Market Review

Market Review & Outlook : 22 Agustus 2017

Kemarin IHSG Bergerak Terbatas dan Ditutup Melemah Setelah Sebelumnya Indeks Menguji Resistance Level 5910 (Masih Di Area Konsolidasi Besar 5764 – 5910). Pada Hari Ini IHSG Berpotensi Akan Bergerak Terbatas Di Support 5858 Dan Saat Ini Indeks Memang Sedang Menguji Level Support 5858. Cek Saham Pilihan Pada Stockpick Kami… (22 Agustus 2017)

Review dan Prediksi Market Hari Ini

Pergerakkan IHSG kemarin Senin dari sesi pertama sampai dengan sesi kedua indeks bergerak melemah terus, dan pada akhirnya IHSG ditutup melemah sebesar -33 points (-0.56%).
Pergerakkan indeks kemarin Senin ini menguji level support di 5858 yang diikuti dengan volume transaksi relatif rendah sedikit dibawah rata-rata 20 hariannya; dari sisi trend volume transaksi terlihat masih menunjukkan kestabilannya. Hal ini mengindikasikan IHSG kemarin mengalami koreksi sehat dan sedang menguji level support 5858. Indeks belum dapat dipastikan pergerakkan trendnya menjadi berubah menjadi uptrend maupun downtrend karena saat ini masih didalam range area konsolidasi besar 5764 – 5910. Jika memang IHSG akan bergerak menguat kembali ke jalur trendnya, maka diharapkan bisa menembus resistance dari area konsolidasinya yakni level 5910 dengan meyakinkan yang diiringi dengan volume transaksi yang tinggi pula.
Pihak investor asing kemarin Senin membukukan net sell yang cukup tinggi yakni sebesar -1.52 Trilliun Rupiah dimana kontribusi paling besar berasal dari pasar nego dimana pihak asing mencatatkan net sell sebesar -1.58 Trilliun Rupiah, dan di pasar nego pihak asing justru malah mencatatkan net buy sebesar 58 Milyar Rupiah.
Dari seluruh informasi yang didapatkan ini, IHSG hari ini diprediksi akan bergerak terbatas di sekitaran level 5858 yang juga merupakan level support. Hal ini market sepertinya sedang menunggu sesuatu dan kami menduga market sedang menunggu pengumuman BI Rate.
Jika hari ini indeks bergerak menguat yang diiringi dengan volume yang tinggi maka ada potensi indeks akan menembus level 5910 dan membentuk high baru dan menuju resistance psikologis yang cukup kuat di level 6000.
Di dalam kesempatan ini kami ingin menyampaikan bahwa ini hanya sebatas prediksi kami  berdasarkan analisa support dan resistance, momentum, dan volume transaksi pada IHSG yang telah lampau. Apapun yang terjadi untuk ke depannya, tetap market yang menentukan.

Review dan Prediksi Industri Hari Ini

Pada pentupan pasar kemarin, kesembilan industri terlihat hampir seluruh indeks industri bergerak mixed; namun, dari pengamatan kami, pergerakkan industri MINING (0.7%) dan CONSUMER (-0.79%) yang membantu mendorong pelemahan IHSG. Kemudian industri yang menguat adalah industri FINANCE (0.51%) dan PROPERTY (0.15%).
Untuk hari ini kami melihat dan memperkirakan hampir seluruh industri berpotensi bergerak mixed. Industri yang berpeluang akan bergerak menguat hari ini adalah industri FINANCE dan  MISC-IND. Sedangkan Industri yang berpotensi bergerak melemah adalah industri AGRI dan TRADE.
Saat ini kami masih memonitor keempat industri yang kami perkirakan didalam mid termnya ada potensi untuk melemah. Keempat industri tersebut adalah AGRI, MISC-IND, CONSUMER, dan BASIC-IND. Kami juga memiliki catatan khusus untuk industri BASIC-IND. Jika harga mampu bergerak menguat kembali dan mengkonfirmasi trend naiknya maka kami akan melepaskan status waspada untuk industri ini.
Oleh karena itu teman-teman bisa berhati-hati untuk memlih saham yang berada didalam keempat industri tersebut khususnya saham-saham Bluechips.
Catatan penting:
  • Untuk industri jangka menengahnya yang menguat adalah industri MINING, TRADE, FINANCE, dan INFRASTRUCTURE.
Detail dari analisa dan prediksi kami dapat dilihat pada tabel berikut
Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *