Stock of the week

Stock of the Week [Periode 5 – 9 Juni 2017] : MCOR (PT China Construction Bank Indonesia, Tbk.)

Untuk minggu ini stock of the weeknya adalah saham MCOR. Pemilihan saham ini berdasarkan permintaan dari teman-teman melalui polling yang selalu kami adakan setiap minggu dimulai hari Jumat di channel telegram https://t.me/temantrader. Jadi pastikan teman-teman bisa berpartisipasi di setiap minggunya.

Mari kita bedah dan analisa saham MCOR lebih dalam dan detail.

Saham MCOR ini harga terlihat mengalami rebound yang dimulai pada pertengahan May lalu, tepatnya pada tanggal 18 – 19 May 2017. Apakah harga benar-benar rebound? mari kita analisa lebih detail dan mendalam…

Seperti dalam pembahasan stock of the week kami sebelum-sebelumnya, kami akan memberikan analisa detail dari saham ini, pandangan kami, dan akhirnya prediksi beserta rekomendasi yang bisa teman-teman bisa lakukan seminggu ke depan untuk saham ini.

Kami akan mengulas dan menganalisis dari sisi technical dengan framework seperti berikut:

  1. Trend analysis, dengan tujuan untuk melihat trend dari saham ini kemanakah sebenarnya harga bergerak saat ini.
  2. Support and Resistance, Momentum, Volume analysis, dengan tujuan untuk melihat pergerakkan harga yang lebih detail lagi termasuk Support/Resistance, Momentum dan Volume. Kemudian kami akan memberikan scenario pergerakkan harga.
  3. Summary, memasukkan semua analisa kedalam suatu kesimpulan analisa dan menghasilkan action apa yang harus diambil

Dari masing-masing analisa, kami akan memberikan multi timeframe sehingga kita bisa melihat secara keseluruhan. Sebagai reminder, analisa kami ini hanya berdasarkan pergerakkan harga dan prediksi kedepannya jika memang harga itu sesuai dengan analisa kami. Jika memang ada news atau sentiment lain itu hanyalah sebuah katalis yang bisa menyebabkan saham itu bergerak naik atau turun.

Review Pergerakkan Saham MCOR Minggu Ini

Pada minggu ini harga saham MCOR tidak bergerak banyak alias stagnan. Hanya saja pada dua hari terakhir, harga membentuk pola candlestick shooting star dan pada hari Rabu kemarin disertai volume transaksi tinggi diatas rata-rata 20 hariannya.

Sekarang yang menjadi pertanyaannya, mau kemanakah harga saham MCOR bergerak untuk beberapa hari dan minggu ke depan? akan masih akan menguat, atau harga masih dalam periode koreksinya? Mari kita analisa bersama dari sisi technical analysis terutama dari sisi price action-nya. Analisa bisa dimulai dari analisa trena pada timeframe yang lebih tinggi, yakni timeframe weekly.

Weekly Trend Saham MCOR

Terlihat secara trend, saham MCOR masih bergerak cenderung menguat; walaupun begitu saat ini harga sepertinya sedang mengalami koreksi dan sedang membentuk higher low baru. Higher low saat ini masih belum bisa kami konfirmasikan karena bisa saja terbentuk higher low yang bisa lebih rendah lagi.

Bisa disimpulkan dari trend weekly harga sedang bergerak naik atau menguat. Mari kita lihat lebih detail dari pergerakkan harga dan trend nya di timeframe daily.

Daily Trend Saham MCOR

Di timeframe daily terlihat harga bergerak naik setelah trend turun. Hal ini mengindikasikan bahwa harga bergerak masih bersifat sideways atau tanpa trend; dan juga pergerakkan naik ini belum mengkonfirmasikan bahwa trend telah berubah, kami membutuhkan konfirmasi tambahan jika memang harga bergerak lebih tinggi lagi daripada minggu lalu.

Kita bisa menyimpulkan bahwa trend saham di timeframe daily masih bergerak sideways. Dan jika kita gabungkan dengan timeframe weekly, maka kita bisa menduga bahwa mungkin saja saat ini akan terjadi fase sideways yang sebagai awal dari rebound. Walaupun begitu sampai saat ini kita masih belum bisa memastikannya karena kita harus menunggu price action dan volume yang terbentuk nantinya.

Untuk kondisi saat ini bagaimanakah dengan momentum dan volumenya? apakah yang akan terjadi untuk kedepannya? mari kita analisa dari sisi SnR, momentum, dan volume-nya.

Support/Resistance, Volume, dan Momentum Weekly Saham MCOR

Kami berhasil mengidentifikasikan support dan resistance sebagai pijakan harga bergerak melemah atau menguat; dan terlihat saat ini harga berada pada support kuat timeframe weekly di level 220. Apakah ini artinya harga langsung rebound naik dan menuju resistance terkuatnya di level 356? Mari kita lihat momentum pergerakkan harga dan volume transaksinya.

Dari momentum, terlihat dari indikator MACD masih mengalami death cross (DC) yang berarti momentum pergerakka harga melemah masih ada, akan tetapi berangsur berkurang; dan dari indikator stochastic terlihat sudah mengelami golden corss (GC) dan bergerak naik. Hal ini mengidentifikasikan bahwa momentum pelemahan harga masih ada walaupun momentumnya sudah mulai berkurang. Sehingga jika memang harga akan bergerak naik, akan terjadi sideways atau pergerakkan terbatas; hal ini juga bisa diperlihatkan dari pola candlestick yang sudah mulai menunjukkan pelemahan pergerakkan naiknya dimana terbentuk pola bearish harami dan shooting star di dua minggu terakhir (termasuk minggu ini).

Dari sisi volume transaksi terlihat ada peningkatan sedikit (walaupun masih dibawah volume rata-rata 20 hariannya) pada pertengahan bulan May 2017 yang lalu yang mengindikasikan adanya perlawanan dari bearish trend sebelumnya. Walaupun begitu, penguatan volume ini masih dirasa kurang untuk “mengangkat” harga untuk menguat lebih lanjut lagi.

Kami sudah menyiapkan juga tiga scenario pergerakkan harga untuk beberapa minggu ke depan, yakni:

  1. Harga bergerak melemah langsung menuju level 220 dan menembus menuju ke level 172.
  2. Harga bergerak melemah langsung dan mengkonfirmasikan terjadinya sideways dan harga menuju ke sekitar level 220 dan memantul.
  3. Harga bergerak menguat langsung menuju dan menguji level 356.

Dari ketiga scenario ini, maka scenario yang paling memungkinkan adalah scenario 1 dan 2, dimana harga melemah dan mengkonfirmasikan adanya area sideways; dan hal ini diperkuat dari volume dan momentum yang belum cukup kuat untuk “mengangkat” harga bergerak lebih kuat lagi.

Jadi untuk timeframe weekly yang dapat kita yakinkan adalah harga akan bergerak terbatas untuk beberapa minggu ke depan. Lalu, apakah artinya harga akan bergerak turun juga? belum tentu, karena kita harus melihat price action, momentum, dan volume ketika harga bergerak sideways (jika memang benar harga bergerak sideways nantinya).

OK. bagaimana dengan timeframe yang lebih kecil apakah memang harga hendak bergerak melemah? mari kita lihat analisa lebih dalam lagi pada timeframe daily.

Support/Resistance, Volume, dan Momentum Daily Saham MCOR

Kami telah mengidentifikasi support and resistance dari saham MCOR ini di timeframe daily. Dan dapat dilihat bahwa support dan resistance yang terbentuk cukup rapat antara satu level dengan level lainnya. Dan untuk saat ini harga berada di resistance kuat dimana ini dikonfirmasikan oleh indikator stochastic yang sudah menyentuh area overbought (OB).

Kemudian momentum pergerakkan harga sepertinya masih menunjukkan penguatan, akan tetapi penguatannya juga sudah mulai berkurang; dan jika memang harga bergerak naik dan breakout dari area konsolidasi kecilnya saat ini, maka hampir bisa dipastikan harga akan menguat (dengan catatan volume transaksi pada saat breakout juga sangatlah besar).

Untuk volume transaksi kondisi saat ini dapat dilihat semakin lama semakin mengecil terutama terlihat pada saat harga berkonsolidasi. Akan tetapi kami melihat ada dua lonjakan volume transaksi selama harga berkonsolidasi, yakni pada dua hari terkahir di minggu ini; kmeudian kami melihat juga ada dua pola candlestick shooting star yang terjadi dengan volume yang terjadi di dua hari terakhir ini. Maka kami bisa menyimpulkan bahwa ini adalah tekanan jual yang terjadi di saham ini.

Momentum menguat akan tetapi volume transaksi memperlihatkan adanya tekanan juga, bagaimana kita menyikapinya? perlu kami ingatkan juga, bahwa hal yang paling utama didalam analisa adalah pergerakkan harga dan volume, oleh karena itu kita wajib melihat pergerakkan harga dan volume dibandingkan dengan momentum yang sudah terjadi.

Kami juga sudah menyiapkan 5 scenario pergerakkan harga untuk beberapa hari kedepan, yakni:

  1. Harga bergerak melemah menembus support 266 dan 254 menuju level 236 yang kemudian memantul.
  2. Harga bergerak melemah menebus support 266 dan menuju level 254 yang kemudian memantul.
  3. Harga bergerak stagnan atau terbatas di range level 266 dan 288.
  4. Harga bergerak menguat menembus area konsolidasi dan resistance level 288 menuju level 314 lalu memantul.
  5. Harga bergerak menguat menembus area konsolidasi dan resistance level 288 dan 314 menuju level 356.

Dari kelima scenario tersebut, maka yang paling memungkinkan adalah scenario 1, 2, dan 3. Dan jika kita melihat dengan kondisi momentum dan volume yang telah terjadi, maka kemungkinan itu akan lebih besar di scenario 1 dan 2; dimana momentum naik sudah mulai melemah dan volume transaksi dengan tekanan jual sudah mulai terlihat.

OK. sebelum kami memberikan next action dan rekomendasi, mari kita summary analisa yang kita lakukan secara detail dari timeframe weekly ke daily di atas.

Summary Dan Next Action Saham MCOR Minggu Depan

Bagaimana kesimpulan analisa saham MCOR dan apa yang harus kita lakukan? sebelum kami menyimpulkan analisa dan memberikan rekomendasi lebih lanjut mari kita summarize dari seluruh analisa kami:

  • Trend
    1. Trend Weekly, UP
    2. Trend Daily, Sideways
  • Harga terhadap Support dan Resistance, Volume, dan Momentum
    1. Di Timeframe weekly harga saat ini berada pada level support kuatnya yakni di level 220. Pergerakkan harga juga memberikan indikasi bahwa akan ada pergerakkan sideways di beberapa minggu ke depan. Hal ini dapat dikonfirmasikan juga dari pergerakkan harga di timeframe daily.
      Ketika harga benar-benar membentuk area konsolidasi, maka ada kemungkinan area konsolidasi ini adalah sebuah pijakan sebelum harga benar-benar bergerak menguat rebound dan pada akhirnya menuju resistance level 356.
    2. Berdasarkan momentum dan volume dari timeframe weekly ke daily, terlihat momentum pergerakkan harga jangka panjang masih terlihat melemah, akan tetapi sudah mulai berkurang. Hal ini terlihat juga di timeframe daily terlihat momentum pergerakkan harga masih belum cukup kuat untuk mendorong harga bergerak lebih kuat lagi.
      Dari sisi volume transaksi juga begitu, masih belum ada “kekuatan” yang bisa mendorong harga bergerak lebih kuat lagi. Dan pergerakkan harga di timeframe daily untuk beberapa hari ke depan akan bergerak terbatas di range level 236 – 288.

Dari hasil summary diatas dapat disimpulkan bahwa untuk beberapa hari dan minggu ke depan sepertinya akan ada pergerakkan sideways yang cukup besar yakni di range 236 – 288. Walaupun begitu jika memang harga tiba-tiba bergerak menembus area resistance dan konsolidasi di level 288 dengan volume yang sangatlah besar, maka ini bisa dijadikan sinyal harga akan bergerak menguat.

Jikalau begitu apa rekomendasi dari kami untuk next action-nya? Berikut 🙂

  1. Bagi teman-teman yang belum memiliki saham ini, lebih baik menunggu terlebih dahulu, menunggu harga menembus level 288 atau menunggu harga memantul di area support 234 atau 256. Saat ini masih belum memberikan sinyal apa-apa untuk masuk, karena harga masih menunjukkan sinyal pelemahan pergerakkan harga.
  2. Bagi teman-teman yang sudah memiliki saham ini dengan tujuan investasi:
    1. Jangka pendek, maka teman-teman bisa hold dulu, dan bisa memberikan level Stop Loss yang dinaiikan JIKA harga menyentuh support level 260. Jika level itu tersentuh, maka ada kemungkinan harga akan bergerak makin melemah dan mengkonfirmasikan double top pattern.
    2. Jangka panjang, maka teman-teman bisa bisa mengikut strategy dari tipe jangka pendek yaitu mewaspadai harga ketika menyentuh level 260 mengingat saham ini masih belum memberikan sinyal atau aba-aba untuk di hold lebih panjang lagi; dan juga momentum jangka panjang di timeframe weekly masih menunjukkan momentum turun.
    3. Scalper atau tape reading trading, maka teman-teman sudah bisa beli dan sell dalam waktu singkat sesuai dengan selera di range level 234 – 288.

Demikian ulasan dan rekomendasi yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel dan pendapat kami ini bisa berguna bagi teman-teman terutama bagi analisa mingguan teman-teman bagi memang yang sedang mengincar, sudah memiliki, atau review saham MCOR.

Sekali lagi, pendapat dan rekomendasi kami bukan paksaan atau ajakan untuk teman-teman melakukan aksi karena pendapat dan rekomendasi kami hanyalah pendapat kami guna keperluan edukasi. Keputusan akhir tetap berada di teman-teman. Disclaimer ON.

Pastikan teman-teman melakukan pembelian dengan money management yang terukur, baik dan benar.

Have a nice weekend with your family teman-teman… 🙂

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *