor pendorong naiknya harga minyak setelah kemarin ada peluang tambahan demand Amerika setelah cadangan minyaknya berkurang 6.1 juta barrel.

Komoditas Naik :   minyak, timah, nikel, dan CPO

Komoditas Turun : emas, batubara dan karet

Potensi Aktif : ELSA,MEDC, INCO, TINS,  ANTM, LSIP, AALI, SIMP, SSMS, TBLA

REVIEW DAN POTENSI IDX HARI INI

Index saham di IDX ditutup naik tipis +0.2% ke level 5946.14 setelah sempat dibawa level merah sepanjang perdagangan. Namun pada ujung penutupan ditarik dengan 2 saham bigcaps yaitu HMSP dan TLKM sebagai penggeraknya. Intensitas dan volume perdagangan kemarin tinggi dan diatas VMA5 dan VMA20 nya. Index pun makin menjauh dari garis downtrend yang dibreak. Terjadi peningkatan net buy asing menjadi 479.8 milyar. Kelompok saham MINING dan FINANCE menjadi 2 kelompok saham yang masih positif pertumbuhannya.

Sentimen global yang mixed akibat turunnya saham FB tidak membawa pengaruh signifikan bagi market dalam negeri. Kondisi Index yang sudah 3 hari sideways dan makin mejauh dari support trend line nya diperkirakan akan terus menjadi momentum untuk penguatan. Walaupun dibayangi oleh potensi profit taking jelang akhir pekan namun index masih potensi menguat di rentang 5944-5988. Saham MINING dan FINANCE  bisa menjadi fokus disamping saham CONSUMER.

Tone dan Manner perdagangan hari ini  : Makin Menjauh Dari Support TRENDLINE nya, Index Jaga Momentum Naik Dibayangi oleh Profit Taking Akhir Pekan. Saham MINING dan FINANCE Bisa Jadi Perhatian

SAHAM WATCHLIST

Berapa saham yang perlu diperhatikan hari ini :

Swing Trade : BBTN BNLI ESSA INDR INDY MEDC SIMP TLKM      (cross over MA20 kemarin)

Fast Trade :  INDR MEDC CLEO MLIA BNLI SOCI HRUM BBNI WSBP JSMR  (hanya berlaku hari ini)

Swing Trade  saham saham yang mengalami cross over MA20

Fast Trade saham yang mengalami lonjakan volume dan big white candle

ANNOUNCEMENT TETRA

Kini saatnya akses Stock Pick, Ulasan Sentimen Global Komoditas , Review Potensi IDX dan Konsultasi Analisa Saham  secara personal melalui Aplikasi.

Semuanya GRATIS di TETRA X CHANGE.

Buat apa bayar mahal sampai Rp 500ribu kalau cuma lewat TELEGRAM kalau ada  Aplikasi Android & iPhone  yang bisa memberikan dengan Gratis. Download sekarang http://bit.ly/DownloiadTXC

Ikuti Workshop Kebebasan Finansial Batch 5 Surabaya  tanggal 8-9 September 2018 di hotel Amaris Margorejo Indah. Tempat sangat terbatas hanya tersedia untuk 25 orang peserta . Daftar sekarang untuk mendapatkan harga early bird Rp 1 juta (untuk TETRA PRIME member) dan Rp 1.2 juta (untuk Umum dan LITE user). Setelah 8 Agustus harga Normal Rp 1.5juta. Daftar via link berikut  http://bit.ly/SBYBebasFinansialTETRA atau via Aplikasi pada menu SMART STEP EVENT

CHART PENDUKUNG

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *