Market Review

Market Review & Outlook : 10 July 2017

IHSG Hari Ini Berpotensi Melemah Terbatas Menguji Support Area 5737 – 5797. Cek Saham-saham Yang Berpotensi Menguat Hari Ini Walaupun IHSG Berpotensi Melemah… (10 Juli 2017)

Review dan Prediksi Market Hari Ini

Pada penutupan pasar kemarin hari Jumat 7 Juli 2017, IHSG bergerak melemah terbatas sebesar -35 points (-0.59%). Indeks bergerak melemah akan tetapi masih didalam range area konsolidasinya di 5737 – 5797. Harga bergerak disertai dengan volume transaksi yang tidak begitu besar bahkan bisa dikatakan kecil dibawah rata-rata 20 hariannya; kemudian trend volume transaksi terlihat masih terus menurun. Hal ini mengindikasikan pergerakkan harga masih belum memiliki “kekuatan” yang bisa mendorong harga bergerak menguat atau melemah lebih dalam, yang dapat dikatakan untuk saat ini harga masih didalam range trading atau didalam range sideways.

Dari pihak investor asing pada hari Jumat kemarin tercatat melakukan net sell lagi dengan total sebesar -341 Milyar Rupiah dimana kontribusi yang paling besar berasal dari pasar nego dimana pihak asing mencatatkan net sell sebesar -263 Milyar Rupiah yang kemudian disusul pasar nego dimana pihak asing juga mencatatkan net sell sebesar -78 Milyar Rupiah. Hal ini mengindikasikan pihak asing masih membukukan net sell berturut-turut setelah liburan lebaran ini.

Dari seluruh informasi yang didapatkan ini, kami melihat IHSG walaupun berpotensi melemah hari ini, indeks masih berpotensi melemah dan hendak menguji level area support yang tidak terlalu jauh, dan bahkan indeks bisa meresponse memantul kembali ketika indeks masuk ke area support tersebut. Area support ini ada di range antara 5737 dan 5797. Mari kita monitor bersama pergerakkan indeks untuk hari ini.

Review dan Prediksi Industri Hari Ini

Kesembilan industri pada penutupan pasar hari Jumat kemarin rata-rata bergerak melemah di range terbatas. Walaupun begitu ada 3 industri yang melemah paling dalam keluar dari area konsolidasinya, ketiga industri tersebut adalah industri AGRI, (-0.71%), CONSUMER (-1.03%), dan PROPERTY (-1.38%). Kemudian untuk industri yang menguat hanya ada satu dan itupun sangat tipis yakni industri FINANCE (0.09%).

Untuk pergerakkan hari ini kami melihat dari kesembilan industri 6 industri berpotensi bergerak terbatas dan 3 industri yang berpotensi melemah cukup dalam. Industri yang berpotensi melemah adalan industri AGRI, CONSUMER, dan PROPERTY.

Berdasarkan pengamatan kami, ketiga industri yang berpotensi melemah ini adalah industri yang breakdow dari area konsolidasinya dan hendak menguji level supportnya. Sehingga kami menyarankan untuk berhati-hati terhadap saham-saham yang berada di ketiga industri yang kami sebutkan ini.

Detail dari analisa dan prediksi kami ini dapat dilihat pada tabel berikut.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *