Market Review

Market Review & Outlook : 31 May 2017

Review dan Prediksi Market Hari Ini

Pada saat penutupan pasar kemarin, IHSG bergerak terbatas dan ditutup melemah tipis -19 points (-0.33%). Harga bergerak masih terbatas di range 5680 – 5726; pada pembukaan, harga sempat bergerak menguat dan menguji kembali resistance minor di level 5726, akan tetapi pada akhir sesi kedua, harga akhirnya bergerak melemah kembali.

Pergerakkan harga ini disertai dengan volume transaksi yang rendah dibawah rata-rata 20 hariannya; walaupun begitu sudah terlihat ada peningkatan sedikit dibandingkan dengan beberapa hari sebelumnya. Hal ini mengindikasikan harga masih bergerak terbatas di range terbatasnya saat ini. Dan potensi untuk bergerak terbatas sampai dengan hari ini masih cukup besar.

Investor asing hari ini membukukan net sell sebesar -149 Milyar Rupiah dimana dikontribusi dari sebagian besar dari pasar nego dimana pihak asing membukukan net sell sebesar -177 Milyar, kemudian di pasar regular pihak asing tidak masih membukukan net buy sebesar 28 Milyar.

Dari informasi yang kita dapatkan ini mengindikasikan bahwa belum adanya sebuah “dorongan” yang terefleksi pada volume transaksi yang bisa “mengangkat” IHSG bergerak lebih kuat lagi. IHSG saat ini masih bergerak di kisaran 5680 – 5276, dan dibutuhkan katalis positif baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Review dan Prediksi Industri Hari Ini

Pada pentupan pasar sesi kedua, hampir seluruh sembilan industri bergerak terbatas dan ditutup mixed. Industri yang ditutup paling besar penguatannya adalah industri TRADE (0.78%) dan AGRI (0.57%); kemudian industri yang ditutup paling melemah adalah industri INFRASTRUCTURE (-0.98%) dan BASIC-IND (-0.68%).

Untuk hari ini kami perkirakan dari seluruh industri akan bergerak terbatas, walaupun begitu ada 2 industri yang kami cermati dimana ada yang berpotensi menguat dan melemah. Industri yang berpotensi menguat adalah industri AGRI dan yang berpotensi melemah adalah industri CONSUMER.

Sebagai catatan kami, seperti yang sudah kita ketahui bahwa saham-saham yang berpotensi akan menguat menjelang lebaran adalah saham-saham yang berada didalam industri CONSUMER, akan tetapi kami melihat adanya indikasi pelemahan untuk industri CONSUMER ini dari sisi technical, sehingga kami merasa wajib untuk mengingatkan teman-teman untuk berhati-hati mengambil posisi di saham-saham yang berada di industri ini. Ambil posisi ketika benar-benar memberikan sinyal yang positif dan dikonfirmasikan oleh volume transaksi yang menguat.

Detail dari analisa dan prediksi kami dapat dilihat pada tabel berikut.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *