Stock of the week

Market Update: Saham BUMI… Mulai Mengudara Atau Justru Membumi?

Semangat pagggiiiii teman-teman…

Semoga teman-teman semuanya selalu sehat selalu dan senantiasa dibawah lindungan Tuhan YME. Selalu semangat!!! šŸ™‚

Di weekend ini kami hendak melakukan market update khususnya saham BUMI. Kami melihat ada pergerakkan yang cukup significant yang terjadi pada saham BUMI di minggu ini.

Mari kita lihat yuk di timeframe weekly…

Pergerakan Harga Timeframe Weekly

Pada timeframe weekly ini terlihat harga bergerak berhasil keluar dari area konsolidasi kecilnya dengan volume tinggi yang mulai munjukkan peningkatan.

Hal ini mengindikasikan harga mulai lepas dari area konsolidasinya dan berusahan untuk bergerak menguat kembali menuju resistance terkuatnya yakni di sekitar level 545.

Dari timeframe weekly ini kita bisa melihat bahwa momentum sudah mulai muncul. JIKA pada beberapa minggu ke depan harga bergerak menyentuh atau bahkan ditutup diatas high yang terbentuk pada minggu ini TANPA terlebih dahulu menyentuh atau melebihi 1 tick dibawah low dari candlestick mingguĀ ini, maka hal iniĀ mengindikasikan harga akan masih akan bergerak lebih menguat.

Momentum yang dapat dilihat dari indikator stochastic mengkonfirmasikan bahwa momentum pergerakkan harga sudah mulai menguat.

Kemudian apakah kita bisa masuk langsung? belum tentu, kita harus melihat dari sisi timeframe daily-nya.

Pergerakan Harga Timeframe Daily

Apa yang bisa kita lihat disini? ternyata pada hari Selasa yang lalu, ada pergerakkan menguat yang sangat tinggi yang diikuti oleh volume transaksi yang sangat tinggi juga. Pergerakkan hari Selasa ini lah yang menjadi kunci pergerakkan minggu ini, dimana hargaĀ breakout dari area resistance kuatnya. Oleh karena itu kami menyarankan untuk melakukan reakumulasi pada hari Rabu yang lalu setelah sebelumnya pada tanggal 20 MaretĀ kami menyarankan untuk Beli saham BUMI.

Setelah breakout terjadi, ternyata harga tidak langsung bergerak menguat lebih tinggi lagi, akan tetapi terbentuk pola candlestick dua spinning top, sehingga kami menyarankan untuk menaikkan trailing stop di level 404 guna melindungi profit yang sudah didapatkan. Dan pada hari Jumat level trailing stop ini kena. Tujuan trailing stop ini selain menjaga profit yang sudah didapatkan, adalah jika pergerakkan hari-hari berikut lebih rendah dari low dari candlestick yang terbentuk pada hari Rabu maka harga cenderung akan mengalami koreksi atau membentuk area konsolidasi baru.

KemudianĀ pada hari Jumat yang lalu ternyata harga bergerak lebih rendah dari low yang terbentuk dari hari Rabu. Dan jika kita lihat volume transaksi, sepertinya harga akan bergerak lebih rendah lagi dan menguji level support yang kuat yakni 376-394.

Kemudian dari sisi momentum, terlihat stochastic mengkonfirmasi bahwa harga sudah sedikit jenuh dan mencoba untuk koreksi.

Rekomendasi dan NEXT ACTION

Mari kita summarize apa yang kita dapatkan dari pergerakkan harga di timeframe weekly dan daily.

Secara timeframe yang lebih besar terlihat harga sudah mulai lepas dari area konsolidasi/sideways dengan volume tinggi, dan momentum juga sudah mulai meningkat.

Kemudian jika dilihat lebih dekat lagi melalui timeframe daily, sepertinya harga tidak tidak langsung bergerak naik, karena ada indikasi harga akan bergerak melemah menuju support kuatnya di level 376-394.

Kami berhasil mengidentifikasiĀ dua scenario yang akan terjadi, yakni

  1. Ketika harga akan bergerak melemah dan menguji support.
  2. Ketika harga ternyata bergerak langsung menguat menembus resistance kuat di level 440 – 456.

Apa NEXT ACTION yang perlu kita lakukan dengan dua scenario ini?

  1. JIKA memang harga bergerak melemah, kita dapat tunggu sinyal beli Buy On Weakness atas response harga ketika harga berada di area support kuat.
  2. JIKA memang harga bergerak menguat secara tiba-tiba, kita dapat mengunggu sinyak beli breakout.

Kemudian rekomendasi kami untuk teman-teman tergantungĀ adalah sbb:

  1. JIKA teman-teman belum memiliki posisi di saham BUMI, jangan langsung masuk, akan tetapi tunggu reaksi harga apakah memang langsung breakout resistance atau menguji level support terlebih dahulu.
  2. JIKA teman-teman sudah memiliki posisi di saham BUMI dan belum mau sell dulu atau cut profit dulu, teman-teman bisa HOLD akan tetapi jika harga breakdown dari level support 376 – 394, teman-teman direkomendasikan untuk SELL untuk take profit mengamankan profit atau cut loss untuk mengurangi resiko loss lebih banyak lagi. Hal ini karena jika breakdown harga bisa bergerak lebih rendah lagi, yakni ke level 320-an.

JADI… apakah saham BUMI akan mulai mengudara atau justru malah membumi? mari kita lihat beberapa hari ke depan dimana market akan memberikan clue-nya buat kita.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Disclaimer ON. Pergunakan money management denganĀ baik dan bijak. TIDAK menginvestasikan seluruh modal teman-teman digunakan untuk masuk ke dalam satu saham.

Selamat berweekend ria bersama keluarga… šŸ™‚

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *