Market Review

Market Review & Outlook : 14 Juli 2017

IHSG Berpotensi Menguat Kembali Hari Ini Setelah Kemarin Sempat Melemah Sebelum Akhirnya Ditutup Menguat. Cek Saham Pilihan Kami Untuk Trading Idea Hari Ini… (14 Juli 2017)

Review dan Prediksi Market Hari Ini

Pada pentupan pasar kemarin, IHSG bergerak dan ditutup menguat tipis sebesar 11 points (0.19%). Harga bergerak sempat melemah pada awal sesi perdagangan, namun pada sesi kedua IHSG langsung ditutup menguat tipis. Pergerakkan harga ini disertai dengan volume transaksi setara dengan rata-rata 20 hariannya. Hal ini mengindikasikan adanya trigger bagi para pelaku pasar “mengangkat” indeks pada akhir sesi menjelang market closing, dan indeks bersiap bergerak menguat kembali menuju resistance 5874. Trading range IHSG untuk hari ini adalah 5764 – 5874.

Pihak investor asing tercatat melakukan net sell sebesar -824 Milyar Rupiah yang kontribusinya paling besar berasal dari pasar regular dimana pihak asing mencatatkan net sell sebesar -746 Milyar Rupiah dan disusup pasar nego dimana pihak asing mencatatkan net sell sebesar -78 Milyar Rupiah. Kami memperhatikan beberapa hari minggu terakhir pihak asing mencatatkan net sell, hal ini sepertinya ada dampak dari beberapa issue yang beredar seperti issue reshuffle kabinet; walaupun begitu jangan kuatir, karena kita dapat melihat dari pegerakkan harga dan volume yang terjadi di market sebagai dasar justifikasi action yang kita lakukan, dan bukan berdasarkan isu. Untuk saat ini masih cukup aman.

Dari seluruh informasi yang kita dapatkan ini, maka kami melihat IHSG masih “meneruskan” pegerakkan menguat nya dan mencoba untuk menguji resistance di level 5874. Response para pelaku pasar ketika indeks mencapai level tersebut dapat kita lihat lebih lanjut setelahnya.

Review dan Prediksi Industri Hari Ini

Kesembilan industri hari ini ditutup mix, dan rata-rata bergerak di area konsolidasinya. Hampir seluruh industri ditutup menguat tipis, hanya ada satu industri yang ditutup melemah tipis, yakni industri INFRASTRUCTURE (-0.46%). Untuk industri yang paling menguat adalah industri BASIC-IND (0.46%) dan TRADE (0.41%)

Dari keseluruhan industri, rata-rata diprediksi akan bergerak menguat terbatas, Ada 4 industri yang kami melihat masih akan bergerak terbatas, yakni industri MINING, AGRI, MISC-IND, dan INFRASTRUCTURE.

Kami juga memiliki catatan terhadap industri AGRI dan PROPERTY, kami melihat adanya potensi bergerak melemah cukup besar walaupun pada hari ini kami memprediksi akan bergerak terbatas dan menguat. Oleh karena itu mohon dapat berhati-hati jika ada teman-teman yang memilih saham dari kedua industri tersebut.

Detail dari analisa dan prediksi kami dapat dilihat pada tabel berikut

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *