Stock of the week

Saham SRIL Sangat Menguat Bergeraknya. Apakah Masih Menguat Minggu Depan?

Semangat pagiiiiiii di weekend yang indah ini teman-teman 🙂

Menanggapi permintaan dari teman-teman melalui pooling di channel telegram kami, maka stock of the week minggu ini jatuh kepada saham SRIL. Oleh karena itu kami akan melakukan analisa detail dari sisi technical-nya terhadap saham SRIL dimana nantinya kami akan memberikan prediksi, next action, dan rekomendasi kami terhadap saham ini.

Kami akan mengulas dan menganalisis dari sisi technical dengan framework seperti berikut:

  1. Trend analysis, dengan tujuan untuk melihat trend dari saham ini kemanakah sebenarnya harga bergerak.
  2. Support and Resistance, Momentum, Volume analysis, dengan tujuan untuk melihat pergerakkan harga yang lebih detial lagi sehingga kita bisa melihat dimanakah titik entry dan titik exit jika kita bermain swing dan follow the trend.
  3. Summary, memasukkan semua analisa kedalam suatu kesimpulan analisa dan menghasilkan action apa yang harus kita ambil

Dari masing-masing analisa kami akan memberikan multi timeframe sehingga kita bisa melihat secara keseluruhan. Sebagai reminder, analisa kami ini hanya berdasarkan pergerakkan harga dan prediksi kedepannya jika memang harga itu sesuai dengan analisa kami. Jika memang ada news atau sentiment lain itu hanyalah sebuah katalis yang bisa menyebabkan saham itu bergerak naik atau turun.

Review Pergerakkan Saham SRIL Minggu Ini

Di minggu ini saham SRIL bergerak sangat menguat yang disertai beberapa koreksi kecil. Secara keseluruhan minggu ini saham SRIL bergerak sangat menguat. Hal ini juga terlihat pada weekly chart dimana minggu ini terbentuk bullish tinggi.

Pergerakkan menguat dimulai pada hari Senin dimana pergerakkannya sangat tinggi (15.2%). Kemudian setelah itu, Selasa dan Rabu terjadi koreksi kecil, kemudian pada hari Kamis dilanjutkan penguatan yang tinggi juga (9.7%). Akhirnya pada hari Jumat diakhir dengan high wave candlestick.

Bagaimana dengan pergerakkan harga saham SRIL di minggu depan? kami akan ulas lebih mendalam dari sisi technicalnya. Mari kita lihat mulai dari trend weekly.

Weekly Trend Saham SRIL

Terlihat saham SRIL masih bergerak naik setelah harga menembus dua high pentingnya dan menembus trendline menurunnya. Dengan kata lain, dari timeframe weekly harga baru saja mengkonfirmasi perubahan trend dari saham SRIL ini.

Mari kita lihat trend dari timeframe daily untuk melihat secara detailnya.

Daily Trend Saham SRIL

Dari timeframe daily, ternyata harga masih bergerak menguat dengan trend up juga. Sehingga untuk beberapa hari dan minggu ke depan kami melihat pergerakkan trend masih menguat. Nanti kita bisa melihat lebih detail lagi setelah kita tambahkan Support and Resistance, Volume, dan Momentum untuk melihat pergerakkan saat ini dan prediksi ke depannya yang lebih detial.

Dari kedua timeframe terlihat masih up untuk keduanya sehinggan kita bisa lebih percaya diri untuk masuk. Akan tetapi bukan untuk langsung masuk, karena kita harus melihat timing dan sinyal untuk masuknya.

Mari kita melihat dari sisi Support/Resistance, Volume, dan Momentum dari timeframe weekly ke daily apakah kita sudah bisa langsung masuk atau harus menunggu terlebih dahulu.

Support/Resistance, Volume, dan Momentum Weekly Saham SRIL

Setelah kami gambarkan support dan resistance kuat (kami disini hanya memberikan gambar gambar support/resistance kuat saja dimana yang dikonfirmasikan oleh indikator stochastic) di , terlihat harga ternyata baru saja lepas dari support kuat dan menuju resistance kuat weekly. Kemudian harga terlihat bereaksi ketika harga menyentuh resistance.

Volume juga sangat tinggi sekali, hal ini mengindikasikan banyak para pelaku yang masuk di saham ini yang menyebabkan harga naik tinggi juga. Jadi bisa dikatakan pergerakkan menguat harga tervalidasi.

Kemudian dari sisi momentum, juga terlihat masih tinggi dimana terlihat pada indikator stochastic yang sudah mencapai 80%. Hal ini bukan artinya semakin melemah, akan tetapi semakin menguat dari sisi momentumnya.

Dari timeframe weekly dapat disimpulkan harga masih sangat kuat bergerak dan bisa terlihat bahwa harga siap-siap untuk menembus resistance. Untuk memastikannya lagi kita harus menganalisa lebih mendetail terutama dari sisi timeframe daily.

Support/Resistance, Volume, dan Momentum Daily Saham SRIL

Dari timeframe SRIL terlihat saat ini harga berada di resistance kuat weekly dan harga bereaksi membentuk high wave candle dengan volume sangat tinggi diatas rata-rata 20 hariannya. Hal ini mengindikasikan:

  1. Pergerakkan naik tajam di timeframe daily sudah berakhir momentum up-nya. Ini yang sudah pasti dari yang kita baca.
  2. Adanya potensi harga akan memantul dari resistance dan bergerak menuju area support kuat di timeframe daily. (nomor 2 pada chart dibawah)
  3. Adanya potensi harga bergerak sideways di sekitar resistance sebelum meneruskan trend naiknya. (nomor 1 pada chart dibawah)

Indikasi yang kami sebutkan itu bukan suatu patokan, akan tetapi hanya sebuah kemungkinan. Walaupun begitu yang sudah pasti terbaca adalah kenaikkan harga yang tajam sudah mulai terhenti.

Dari volume terlihat harga membentuk pola candlestick high wave candle dengan volume yang sangat tinggi, dimana hal ini memperlihatkan kepada kita bahwa ada seller dan buyer dalam jumlah yang sama dan tidak menyetujui harga bergerak naik lebih tinggi lagi untuk menembus resistance weekly kuat. pada beberapa hari kedepan pihak buyer tidak begitu banyak, biasanya harga akan terkoreksi sedikit menuju supportnya.

Dari momentum harga sepertinya juga sudah terlihat momentum untuk naik keatas juga sudah mulai berkurang, dimana hal ini terlihat dari indikator stochastic yang sudah mulai cross yang artinya mengkonfirmasikan bahwa high wave candle yang terbentuk sebagai konfirmasi bahwa itu adalah resistance kuat.

Bagaiman kesimpulan dari seluruh analisa dari timeframe weekly ke daily? mari kita summary dari pergerakkan hasil yang kita dapatkan terlebih dahulu.

Summary Dan Next Action Saham SRIL Minggu Depan

Bagaimana kesimpulan analisa saham SRIL dan apa yang harus kita lakukan? sebelum kami menyimpulkan analisa dan memberikan rekomendasi lebih lanjut mari kita summarize dari seluruh analisa kami:

  • Trend
    1. Trend Weekly, UP
    2. Trend Daily, UP
  • Harga terhadap Support dan Resistance, Volume, dan Momentum
    1. Di Timeframe weekly dan daily, harga saat ini sedang menyentuh level resistance kuat di 416, yang kemudian terlihat di timeframe daily harga bereaksi membentuk pola candlestick high wave. Resistance kuat ini yang menjadikan control point dimana harga bisa saja menguat kembali jika harga benar-benar menembus level 416 ini atau harga memantul untuk melakukan konsolidasi atau koreksi agak dalam.
    2. Volume terlihat sangat tinggi baik di timeframe weekly maupun daily. Pada timeframe weekly volume mengkonfirmasikan bahwa harga memang benar-benar bergerak naik dan mengkonfirmasikan pergantian trendnya menjadi UP. Kemudian jika dilihat pada candlestick terakhir pada timeframe daily, terlihat volume sangat besar untuk harga membentuk pola high wave candlestick; hal ini mengkonfirmasikan bahwa pergerakkan naik sedang terhenti dan harga hendak bergerak sideways atau akan koreksi menuju area supportnya.
      Potensi harga koreksi di timeframe daily akan memiliki impact ke timeframe weekly dimana harga diperkirakan akan melakukan test atau ujicoba terhadap support yang tadinya resistance dan ditembus oleh harga sebelumnya.
    3. Momentum pada timeframe daily terlihat bahwa momentum penguatan harga sudah mulai berkurang; akan tetapi untuk timeframe weekly masih ada. Sehingga kami mengesimpulkan untuk jangka pendek momentum sudah mulai berkurang akan tetapi momentum jangka panjang masih bisa berjalan dan walaupun harga mengalami koreksi, koreksinya hanya akan sebatas support di level 320 – 326.

Dari keseluruhan, intinya untuk jangka pendek kami melihat ada sedikit pelemahan pergerakkan harga bahkan harga mungkin akan mengelami koreksi. Walaupun begitu juga jika ada katalis yang berupa good news maka bisa saja harga akan menguat kembali secara mendadak. Anggap saja good news belum ada maka harga akan mengalami masa koreksi.

Secara jangka panjang, kami melihat harga akan melakukan testing support yang telah di tembusnya sebelum akhirnya akan bergerak naik kembali.

Kami melihat ini adalah suatu peluang dimana kita bisa masuk kembali atau menambah posisi untuk jangka panjang ketika harga mengalami koreksi.

Rekomendasi untuk teman-teman terhadap saham ini:

  1. Bagi teman-teman yang belum memiliki saham ini, tunggu harga mengenai support atau menembus resistance dengan volume tinggi. Untuk saat ini watch and see dulu.
  2. Bagi teman-teman yang sudah memiliki saham ini dengan tujuan investasi:
    1. Jangka pendek, maka teman-teman bisa sell dulu, kemudian ambil lagi ketika harga di support atau menembus resistance kuat dengan volume tinggi.
    2. Jangka pajang, maka teman-teman bisa hold. dan bisa menambah posisi lagi ketika harga di support atau menembus resistance kuat dengan volume tinggi.
    3. Scalper atau tape reading trading, maka teman-teman bisa sell jika beberapa hari kedepan (dimulai senin), harga melebihi 1 tick dibawah low dari candle jumat kemarin. Kemudian teman-teman bisa buy lagi jika beberapa hari kedepan, harga menembus (harga ditutup di atas high candlestick high wave yang terbentuk di hari Jumat) diatas high candlestick Jumat kemarin dengan volume tinggi. Lihat pada chart dibawah.

Demikian ulasan dan rekomendasi yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel dan pendapat kami ini bisa berguna bagi teman-teman terutama bagi analisa mingguan teman-teman bagi memang yang sedang mengincar, sudah memiliki, atau review saham SRIL di weekend ini. 😀

Sekali lagi, pendapat dan rekomendasi kami bukan paksaan untuk teman-teman melakukan aksi karena pendapat dan rekomendasi kami hanyalah pendapat kami guna keperluan edukasi. Keputusan akhir tetap berada di teman-teman. Disclaimer ON.

Pastikan teman-teman melakukan pembelian dengan money management yang baik dan benar.

Have a nice weekend with your family teman-teman… 😀

Previous ArticleNext Article

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *