Market Review

IDX Direction 2 Juli 2018 : Potensi Uji 5808 Walaupun Dibayangi Kenaikan BBM

SENTIMEN GLOBAL DAN KOMODITAS

Bursa Global di New York menutup hari terakhir perdagangan di Semester 1-2018 dengan kenaikan. DOW naik 55.36 point setelah sempat naik hingga 293 poin sebelum terjadi penjualan saham saham perbankan di akhir perdagangan. Naiknya saham NIKE 11% membuat index  tetap berada di teritory hijau. S&P naik 0.1% setelah saham kelompok energi naik +0.7% dan Nasdaq ditutup naik +0.1%.

Sepanjang Semester Pertama tahun ini  market bergerak sangat volatile.Setelah sempat mencapai level tertinggi di akhir Januari 2018, index tergerus akibat pengaruh rencana kenaikan suku bunga. Namun market kembali menanjak setelah performance emiten khususnya dari sisi revenue dan laba membaik. Lalu kembali terkoreksi karena impact dari perang tarif antara Amerika melawan China dan negara sekutu dagang Amerika seperti Eropa dan Canada.  S&P naik +1.7%, Nasdaq naik +8.8% dan DOW terkoreksi -1.8% sejak awal tahun.

Yield surat utang Amerika flat di level 2.86% karena pelaku pasar masih terus memonitor perkembangan dari pengaruh perang tarif terhadap kesimbangan perdagangan dunia.  Dollar melemah terhadap Euro setelah mata uang tunggal Eropa naik +0.84% yang ditopang oleh kesepakatan imigrasi antara pemimpin Eropa. US Dollar Index melemah -0.77% ke level 94.65.  Indexi ni naik +5.5% sepanjang Q2 – 2018 yang merupakan kenaikan tertinggi sejak akhir 2016.

Harga minyak mentah naik +1% dan berada di level lebih tinggi dari USD 74 per barrel. Ini adalah level tertinggi yang dicapai sejak Nov 2014. Sanksi terhadap minyak Iran oleh Amerika dikhawatirkan akan mengganggu pasokan minyak dunia, walaupun OPEC dan Rusia akan meningkatkan output produksinya.

Komoditas Naik : Minyak, emas, timah, nikel, batubara dan karet

Komoditas Turun : CPO

Potensi Aktif : INCO, ANTM, TINS, PTBA, INDY, PTRO, ELSA, MEDC

REVIEW DAN POTENSI IDX HARI INI

Indeks saham di IDX mengalami rebound dan menetralisir penurunan taham pada  hari Kamis. Index ditutup naik +2.3% ke level 5799 dan kembali berada diatas level support 5663-5718.  Pengumuman kenaikan suku bunga 50 basis poin disambut baik oleh pelaku pasar. Hampir semua sektor menguat kecuali sektor AGRI. Volume perdagangan meningkat dan berada diatas VMA20 nya.

Hari ini index diproyeksi akan mencoba lanjutkan kenaikan menguji level EMA7 sebagai resistennya di 5808. Market masih mencermati impact dari kenaikan harga BBM yang sedikit banyak akan membuat ongkos produksi dan distribusi semakin tinggi sehingga kemungkinan akan berpengaruh kepada performance di Q3-2018. Sektor Property juga mencermati kenaikan suku bunga terhadap target penjualan hunian via KPR/KPA. Beberapa sektor yang dapat diperhatikan hari ini MINING, INFRA, TRADE, FINANCE dan BASICIND

Tone dan Manner perdagangan hari ini  : Setelah Rebound, Uji Kenaikan Diatas 5808 Dengan Dibayang-bayangi Naiknya BBM

Berapa saham yang perlu diperhatikan hari ini :

Swing Trade : INKP, ANTM, ACES, ARMY, PTBA, UNVR     (cross over MA20 kemarin)

Fast Trade : NIKL, SMBR, HOTL, ULTJ, IBCP, MYRX   (hanya berlaku hari ini)

Swing Trade  saham saham yang mengalami cross over MA20

Fast Trade saham yang mengalami lonjakan volume dan big white candle

ANNOUNCEMENT TETRA

Masih bayar untuk dapatkan StockPick ?? Dapatkan semuanya GRATIS di TETRA X CHANGE Apps. Aplikasi smartphone  untuk Stock Rekomendasi Harian dan Konsultasi Saham Online. Tersediia untuk perangkat Android dan iOS. DOWNLOAD di http://bit.ly/DownloadTXC

Workshop KEBEBASAN FINANSIAL DARI BURSA SAHAM akan mampir ke Semarang. Cocok untuk trader dan investor Semarang, Jogja, Solo, Pekalongan dan Tegal untuk belajar bersama 11-12 Agustus 2018 di Amaris Simpang Lima Semarang. Daftar sekarang http://bit.ly/SMGHidupBebasTETRA

CHART PENDUKUNG

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *