Market Review

Market Review & Outlook : 31 July 2017

IHSG Hari Ini MASIH Diprediksi Akan Bergerak MENGUAT Terbatas Dengan Trend Jangka Pendek Uptrend. Cek Saham Pilihan Pada Stockpick Kami Untuk Trading Hari Ini… (31 Juli 2017)

Review dan Prediksi Market Hari Ini

Pada penutupan pasar kemarin Jumat, IHSG bergerak dan ditutupmenguat tipis yakni sebesar 11 points (0.19%). Indeks pada sesi pembukaan kemarin melemah terlebih dahulu yang kemudian pada akhir sesi kedua, IHSG “ditarik” menguat; hanya saja penguatannya tidak begitu tinggi dan indeks masih bergerak pada range terbatasnya. Pergerakkan indeks ini disertai dengan volume transaksi tinggi diatas rata-rata 20 hariannya dan lebih tinggi dibandingkan hari-hari sebelumnya; dari sisi trend volume transaksi masih terlihat stagnan atau datar. Untuk beberapa hari ke depan IHSG diperkirakan masih akan bergerak disekitar range 5764 – 5874 dan untuk hari ini diprediksi cenderung menguat menguji level resistance minornya di level 5843.
Dari pihak investor asing kemarin masih mencatat net sell akan tetapi lebih kecil lagi dibandingkan pada hari sebelumnya, yakni sebesar -23 Milyar Rupiah dimana kontribusi paling besar berasal dari pasar regular dimana pihak asing mencatatkan net sell sebesar -245 Milyar Rupiah, akan tetapi pada pasar nego pihak asing justru mencatat net buy sebesar 222 Milyar Rupiah. Sampai minggu kemarin, pihak asing masih mencatatkan net sell walaupun sudah lebih berkurang dari minggu-minggu sebelumnya.
Dari seluruh informasi yang didapatkan ini, kami melihat IHSG hari ini diprediksi masih akan bergerak menguat dan terbatas di area konsolidasinya level 5764 – 5874; Jika memang indeks bergerak menguat, maka indeks akan menguji level 5843 terlebih dahulu sebelum menguji 5874.
Untuk beberapa hari ke depan kita masih harus memperhatikan volume transaksi net foreign flow yang terjadi dimana sampai kemarin masih tidak stabil distribusinya, yang jelas sudah beberapa minggu terakhir IHSG masih mengalami tekanan jual dari pihak asing. Minggu lalu jauh sudah lebih berkurang net sell-nya dibandingkan dengan minggu-minggu sebelumnya.
Praduga kami, jika memang volume transaksi IHSG kurang “kuat” atau pihak asing selalu net sell, maka ada kemungkinan IHSG gagal bergerak menguat dan melemah untuk beberapa minggu ke depan guna menguji support sangat kuat di level sekitaran 5500. Level yang harus diperhatikan adalah resistance leve 5874. Mari kita pantau bersama.

Review dan Prediksi Industri Hari Ini

Pada pentupan pasar kemarin, kesembilan industri terlihat rata-rata masih bergerak dan ditutup mixed; pergerakkan rata-rata industri terefleksi juga pada pergerakkan IHSG. Industri yang paling bergerak menguat adalah industri MINING (1.68%), PROPERTY (1.24%) dan INFRASTRUCTURE (1.13%). Kemudian kami melihat industri yang bergerak paling melemah adalah industri MISC-IND (-1.29%) dan BASIC-IND (-0.95%).
Untuk hari ini kami melihat rata-rata seluruh industri berpotensi bergerak cenderung menguat. Industri yang diprediksi bakal bergerak menguat untuk hari ini adalah industri MINING, FINANCE, INFRASTRUCTURE, CONSUMER, dan PROPERTY; kemudian industri yang perlu kita perhatikan baik-baik adalah industri BASIC-IND karena industri ini diprediksi akan bergerak melemah dan menguji support level berikutnya.
Saat ini kami masih melihat dan memperhatikan baik-baik untuk empat industri yang kami perkirakan didalam mid termnya ada potensi untuk melemah. Keempat industri tersebut adalah AGRI, MISC-IND, CONSUMER, dan BASIC-IND.
Oleh karena itu teman-teman bisa berhati-hati untuk memlih saham yang berada didalam keempat industri tersebut khususnya saham-saham Bluechips.
Catatan penting:
  • Industri BASIC-IND sudah kami masukkan ke dalam daftar industri yang patut diwaspadai.
  • Industri PROPERTY sudah kami cabut dari daftar waspada kami karena dari pergerakkan index, terlihat indeks PROPERTY ini mengelami penguatan dan mengalami brekout dari trendline menurunnya. Hal ini berdasarkan analisa kami secara technical dimana keempat industri tersebut kami kira akan terjadi pergerakkan melemah untuk jangka menengah.
  • Untuk industri yang dalam jangka menengahnya menguat adalah industri MINING dan FINANCE.
Detail dari analisa dan prediksi kami dapat dilihat pada tabel berikut
Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *