Market Review

IDX Direction 29 Juni 2018 : Manfaatkan Technical Rebound Untuk Reduce Saham Saham Downtrend

SENTIMEN GLOBAL DAN KOMODITAS

Bursa Global di NY ditutup mengalami penguatan technical rebound setelah saham saham Perbankan dan Teknologi naik. DOW rebound +98 point setelah sempat terkoreksi -100 point pada awal sesi perdagangan. Boeing menjadi saham dengan performansi terbaik. S&P naik +0.62% setelah saham saham kelompok teknologi, keuangan dan telekomunikasi melonjak. Nasdaq naik +0.79% setelah Amazon naik tajam +2.4% setelah membeli perusahaan farmasi online.

Walaupun mengalami technical rebound namun market masih mengalami pressure dari masalah perang tarif antara Amerika China Eropa . Sampai saat ini 3 index masih terkoreksi minimal -1.4% sejak perdagangan awal pekannya.

Yield surat utang Amerika 10 tahun naik tipis ke 2.851%setelah data ekonomi menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi Amerika di quarter 1 lebih rendah dari ekspektasi antara 2% vs 2.2%. Data ekonomi ini menahan laju penguatan USD, sehingga US Dollar Index terkoreksi -0.11% ke level 95.16.

Harga minyak sempat menyentuh level tertinggi USD 74.03 per barrel sebelum ditutup di level USD 73.45 per barrel. Kenaikan 69 cent atau mendekati 1% ini dipicu oleh desakan Amerika kepada negara- negara importir minyak Iran untuk menghentikan pembelian minyak mentah dari Iran.

Komoditas Naik : Minyak dan CPO

Komoditas Turun : emas, timah, nikel, batubara,dan karet

Potensi Aktif : MEDC, ELSA, AALI, LSIP, SIMP

REVIEW DAN POTENSI IDX HARI INI

Indeks saham di IDX kemarin mengalami breakdown atau turun dibawah level support 5718 setelah terkoreksi tajam -2%. Turunnya index membuat IHSG melanjutkan fase downtrendnya sejak awal Maret 2018 lalu. Index yang tutup pada level 5667 ini terjadi setelah semua sektor melemah. Penurunan tertajam terjadi pada 3 sektor : PROPERTY, MINING dan BASICIND yang terkoreksi rata rata -3%. Volume perdagangan sedikit meningkat dan tepat di level VMA5 nya namun masih dibawah VMA20

Hari ini index diproyeksi akan struggle untuk melakukan technical rebound khususnya dari sektor yang turunnya diatas rata rata 2%. Index akan mencoba test resisten yang berasal dari support  yang kemarin di break 5718. Katalis luar seperti menguatnya index global, turunnya USD Index, rencana BI menaikkan suku bunga dalam RDGBI yang selesai hari ini serta pergantian Direksi BEI diharapkan bisa menjadi katalis rebound.

Disarankan untuk dapat melakukan SOS atau Reduce pada saham saham yang DOWNTREND atau SIDEWAYS DOWN fokus ke saham saham UPTREND yang posisi harga masih diatas EMA7 dan MA20 nya.

Tone dan Manner perdagangan hari ini  : Manfaatkan Technical Rebound untuk Reduce Saham Saham Downtrend 

SAHAM WATCHLIST HARI INI

Berapa saham yang perlu diperhatikan hari ini :

Swing Trade : BINA INAF POOL     (cross over MA20 kemarin)

Fast Trade : INAF BINA MITI IIKP JRPT BIPI  (hanya berlaku hari ini)

Swing Trade  saham saham yang mengalami cross over MA20

Fast Trade saham yang mengalami lonjakan volume dan big white candle

ANNOUNCEMENT TETRA

Jangan bayar Rp 300ribu – Rp 500ribu untuk Layanan STOCKPICK. Dapatkan semuanya GRATIS di TETRA X CHANGE Apps. Aplikasi smartphone  untuk Stock Rekomendasi Harian dan Konsultasi Saham Online. Tersediia untuk perangkat Android dan iOS. DOWNLOAD di http://bit.ly/DownloadTXC

Workshop KEBEBASAN FINANSIAL DARI BURSA SAHAM akan mampir ke Semarang. Cocok untuk trader dan investor Semarang, Jogja, Solo, Pekalongan dan Tegal untuk belajar bersama 11-12 Agustus 2018 di Amaris Simpang Lima Semarang. Daftar sekarang http://bit.ly/SMGHidupBebasTETRA

CHART PENDUKUNG

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *