Uncategorized

IDX Direction 30 Mei 2018 : Potensi Uji Support 6022 Untuk Lanjutkan Kenaikan Ke Depan

SENTIMEN GLOBAL DAN KOMODITAS

Bursa Global di New York serempak terkoreksi karena pengaruh situasi politik di Itali dan kekhawatiran akan munculnya friksi dagang dengan China kembali. DOW turun 391 point atau -1.58% setelah saham Boeing, Goldman dan JP Morgan turun paling dalam. S&P terkoreksi -1.16% dan Nasdaq turun -0.5%.

Kekhawatiran akan EuroZone dimana Itali adalah kekuatan ekonomi ketiga di zona Euro setelah Jerman dan Prancis, membuat index di Euro dan mata uangnya tergelincir. Sikap dari pemerintahan baru yang cenderung Pro Spending yang selama masa kampanye sangat skeptik terhadap ekonomi di EuroZone.

Harga minyak masih melanjutkan pelemahannya dan turun -1.7% ke level USD 66.73 per barrel. Peluang bahwa Saudi dan Rusia akan menambah kapasitas outputnya setelah peluang sanksi terhadap ekspor minyak Iran dan masalah pada output minyak Venezuela semakin terang.

Yield Obligasi 10 tahun Amerika turun drastis dan sudah dibawah level 2.8% setelah pernah mencapai nilai tertinggi di 3.13% Permintaan akan Dollar dan Yen sebagai mata uang Safe Haven setelah Euro mencapai nilai terendah selama 6 bulan membuat Dollar Index naik ke level 94.85.

Komoditas naik :  timah, nikel, karet, pulp

Komoditas turun : minyak, emas, batubara, CPO

Peluang aktif : TINS INCO TKIM INKP

REVIEW DAN POTENSI IDX HARI INI

Indeks saham di IDX  pada perdagangan hari Senin masih melanjutkan penguatannya dan breakout dari area 6022. Index naik +1.5% dan ditutup pada level 6068.33 dengan semua sektor mengalami penguatan. Volume perdagangan sedikit diatas VMA5 dan VMA20 nya yang menandakan mulai menggeliatnya pelaku pasar. Asing masih tetap melakukan aksi beli nya selama 4 hari berturut turut sejak sepekan lalu.

Hari ini indeks akan mencari arah baru setelah breakout dari level 6022. Peluang akan menguji level support baru tersebut untuk selanjutnya melanjutkan pelemahan. Katalis negatif dari kericuhan politik di Itali dan EuroZone bisa menjadi faktor koreksi. Namun turunnya harga minyak dan rendahnya yield Obligasi Amerika menjadi faktor penahan penurunan tadi termasuk peluang bahwa Bank Indonesia kan menaikan bunga acuan 25 basis poin yang dapat menjadi katalis lanjutan penguatan Rupiah IDR terhadap USD. Saham saham kelompok CONSUMER, INFRA, FINANCE, PROPERTY dan BASICINDUSTRY masih bisa menjadi fokus hari ini.

Tone dan Manner perdagangan hari ini  : Peluang Uji Support 6022 Untuk Lanjutkan Kenaikan Ke Depan

SAHAM WATCHLIST HARI INI

Berapa saham yang perlu diperhatikan hari ini :

Swing Trade : ACES AKRA ASRI BJTM KLBF LPCK MYOR TLKM   (cross over MA20 kemarin)

Fast Trade : KOBX CMPP AGRO BBTN SMDR PNBN (hanya berlaku hari ini)

Swing Trade  saham saham yang mengalami cross over MA20

Fast Trade saham yang mengalami lonjakan volume dan big white candle

ANNOUNCEMENT TETRA

Jangan Kehabisan Seat Lagi !!!  Ikuti workshop 2 Hari KEBEBASAN FINANSIAL DARI BURSA SAHAM tanggal 21-22 July 2018 di Amaris Seasons City Jakarta. Terbatas hanya untuk 30 orang. Dapatkan diskon Rp 300.000 Early Bird Special untuk pendaftaran dan pembayaran sebelum 16 Juni 2018. Daftar skrg http://bit.ly/BebasFinansialTETRA

Kini sudah ada versi LITE yang GRATIS. Download Aplikasi TETRA X CHANGE untuk Stock Rekomendasi Harian dan Konsultasi Saham Online. Tersediia untuk perangkat Android dan iOS. DOWNLOAD di http://bit.ly/DownloadTXC

CHART PENDUKUNG

 

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *