Market Review

IDX Direction 20 Juli 2018 : Index Masuk ke Zona Sideways 5840-5960 Setelah 1 Dollar Rp 14500

SENTIMEN GLOBAL DAN KOMODITAS

Bursa saham global di New York mengalami penurunan di perdagangan semalam. Hal ini terkait komentar Presiden Trump terhadap sikap hawkish The FED yang konsisten terhadap rencana kenaikan suku bunga acuan.  DOW turun -134 poin dengan dua saham American Express dan Travelers menjadi yang paling dalam terkoreksi. S&P turun -0.4% setelah saham kelompok Finansial turun lebih dari -1%. Nasdaq turun -0.4%.

Inilah pertama kali dalam sejarah Amerika Presiden mengkritisi kebijakan The FED yang dianggap tidak inline dengan strategi pertumbuhan yang dikejar oleh Trump. Terkesan bahwa pertumbuhan ekonomi yang sedang berjalan akan berimbas bila suku bunga kembali dinaikkan.

Komentar ini sejenak membuat index melemah di tengah masa penyampaian laporan keuangan emiten. Sudah 13% emiten menyampaikan laporannya dan 85.1% hasilnya melampaui ekspektasi analis.

Yield surat utang dan Dollar Amerika melemah menyikapi komentar Trump. US Dollar Index turun ke level 95.15 setelah sempat menyentuh level tertinggi 95.65 kemarin. Yield surat utang 10 tahun kembali ke level 2.84% dari level sebelumnya di 2.88% setelah komentar Presiden Trump.

Setelah terpuruk -10% selama sepekan akibat pudarnya kekhawatiran masalah supply minyak dunia, harga menguat kembali  +1% ke level USD 69.46 per barel. Penguatan ini ditopang oleh informasi turunnya stock minyak di pusat delivery minyak Amerika sebesar 1.8 juta barrel.

Komoditas Naik :  minyak

Komoditas Turun : emas, nikel, timah, batubara, CPO dan karet

Potensi Aktif : MEDC ELSA

REVIEW DAN POTENSI INDEX HARI INI

Index saham di IDX ditutup  melemah -0.3% dan ditutup di level 5871. Walaupun sempat menguat ke 5920 namun tekanan jualan di session 2 membuat index sedikit berada di bawah level EMA7 nya 5874. Dalam kondisi kemarin investor asing kembali mencatatkan net buy 167 Milyar. Walaupun volume perdagangan turun namun tetap berada diatas level VMA5 dan VMA20 nya. Saham kelompok CONSUMER dan INFRA menjadi 2 sektor yang turun melebihi -1%.

Hari ini index  masuk dalam rentang sideways 5840-5960  dan masih mencermati sentimen global yang berpengaruh kepada nilai tukar Rupiah terhadap Dollar. Kemarin Rupiah sempat melemah hingga level 14500 dan menimbulkan kekhawatiran para investor. Apalagi rencana Bank Sentral untuk mengakftkan kembali SBI 9 dan 12 bulan dianggap bertentangan dengan spirit Pro Growth. Kelompok saham AGRI MINING dan BASICIND bisa diperhatikan kembali hari ini

Tone dan Manner perdagangan hari ini  : Index Masuk Rentang Sideways 5840-5960 Setelah Dollar Sempat Sentuh 14500

SAHAM WATCHLIST HARI INI

Berapa saham yang perlu diperhatikan hari ini :

Swing Trade :  BIPI BKSL CTRA LSIP POLY RAJA SRIL   (cross over MA20 kemarin)

Fast Trade :  RAJA ASJT PSAB MAIN POLY TKIM WAPO JSMR CPIN    (hanya berlaku hari ini)

Swing Trade  saham saham yang mengalami cross over MA20

Fast Trade saham yang mengalami lonjakan volume dan big white candle

ANNOUNCEMENT TETRA

Kini saatnya akses Stock Pick, Ulasan Sentimen Global Komoditas , Review Potensi IDX dan Konsultasi Analisa Saham  secara personal melalui Aplikasi.

Semuanya GRATIS di TETRA X CHANGE.

Buat apa bayar mahal sampai Rp 500ribu kalau cuma lewat TELEGRAM kalau ada  Aplikasi Android & iPhone  yang bisa memberikan dengan Gratis. 

Download sekarang http://bit.ly/DownloadTXC

 

 

Ikuti Workshop Kebebasan Finansial Batch 3 di Jakarta tanggal 25-26 Agustus 2018. Tempat sangat terbatas hanya tersedia 4 seats lagi. Daftar sekarang sebelum harga naik di 25 Juli 2018. http://bit.ly/BebasFinansialJKT2

CHART PENDUKUNG

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *