Stock of the week

Stock of the week (29 May – 2 June 2017) : PTPP (PT PP Persero, Tbk)

Saham PTPP ini sebenarnya adalah saham yang sedang bergerak melemah, dimana pelemahan ini berawal dari bulan Agustus 2016 yang lalu. Harga selalu bergerak pelan-pelan akan tetapi cukup meyakinkan.

Saham PTPP ini sepertinya terlihat mulai rebound karena harga bergerak menguat di dua minggu terkahir. Pertanyaannya adalah apakah memang benar?

Mari kita analisa bareng-bareng dari sisi technical analysisnya terutama dari sisi price action-nya.

Seperti dalam pembahasan stock of the week kami sebelum-sebelumnya, kami akan memberikan analisa detail dari saham ini, pandangan kami, dan akhirnya prediksi beserta rekomendasi yang bisa teman-teman bisa lakukan seminggu ke depan untuk saham ini.

Kami akan mengulas dan menganalisis dari sisi technical dengan framework seperti berikut:

    1. Trend analysis, dengan tujuan untuk melihat trend dari saham ini kemanakah sebenarnya harga bergerak saat ini.
    2. Support and Resistance, Momentum, Volume analysis, dengan tujuan untuk melihat pergerakkan harga yang lebih detail lagi termasuk Support/Resistance, Momentum dan Volume. Kemudian kami akan memberikan scenario pergerakkan harga.
    3. Summary, memasukkan semua analisa kedalam suatu kesimpulan analisa dan menghasilkan action apa yang harus diambil

Dari masing-masing analisa, kami akan memberikan multi timeframe sehingga kita bisa melihat secara keseluruhan. Sebagai reminder, analisa kami ini hanya berdasarkan pergerakkan harga dan prediksi kedepannya jika memang harga itu sesuai dengan analisa kami. Jika memang ada news atau sentiment lain itu hanyalah sebuah katalis yang bisa menyebabkan saham itu bergerak naik atau turun.

Review Pergerakkan Saham PTPP Minggu Ini

Pada minggu ini, saham PTPP bergerak menguat terus melanjutkan penguatan pada minggu sebelumnya. Penguatan yang terjadi pada minggu lalu ternyata diiringi juga dengan volume transaksi yang cukup tinggi.

Dari sisi hariannya, pada minggu harga selalu menguat terus menerus, hanya saja pada dua hari terakhir ada pengurangan volume transaksi; walaupun begitu harga tetap masih bergerak menguat.

Apa yang akan terjadi, pada beberapa hari dan minggu ke depan? Mari kita analisa bersama dari sisi technical analysis terutama dari sisi price action-nya. Analisa bisa dimulai dari analisa trena pada timeframe yang lebih tinggi, yakni timeframe weekly.

Weekly Trend Saham PTPP

Saham PTPP dari timeframe weekly ternyata walaupun harga bergerak menurun terus menerus dari bulan Agustus 2016, trend masih bergerak sideways. Saat ini harga berada di ujung atau di support area sidewaysnya. Dan harga ada potensi untuk bergerak memantul dari area support.

Jadi untuk trend weekly bisa disimpulkan harga sedang bergerak sideways. OK… mari kita lihat trend pergerakkan harga di timeframe daily.

Daily Trend Saham PTPP

Tujuan dari melihat trend harian ini adalah melihat trend pergerakkan harga saat ini di trend yang lebih kecil lagi dari trend weekly. Terlihat bahwa trend harian masih menunjukkan pelemahan yang cukup dalam walaupun harga berusaha untuk rebound.

Saat ini memang trend sedang turun (down trend), akan tetapi harga ternyata bergerak menguat. Yang menjadi pertanyaannya sekarang adalah, apakah cukup kuat penguatan harga ini? dan apakah bisa rebound kembali?
Jika dilihat secara seksama, penguatan harga yang sedang terjadi sepertinya masih sebagai koreksi sebagai gelombang pergerakkan harga kebawah.

Oleh karena itu mari kita analisa lebih dalam dari sisi Support Resistance, Momentum, dan Volumenya. Analisa selalu dimulai dari timeframe yang lebih besar, yakni Weekly.

Support/Resistance, Volume, dan Momentum Weekly Saham PTPP

Setelah kami mengidentifikasi support and resistance di timeframe weekly yang menurut kami sangat penting untuk melihat pergerakkan harga selanjutnya, kami melihat saat ini harga memantul dan dari support kuat timeframe weekly dan saat ini sedang bergerak menuju resistance kuat weekly.

Kita mengetahui bahwa harga bergerak dari support menuju resistance kuat di timeframe weekly. Bagaimana dengan momentum dan volumenya?

Momentum bisa dilihat dari MACD dan stochastic. Kemudian terlihat MACD masih memberikan informasi bahwa momentum jangka panjang masih cukup kuat kebawah. Walaupun begitu, stochastic yang merepresentasikan momentum jangka pendek menunjukkan penguatan. Oleh karena itu kami melihat momentum pergerakkan harga sementara ini mulai kuat keatas walaupun momentum jangka panjang masih kebawah atau masih mengikuti trend down nya.

Bagaimana dengan Volume transaksinya? Volume semakin meningkat dimana terlihat buyer mulai masuk pada awal May 2017, dan sampai dengan saat ini. Volume juga semakin meningkat, dimana semakin banyaknya buyer yang masuk.

Pertanyaannya adalah, apakah pergerakkan nya cukup awet keatas? kami belum bisa memastikan, karena yang bisa memastikan hanya market. Akan tetapi jika memang dilihat dari momentum dan volume, maka ada kesempatan harga bergerak menguat bisa mencapai resistance weekly kuat.

Kami membuat beberapa scenario pergerakkan harga yang mungkin akan terjadi di beberapa minggu kedepan. yaitu sbb:

  • (Scenario 1) Harga bergerak di minggu ini langsung bergerak melemah dan breakdown support level 2980 menuju level 2816 yang kemudian memantul di level tersebut
  • (Scenario 2) Harga bergerak di minggu ini langsung bergerak melemah dan menguji support level 2980 dan memantul menuju resistance level 3444
  • (Scenario 3) Harga bergerak langsung menguji resistance level 3444 dan memantul
  • (Scenario 4) Harga bergerak langsung menembus resistance level 3444 yang kemudian menuju dan menguji support level 4000

Dari scenario jika kita combine dengan momentum harga dan volume transaksi saat ini maka scenario yang paling memungkinkan adalah scenario 3, karena terlihat momentum dan volume transaksi masih cukup kuat untuk mendorong harga bergerak lebih kuat lagi.

Mari kita lihat pada pergerakkan harga pada timeframe yang lebih kecil sehingga kita mbisa mengetahui pergerakkan harga detailnya.

Sebagai tambahan, momentum dan volume transaksi yang bisa dijadikan acuan utama tetap timeframe yang lebih besar.

Support/Resistance, Volume, dan Momentum Daily Saham PTPP

Setelah kami mengidentifikasi support dan resistance saat ini pada timeframe daily, ternyata harga saat ini memang sedang bergerak dari support daily kuat dan menuju resistance level kuat. Resistance kuat saat ini berasa di level 3250.

Kemudian bagaimana dengan momentum pergerakkan harga? terlihat momentum harga jangka panjang terlihat sudah menguat (hal ini telrihat dari MACD GC), kemudian momentum harga jangka pendek garis sinyal stochastic sudah menempel overbought area. Berdasarkan informasi ini bahwa momentum pergerakkan harga sangat kuat walaupun begitu perlu hati-hati ketika harga bertemu dengan level resistance 3250, karena ada kemungkinan harga akan memantul atau membetuk area konsolidasi kecil di area tersebut.

Kita telah mengetahui momentum pergerakkan harga, bagaimana dengan volume transaksi? volume transaksi terlihat mulai dari hari Selasa dan Rabu terlihat mulai mengecil sampai dengan hari Jumat kemarin. Oleh karena itu kami melihat bahwa pendorong utama harga bergerak (buyer) sudah mulai berkurang dan kemungkinan harga untuk sedikit bereaksi memantul atau membuat area konsolidasi di level 3250 cukup besar.

Untuk beberapa hari kedepan kami melihat bahwa harga ada kemungkinan untuk bergerak naik pada awal minggu depan, dan akan bergerak terbatas seterusnya. Akan tetapi jika memang ada sentiment positif yang timbul lagi di minggu denapn untuk saham PTPP ini, maka potensi harga akan bergerak langsung menuju target 3400 masih sangat tinggi.

Kami juga sudah membuat 4 scenario dari pergerakkan yang akan terjadi untuk beberapa hari kedepan, yakni:

  • (Scenario 1) Harga bergerak menuju resistance level 3250 dan memantul melemah menembus level 3000 yang kemudian menguji support level 2690 – 2816.
  • (Scenario 2) Harga bergerak menuju resistance level 3250 dan memantul membentuk area konsolidasi kecil atau harga melemah kembali menuju support level 3000.
  • (Scenario 3) Harga bergerak langsung menembus level 3250 menuju level 3400 – 3500 dan harga memantul di area harga tersebut.
  • (Scenario 4) Harga bergerak langsung menembus level 3250 dan 3400-3500 menguji level 4000.

Dari momentum dan volume transaksi yang terjadi di minggu ini, maka harga saham PTPP ada potensi untuk bergerak sesuai dengan scenario 2, dan potensi scenario juga cukup besar jika memang pada minggu depan ada berita baik atau katalis yang bisa mendorong harga bergerak lebih menguat lagi.

OK. sebelum kami memberikan next action dan rekomendasi, mari kita summary analisa yang kita lakukan secara detail dari timeframe weekly ke daily di atas.

Summary Dan Next Action Saham PTPP Minggu Depan

Bagaimana kesimpulan analisa saham PTPP dan apa yang harus kita lakukan? sebelum kami menyimpulkan analisa dan memberikan rekomendasi lebih lanjut mari kita summarize dari seluruh analisa kami:

  • Trend
    1. Trend Weekly, Sideways
    2. Trend Daily, Down
  • Harga terhadap Support dan Resistance, Volume, dan Momentum
    1. Di Timeframe weekly dan daily, harga bergerak menguat setelah harga bergerak dalam trend turun. Harga saat ini sedang mencoba untuk meninggalkan area support 2816 – 2990, dan harga mencoba untuk menguji resistance weekly terdekat di level 3400. Level 3400 ini bisa dikatakan key resistance karena kami mempercayai ini adalah resistance yang sangat penting dan menentukan apakah harga akan bergerak menguat kembali atau justru malah harga bergerak melemah.
    2. Berdasarkan momentum dan volume dari timeframe weekly ke daily, terlihat momentum pergerakkan harga jangka panjang masih mengindikasikan bahwa momentum harga masih turun. Sedangkan di timeframe daily sudah menunjukkan penguatan. Dari kedua timerame ini kami masih meyakini bahwa momentum harga walaupun jangka panjang masih cukup kuat kebawah, momentum harga di timeframe daily sudah memberikan indikasi pergerakkan harga sudah menguat. Paling tidak momentum kuat ini membawa harga bergerak naik untuk menguji resistance di level 3400 – 3500.
      Dari sisi volume transaksi terlihat dari timeframe weekly sudah mulai menguat, dan ini menguatkan opini kami bahwa harga bergerak menguat lebih tinggi lagi, walaupun di timeframe kecilnya jalannya harga tidak langsung mulus menuju resistance 3400 – 3500, karena harga akan mengalami sedikit konsolidasi atau koreksi sebelum menuju area resistance 3400 – 3500.

Dari hasil summary analisa yang diberikan diatas cukup jelas bahwa memang kemungkinan harga untuk bergerak naik masih cukup besar akan tetapi perlu dilihat kembali apakah penguatan harga akan bisa menembus key resistance utama yaitu resistance level 3400-3500, karena saat ini walaupun harga bergerak menguat kami masih cukup percaya saat ini bahwa harga menguat untuk koreksi dan menguji resistance sebelum harga bergerak melemah kembali atau memulai sideways area yang lebih besar lagi.

Jikalau begitu apa rekomendasi dari kami untuk next action-nya? Berikut 🙂

  1. Bagi teman-teman yang belum memiliki saham ini, lebih baik menunggu terlebih dahulu, menunggu harga menembus 3250 atau menunggu harga memantul di area support 3000. Saat ini masih belum memberikan sinyal apa-apa untuk masuk.
  2. Bagi teman-teman yang sudah memiliki saham ini dengan tujuan investasi:
    1. Jangka pendek, maka teman-teman bisa hold dulu, dan bisa memberikan level Stop Loss yang dinaiikan JIKA harga menyentuh resistance level 3250. Jika level itu tersentuh, maka ada  kemungkinan harga akan bereaksi membentuk pola candlestick tertentu.
    2. Jangka panjang, maka teman-teman bisa bisa mengikut strategy dari tipe jangka pendek yaitu mewaspadai harga ketika menyentuh 3250 mengingat saham ini masih belum memberikan sinyal atau aba-aba untuk di hold lebih panjang lagi; dan juga momentum jangka panjang di timeframe weekly masih menunjukkan momentum turun.
    3. Scalper atau tape reading trading, maka teman-teman sudah bisa beli dan sell dalam waktu singkat sesuai dengan selera hanya saja sangat perlu memperhatikan range 3000 – 3250 – 3400 – 3500 sebagai support dan resistance utamanya.

Demikian ulasan dan rekomendasi yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel dan pendapat kami ini bisa berguna bagi teman-teman terutama bagi analisa mingguan teman-teman bagi memang yang sedang mengincar, sudah memiliki, atau review saham PTPP

Sekali lagi, pendapat dan rekomendasi kami bukan paksaan atau ajakan untuk teman-teman melakukan aksi karena pendapat dan rekomendasi kami hanyalah pendapat kami guna keperluan edukasi. Keputusan akhir tetap berada di teman-teman. Disclaimer ON.

Pastikan teman-teman melakukan pembelian dengan money management yang terukur, baik dan benar.

Have a nice weekend with your family teman-teman… 😀

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *