Market Review

Market Review & Outlook : 6 July 2017

IHSG Masih Berpotensi Bergerak Terbatas di Sekitar Resistance level 5874. Cek Perkembangan Saham-Saham Rekomendasi Pada Stockpick Unggulan Kami… (6 Juli 2017)

Review dan Prediksi Market Hari Ini

Pada penutupan pasar kemarin IHSG bergerak dan ditutup melemah sebesar 40 points (-0.69%). Namun indeks masih disekitaran resistance level 5874. Pergerakkan harga disertai dengan volume transaksi sedikit dibawah rata-rata 20 hariannya. Trend volume transaksi memperlihatkan adanya penurunan dari hari ke hari semenjak bulan Maret 2017 lalu. Hal ini mengindikasikan IHSG masih belum bisa bergerak lebih menguat lagi dan butuh katalis lagi yang bisa mengundang para pelaku pasar untuk menanamkan modalnya lebih banyak lagi di pasar modal Indonesia terutama dari investo asing.

Aktifitas investor asing kemarin masih membukukan net sell sebesar -442 Milyar Rupiah; tentu saja hal ini lebih baik dari kemarin yang bisa mencapai 1 Trilliun Rupiah. Capital outflow yang terjadi kemarin dikontribusi sebagaian besar dari pasar regular dimana pihak asing mencatatkan net sell sebesar -235 Milyar Rupiah yang kemudian disusul pasar nego sebesar -207 Milyar Rupiah.

Berdasarkan seluruh informasi yang didapatkan ini, maka kami melihat hari ini IHSG diprediksi masih akan bergerak di range terbatas di sekitaran level resistance IHSG yakni 5874. Ada kemungkinan harga akan sedikit menguat akan tetapi masih terbatas dan ada kemungkinan juga akan membentuk area sideways atau konsolidasi kecil di resistance 5874 tersebut.

Review dan Prediksi Industri Hari Ini

Kesembilan industri pada penutupan pasar kemarin rata-rata ditutup melemah dimana pelemahan ini dipimpin oleh industri CONSUMER (-1.03%) dan INFRASTRUCTURE (-0.84%). Ada dua industri yang menguat yakni industri MISC-IND (0.34%) dan AGRI (0.14%); walaupun menguat kedua industri tersebut masih bergerak di range terbatas.

Untuk hari ini kesembilan industri tersebut akan diprediksi bergerak mixed dan terbatas. Adapun dua industri yang perlu diperhatikan karena ada potensi untuk bergerak melemah lebih dalam lagi, yakni industri AGRI dan BASIC-IND. Kemudian, kami mencatat ada satu industri yang berpotensi menguat, yakni industri INFRASTRUCTURE dimana indeks membentuk pola candlestick hammer di sekitar support dengan volume yang sangat tinggi, dan berpotensi menguat. Walaupun menguat indeks ini masih di range pergerakkan terbatasnya di level 1175 – 1218.

Ada satu industri yang menjadi perhatian kami juga karena adanya indikasi perubahan trend dari downtrend menjadi uptrend, yakni industri PROPERTY. Walaupun hari ini diprediksi akan bergerak terbatas, dalam jangka menengahnya akan diprediksi bergerak terbatas cenderung menguat.

Detail dari analisa dan prediksi kami ini dapat dilihat pada tabel berikut.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *