Market Review

Market Review & Outlook : 5 July 2017

Review dan Prediksi Market Hari Ini

Kemarin IHSG ditutup melemah cukup dalam, yakni sebesar 0.76%. Indeks bergerak melemah dan pada akhinya masuk ke area konsolidasi kembali menembus level 5874. Pergerakkan harga ini disertai juga dengan volume transaksi yang rendah dibawah rata-rata 20 hariannya dan bahkan lebih rendah daripada hari sebelumnya. Hal ini mengindikasikan adanya profit taking yang dilakukan oleh para investor setelah pada hari sebelumnya IHSG berhasil membuat all time high. Dapat dilihat pada volume transaksi, aksi profit taking ini tidak begitu significant sehingga, untuk beberapa hari kedepan potensi adanya pergerakkan sideways akan terjadi.

Pihak asing pada penutupan pasar kemarin mencatatkan net sell yang cukup tinggi, yakni sebesar -1.16 Trilliun secara total dimana kontribusi yang paling besar ada di pasar regular dimana investor asing mencatatkan net sell sebesar -631 Milyar kemudian disusul pasar nego dimana pihak asing mencatatkan net sell sebesar -525 Milyar.

Dari seluruh informasi yang didapatkan ini, maka kami melihat untuk beberapa hari kedepan akan terjadi sideways. Kita sebagai investor bisa memonitor pergerakkan harga dan volume transaksi yang terjadi, Jika ada volume transaksi yang sangat kuat, hal ini mengindikasikan adanya aksi besar yang akan terjadi. Mari kita monitor bersama.

Review dan Prediksi Industri Hari Ini

Pada penutupan pasar kemarin, kesembilan industri rata-rata ditutup melemah, tercatat ada dua industri yang bergerak menguat yakni industri MISC-IND (0.03%) dan PROPERTY (0.73%). Kemudian industri yang paling melemah adalah industri INRASTRUCTURE (-2.03%) dan CONSUMER (-1.25%).

Kemudian untuk hari ini kami melihat hampir seluruh industri akan bergerak terbatas, dan hampir seluruh industri pergerakkan indeksnya disertai dengan volume transaksi dibawah rata-rata 20 hariannya. Namun, ada satu industri yang kami perhatikan dengan seksama, yakni industri CONSUMER, industri ini memiliki potensi untuk bergerak melemah. Oleh karena itu kami sarankan untuk saat ini menghindari saham-saham yang berada di industri ini jika memang teman-teman belum memilikinya.

Detail dari analisa dan prediksi kami dapat dilihat pada tabel berikut.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *