Market Review

Market Review & Outlook : 27 September 2017

Selasa Kemarin, IHSG Bergerak dan Ditutup Melemah; Index Bergerak Memantul Dari Level 5910 Dan Hendak Menguji Level 5840 Sebagai Level Support Terkuat. Hari Ini IHSG Masih Berpotensi Melanjutkan Pergerakkan Melemahnya Menuju Level 5840. Cek Saham Pilihan Pada Stockpick Kami Untuk Hari Ini… (27 September 2017)

Review dan Prediksi Market Hari Ini

Pada Pergerakkan IHSG kemarin, dari sesi pertama sampai dengan sesi kedua IHSG bergerak melemah terus menerus dan bergerak di zona merah dan pada akhirnya indeks ditutup melemah  sebesar -30.065 points (-0.52%).
Pergerakkan indeks ini disertai dengan volume transaksi setara dengan rata-rata 20 hariannya dan lebih tinggi dari 5 hari sebelumnya; dari sisi trend volume transaksi terlihat masih menunjukkan kestabilannya. Market memantul dari resistance 5910 dan mulai bergerak melemah; saat ini market berpotensi bergerak semakin melemah dan mencoba untuk menguji level 5840 sabagai level support kuatnya.
Pihak investor asing Rabu kemarin masih membukukan net sell yakni sebesar -176 Milyar Rupiah dimana kontribusi paling besar berasal dari pasar regular dimana pihak asing mencatatkan net sell sebesar -148 Miliar Rupiah, dan di pasar nego pihak asing juga mencatatkan net sell sebesar -28 Milyar Rupiah.
Dari seluruh informasi yang didapatkan ini, IHSG hari ini diprediksi masih akan bergerak melemah menuju support level kuat di 5840.
Support level 5840 ini bisa dikatakan kuat karena ini lah level dimana terdapat horizontal support dan trendline support. Jika memang indeks menembus level ini, maka akan terjadi pelemahan yang cukup siginfikan. Mari kita lihat bersama response dari market ketika indeks berada di level support tersebut.
Di dalam kesempatan ini kami ingin menyampaikan bahwa ini hanya sebatas prediksi kami  berdasarkan analisa support dan resistance, momentum, dan volume transaksi pada IHSG yang telah lampau. Apapun yang terjadi untuk ke depannya, tetap market yang menentukan.

Review dan Prediksi Industri Hari Ini

Pada pentupan pasar kemarin, kesembilan industri hampir seluruh nya melemah hanya ada tiga industri yang menguat itupun juga masih menguat tipis; ketiga industri tersebut adalah industri INFRASTRUCTURE (0.23%), BASIC-IND (0.15%), dan TRADE (0.12%). Industri yang paling memberatkan IHSG kemarin adalah industri CONSUMER (-1.39%) dan MINING (-1.33%).
Untuk hari ini kami melihat dan memperkirakan rata-rata seluruh industri berpotensi bergerak mixed cenderung melemah dimana artinya hampir sebagian besar industri diprediksi akan bergerak melemah namun ada juga yang berpotensi menguat; Perlu diingatkan kembali bahwa pihak investor/trader wajib untuk berhati-hati, karena perubahan sentiment yang terjadi di market ini dikuatirkan masih sangat dinamis terutama sentiment global dan panasnya Korea Utara dan Amerika; dan juga asing yang masih melakukan aksi net sell terus menerus dibeberapa minggu terakhir ini.
Tone market hari ini adalah melemah untuk beberapa industri terutama untuk industri MINING, CONSUMER, dan PROPERTY.
Industri yang berpeluang akan bergerak menguat hari ini hanya industri BASIC-IND dan MISC-IND; sedangkan industri yang berpotensi melemah untuk hari ini adalah MINING, CONSUMER, dan PROPERTY.
Detail dari analisa dan prediksi kami dapat dilihat pada tabel berikut
Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *