Market Review

IDX Direction 10 Juli 2018 : Potensi Uji Resisten 5837 Untuk Reversal ke Minor Uptrend

SENTIMEN GLOBAL DAN KOMODITAS

Bursa Global di New York kembali mencatatkan penguatan lanjutannya setelah mulai meredanya berita berita mengenai perang tarif dagang antara Amerika dan mitra utama perdagangannya. DOW naik 320 point setelah saham JP Morgan Chase, Goldman Sachs dan Caterpillar  menjadi 3 saham dengan kenaikan tertinggi. S&P naik +0.7% setelah saham kelompok Keuangan naik +2.3%. Nasdaq menguat +0.9% setelah saham Amazon, Netflix dan Apple naik diatas +1%.

Sentimen posittif dari data ekonomi  yang rilis hari Jumat menunjukkan sepanjang Juni, Amerika telah mencetak 213 ribu lapangan kerja lebih tinggi dari ekspektasi analis sebanyak 190ribu. Angka pengangguran naik tipis ke level 4% dari 3.8%. Sedangkan kenaikan upah +2.7% sedikit dibawah ekspektasi +2.8%. Hal ini masih menjadi penyokong kenaikan index kembali.

Pasar akan mulai mencermati periode laporan keuangan untuk Semester Pertama 2018. Saham saham perbankan dominan seperti Citigroup, JP Morgan Chase dan Wells Fargo akan menjadi pembuka musim ini dengan ekspektasi pertumbuhan earning 20%

Yield surat Utang Amerika sedikit menguat terimbas 3 faktor : redanya ketegangan tarif dagang, imbas penguatan Wall Street dan data pekerjaan. Yield naik ke level 2.858% setelah sebelumnya hanya di level 2.829%. Mundurnya Menteri Luar Negeri Inggris yang pro Brexit membuat Euro melemah terhadap Dollar dan membuat US Dollar Index naik tipis 0.05% ke level 94.09.

Harga minyak mentah naik 5 cent ke level USD 73.85 per barrel masih dipayungi oleh sentimen soal supply : dihentikannya pasokan minyak Iran oleh embargo ekonomi Amerika dan masih belum kembalinya ke level normal supply dari Libya dan Venezuela.

Komoditas Naik : Minayk, emas, timah, nikel, batubara

Komoditas Turun : CPO dan karet

Potensi Aktif : ELSA, MEDC,  ANTM, PSAB, PTBA, HRUM, INDY, PTRO,ADRO, ITMG

REVIEW IDX DAN POTENSI HARI INI

Index saham di IDX ditutup menguat mendekati level 2% dan diitutup di angka 5807 sedikit diatas area konsolidasi 5800-nya. Penguatan ini didorong oleh menguatnya saham saham FINANCE, BASICIND, MINING, INFRA, PROPERTY dan BASICIND yang menguat rata rata diatas 1.8%. Volume perdagangan menguat dan berada tepat di VMA 5 nya. Asing mencatatkan Net Buy senilai 75.76M di perdagangan kemarin.

Hari ini index mencoba untuk menguji level resisten di 5831. Sentimen global di Wall Street yang mulai positif menjelang periode penyampaian laporan keuangan akan juga berpengaruh ke market Regional, apalagi dengan mulai redanya berita soal tarif dagang. Posisi saat ini masih SIDEWAYS DOWN karena belum membentuk pola upltrend. harga masih berada dibawah garis downtrend nya dan masih dibawah MA20. Saham kelompok PROPERTY, MINING, INFRA, FINANCE masih bisa menjadi fokuks hari ini, disamping peluang spekulasi dari saham saham MISCIND yang kemarin membentuk DOJI Pattern.

Tone dan Manner perdagangan hari ini  : Uji Area Resisten 5831, Saham FINANCE, INFRA dan PROPERTY Bisa Tetap Menjadi Perhatian

SAHAM WATCHLIST HARI INI

Berapa saham yang perlu diperhatikan hari ini :

Swing Trade : ACES ACST BBCA BBRI BNLI CPIN EXCL INTA    (cross over MA20 kemarin)

Fast Trade : FINN SMCB MEDC BKSL PGAS JSMR ARMY BBTN   (hanya berlaku hari ini)

ANNOUNCEMENT TETRA

HARI TERAKHIR !! Dapatkan harga early bird untuk workshop Kebebasan FInansial dari Bursa Saham untuk event Semarang. 

Tanggal 11 July menjadi harga normal Rp 1.3juta (untuk member PRIME) dan Rp 1.5 juta (untuk umum dan LITE). 

Segera lakukan pendaftaran dan pembayaran sebelum harga naik. Manfaatkan kesempatan untuk dapatkan harga lebih murah Rp 300.000 atau 30% dari harga normalnya. 

Klik http://bit.ly/SMGHidupBebasTETRA atau dari Menu SMART STEP EVENT pada Apps TETRA X CHANGE

CHART PENDUKUNG

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *