Market Review

Market Review & Outlook : 3 July 2017

Review dan Prediksi Market Hari Ini

Pada hari terakhir penutupan pasar sebelum lebaran yang lalu, IHSG ditutup menguat terbatas sebesar 0.19%. Indeks masih melanjutkan pergerakkan menguat setelah pada hari sebelumnya bergerak menguat, dan diperkirakan indeks hendak menguji resistance 5874. Pergerakkan harga ini terlihat disertai dengan volume transaksi yang mengecil dan tetap dibawah rata-rata 20 hariannya. Volume transaksi ini dapat dimaklumi karena ada beberapa trader atau investor yang sudah tidak memantau market seminggu sebelum libur Lebaran.

Yang paling menarik disini adalah pihak investor asing, yang ternyata naiknya IHSG tidak dibarengi oleh pihak investor asing dimana investor asing lebih memilih untuk menjual saham-sahamnya. Hal ini bisa terlihat dari foreign activities yang terjadi pada hari Kamis 22 Juni 2017 lalu dimana pihak asing membukukan net sell sebesar 1.98 Triliun yang dikontribusi sebagian besar dari pasar nego dimana pihak asing membukukan net sell sebesar 1.07 Trilliun kemudian disusul pihak asing di pasar regular yang membukukan net sell sebesar 911 Milyar.

Dari seluruh informasi yang kita dapat kan ini, walaupun ada net sell yang cukup besar dari pihak asing pada hari terakhir market sebelum lebaran, akan tetapi kami masih cukup optimis indeks masih akan menguat dan mencoba untuk menguji resistance 5874. Kita perlu waspada ketika indeks mencapai level tersebut, dimana ada kemungkinan ada koreksi setelah harga mencapai level tersebut.

Review dan Prediksi Industri Hari Ini

Pada penutupan market tanggal 22 Juni 2017 kemarin, kesembilan industri terlihat ditutup hampir seluruhnya bergerak dan ditutup positif; namun ada beberapa industri yang masih bergerak terbatas dan bahkan negatif. Industri yang bergerak paling melemah adalah industri INFRASTRUCTURE (-0.40%) dan MINING (-0.16%). Sedangkan industri yang paling bergerak menguat adalah industri AGRI (2.63%) dan BASIC-IND (1.03%).

Dari seluruh industri diperkirakan hari ini rata-rata diprediksi akan bergerak menguat terbatas, namun ada satu industri yang kami perkirakan akan bergerak terbatas, yakni CONSUMER. Yang menjadi catatan kami berikutnya adalah industri PROPERTY, karena sepertinya ada sedikit kegairahan dan berpotensi untuk bergerak menguat. Ketika industri ini mulai berkembang, kita sudah bisa masuk ke saham-saham yang berada di dalam industri PROPERTY ini.

Detail dari analisa kami dapat dilihat pada tabel berikut.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *