Market Review

IDX Direction 11 Juli 2018 : Usaha Ketiga Untuk Masuk Area Resisten Kuat 5944-5988

SENTIMEN GLOBAL DAN KOMODITAS

Bursa saham global di New York terimbas energi positif dari laporan laporan keuangan emiten dan mulai melupakan sejenak perang tarif. DOW menguat selama lima hari berturut turut dan ditutup naik +79.40 ditopang oleh tingginya kenaikan saham United Health dan American Express. S&P naik +0.2% setelah saham saham kelompok Finansial naik +1.5%. Nasdaq ditutup stabil pada level 7854.44.

Bagusnya performance dari emiten perbankan besar menjadi motor index selama 3 hari tearkhir. Morgan Stanley yang mencatatkan laba lebih besar dari ekspektasi analis sontak naik 1.8% diikuti oleh Bank of America, JP Morgan dan Citigroup.  Saham saham Transportasi juga mencatatkan pertumbuhan impresif; Dow Transport naik +2.3% setelah saham Continental naik 8.8% dan CSZ naik 7.1%.

Walaupun data ekonomi dari sektor perumahan menunjukkan penurunan 12% di bulan Juni dan jumlah aplikasi KPR turun 2.5% namun tidak menyurutkan euphoria kenaikan index di Wall Street.

Statement dari The FED Chairman di Senatt selama 2 hari makin mengokohkan posisi yield surat utang Amerika 10 tahun di level 2.88%. Ekonomi Amerika yang kuat dinyatakan mampu untuk mengatasi kebijakan ekonomi yang lebih ketat dengan kenaikan suku bunga acuan secara bertahap. Pernyataan ini juga telah mendorong US Dollar Index naik +0.16% ke 95.10terhadap 6 mata uang dunia lainnya. Ini mendekati level tertinggi setahun yang terjadi di akhir Juni sebesar 95.53.

Setelah terpuruk -10% selama sepekan akibat pudarnya kekhawatiran masalah supply minyak dunia, harga menguat +1% ke level USD 68.76 per barel. Penguatan ini terjadi menyusul keluarnya data cadangan bensin Amerika yang turun 3.2 juta barrel dan menjadi indikator akan terjadiinya permintaan baru.

Komoditas Naik :  minyak, timah, nikel, batubara, CPO dan Karet

Komoditas Turun : emas

Potensi Aktif : MEDC ELSA PTBA ITMG ADRO INDY PTRO TINS LSIP SSMS

REVIEW DAN POTENSI INDEX HARI INI

Index saham di IDX ditutup menguat +0.5% di level 5890.73. Ini membuat index kembali memliki 2 support yaitu berada diatas EMA7 dan MA20 daily nya untuk peluang lanjutkan uptrend.  Volume perdagangan meningkat dan berada diatas VMA5 dan VMA20 nya. Investor asing kembali mencatatkan net buy senilai 114Milyar. Kelompok saham AGRI, INFRA dan MINING menjadi yang paling banyak mendorong kenaikan index pada saat sektor lain seperti TRADE turun -1%.

Hari ini index mencoba untuk melanjutkan penguatan dengan minimnya sentimen negatif global sebagai penghambat. Index akan kembali mencoba masuk ke area 5944-5988 untuk mengkonfirmasi UPTREND nya. Area ini sudah pernah dua kali dicoba untuk ditembus namun gagal yang menandakan merupakan resisten yang cukup kuat. Sektor AGRI, INFRA dan MINING bisa menjadi fokus untuk hari ini

Tone dan Manner perdagangan hari ini  : Usaha Ketiga Masuk Ke Area Resisten Kuat 5944-5988. Kelompok AGRI dan MINING Bisa Menjadi Perhatian

SAHAM WATCHLIST HARI INI

Berapa saham yang perlu diperhatikan hari ini :

Swing Trade :  ADRO BBTN BNGA BUMI CARS HRUM INDR INTA PTPP ROTI SIDO TINS TRAM    (cross over MA20 kemarin)

Fast Trade :  ERAA MICE HRUM TRAM ENRG PTPP LSIP BBKP ESSA   (hanya berlaku hari ini)

Swing Trade  saham saham yang mengalami cross over MA20

Fast Trade saham yang mengalami lonjakan volume dan big white candle

ANNOUNCEMENT TETRA

Masih bayar untuk punya STOCKPICK ?  Bayar mahal tapi gak dapat cuan ? Gimana kalau kita kasih GRATIS tapi bisa CUAN. Dapatkan semuanya GRATIS di TETRA X CHANGE Apps. Aplikasi smartphone  untuk Stock Rekomendasi Harian dan Konsultasi Saham Online. Tersediia untuk perangkat Android dan iOS. DOWNLOAD di http://bit.ly/DownloadTXC

Ikuti Workshop Kebebasan Finansial Batch 3 di Jakarta tanggal 25-26 Agustus 2018. Tempat sangat terbatas hanya tersedia 8 seats lagi. Daftar sekarang sebelum harga naik di 25 Juli 2018. http://bit.ly/BebasFinansialJKT2

CHART PENDUKUNG

 

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *