Market Review

Market Review & Outlook : 30 May 2017

Review dan Prediksi Market Hari Ini

Kemarin IHSG bergerak terbatas dan ditutup sedikit melemah tipis sebesar 0.08%. Harga bergerak masih di sekitaran area level supportnya 5680 – 5726. Harga bergerak dengan volume transaksi kecil dibawah rata-rata 20 hariannya. Pada pembukaan market, harga sempat dibuka menguat akan tetapi lambat laun melemah dan pada akhir sesi kedua ditutup melemah. Dari volume transaksi dan pergerakkan harga terlihat pelaku pasar belum banyak yang masuk, dan diperlukan sebuah katalisator positif yang bisa  mendorong pelaku pasar masuk ke pasar kembali sehingga bisa mendorong harga bergerak naik.

Dari investor asing terlihat kemarin terjadi net sell yang sangat besar, yakni sebesar -6.48 Trilliun Rupiah yang dikontribusi sebagian besar dari pasar nego dimana investor asing membukukan net sell sebesar -6.24 Trilliun dan pasar regular para investor asing membukukan net sell sebesar -239 Milyar. Hal ini mengindikasikan adanya penarikkan dana yang cukup besar dan bisa saja memiliki impact yang cukup besar kepada IHSG untuk beberapa hari kedepan. Kami juga melihat, pihak investor lokal melakukan pembelian yang cukup tinggi juga.

Bagaimana pergerakkan IHSG hari ini? kami melihat IHSG tetap akan bergerak terbatas. Walaupun bergerak terbatas, ada kemungkinan harga akan bergerak cenderung melemah guna menguji support area dari area support yang cukup besar yakni di level 2680. Potensi untuk harga akan bergerak menguat tetap ada akan tetapi tetap menunggu katalis positif yang bisa mendorong investor masuk lebih banyak lagi untuk mendorong IHSG bergerak lebih tinggi lagi.

Review dan Prediksi Industri Hari Ini

Pada penutupan sesi kedua pasar kemarin, kesembilan industri ditutup kebanyakan melemah. Ada tiga industri yang cenderung ditutup menguat, yakni industri FINANCE (0.78%), MINING (0.53%), TRADE (0.43%). Kemudian keenam industri lainnya ditutup melemah dimana industri yang paling melemah adalah industri INFRASTRUCTURE (-1.07%).

Untuk hari ini kami prediksi seluruh industri akan bergerak terbatas. Walaupun begitu kami melihat ada satu industri yang bisa saja bergerak menguat karena saat ini sedang memiliki momentum yang cukup untuk bergerak menguat yakni industri MINING.

Detail dari analisa dan prediksi kami dapat dilihat pada tabel berikut

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *