Stock of the week

Saham SRIL: Menjahit Profit Atau Menggunting Untung?

Semangat paggggiiiiii di sore hari teman-teman 🙂

Kali ini kami akan membahas lagi saham SRIL sebagai saham of the week dimana pilihan saham ini berdasarkan hasil polling pada channel telegram kami (http://t.me/TemanTrader) pada hari Jumat-Sabtu kemarin. Pastikan teman-teman bisa ikut juga di dalam polling ini setiap minggunya.

Sebenarnya kami sudah pernah membahas dan menganalisa detial saham ini di awal Maret 2017 ini, analisa stockpick of the week kali ini kami anggap sebagai lanjutan dari analisa kami sebelumnya.

Seperti biasan didalam pembahasan dan analisa detail dari saham ini, pada akhirnya kami akan memberikan pandangan kami, prediksi dan rekomendasi yang bisa teman-teman lakukan seminggu ke depan untuk saham ini.

Kami akan mengulas dan menganalisis dari sisi technical dengan framework seperti berikut:

  1. Trend analysis, dengan tujuan untuk melihat trend dari saham ini kemanakah sebenarnya harga bergerak.
  2. Support and Resistance, Momentum, Volume analysis, dengan tujuan untuk melihat pergerakkan harga yang lebih detial lagi sehingga kita bisa melihat dimanakah titik entry dan titik exit jika kita bermain swing dan follow the trend.
  3. Summary, memasukkan semua analisa kedalam suatu kesimpulan analisa dan menghasilkan action apa yang harus kita ambil

Dari masing-masing analisa kami akan memberikan multi timeframe sehingga kita bisa melihat secara keseluruhan. Sebagai reminder, analisa kami ini hanya berdasarkan pergerakkan harga dan prediksi kedepannya jika memang harga itu sesuai dengan analisa kami. Jika memang ada news atau sentiment lain itu hanyalah sebuah katalis yang bisa menyebabkan saham itu bergerak naik atau turun.

Review Pergerakkan Saham SRIL Minggu Ini

Di awal minggu ini, saham SRIL bergerak stagnan, akan tetapi mulai hari Rabu kemarin, harga mulai bergerak merambat naik dan pada akhirnya harga bergerak cukup tinggi dengan volume yang cukup tinggi juga. Jika dilihat dari timeframe weekly, terlihat harga bererak menguat setelah sebelumnya melemah cukup dalam; dimana pergerakkan ini pada akhirnya membentuk pola candlestick piercing line.

Sebagai bocoran, kami akan memberikan rekomendasi speculative buy pada hari Senin besok. Mengapa speculative, karena kami melihat ada dua kemungkinan yang akan terjadi dimana harga akan bergerak langsung naik menuju resistance berikutnya, atau bahkan harga akan “bermain-main” di level support dan membentuk area konsolidasi terlebih dahulu sebelum bergerk menuju target. Kita akan dalami pergerakkan dan prediksinya pada bagian selanjutnya.

Sebagai ulasan dari artikel dan pembahasan analisa saham SRIL kami sebelumnya pada awal Maret 2017 ini, harga ternyata memang bergerak naik terus menuju level resistance weekly yang telah kami tentukan sebelumnya dan bergerak kembali ke support yang kami telah prediksi sebelumnya. Mari kita ikuti ulasan dan analisa detail kami untuk saham SRIL seminggu ke depan.

Weekly Trend Saham SRIL

Saham SRIL terlihat sat ini masih bergerak masih didalam trend naik walaupun seminggu sebelumnya harga melemah dengan sangat cepat dan volume cukup tinggi.

OK, dari timeframe weekly sudah cukup jelas bahwa harga masih membentuk trend menguat dan saat ini harga berusahan untuk membentuk higher low atau low baru yang posisinya diatas dari low sebelumnya.

Mari kita lihat lebih detail pergerakkan timeframe daily

Daily Trend Saham SRIL

Di dalam daily trend, harga terlihat masih berusahan untuk rebound dari pergerakkan melemahnya. Saat ini bisa dikatakan harga sedang ada proses “pengereman” dari pelemehan harga yang cukup dalam; dan harga ada potensi membentuk area konsolidasi. Jadi untuk saat ini kami melihat trend untuk timeframe adalah sideways atau hendak membuat area konsolidasi.

OK. kita sudah melihat pergerakkan trend yang terlihat masih ada potensi untuk bergerak naik keatas lagi dari sisi weekly trend, dan dari sisi daily ada indikasi harga akan membentuk area konsolidasi jika dilihat dari pergerakkan harganya.

Mari kita lihat lebih dalam lagi untuk SnR, Volume, dan momentum dari pergerakkan harganya dari timeframe weekly ke daily.

Support/Resistance, Volume, dan Momentum Weekly Saham SRIL

Setelah kami menambahkan dan identifikasi support dan resistance dari saham SRIL ini, terlihat saat ini harga memantul dari support weekly dan menolah menembus support yang kami berhasil identifikasi. harga membentuk pola candlestick piercing line.

Bagaimana dengan momentumnya? kami melihat momentum pergerakkan harga ini pada indikator stochastics dan volume. Dari stochastics terlihat momentum masih cukup kuat untuk pegerakkan melemahnya harga. Lalu apakah artinya ini harga masih melemah? belum tentu.

Kenapa belum tentu, karena kami melihat harga sudah mulai memberikan indikasi untuk berbalik dengan membentuk pola candlestick piercing line dengan volume yang tinggi pada candlestick bullishnya melebihi volume pada candlestick bearishnya. Kemudian jika memang harga hendak bergerak naik, maka harga akan melakukan pergerakkan sideways untuk beberapa minggu kedepan sebelum benar-benar akan bergerak menguat kembali.

Untuk momentum trend masih keatas yang ditunjukkan oleh indikator MACD dimana garis MA masih terjadi golden cross. Sehingga kami masih melihat trend pergerakkan harga masih positif.

Mari kita lihat potensi pergerakkan harga untuk beberapa minggu ke depan. Kami melihat ada tiga kemungkinan harga akan bergerak di beberapa minggu ke depan, yakni:

  1. Harga bergerak langsung menuju resistance berikutnya di level 416 lalu memantul.
  2. Harga bergerak langsung menuju resistance berikutnya di level 416 dan tembus menuju resistance berikutnya di level 496 lalu memantul.
  3. Harga bergerak tidak bisa menguat lalu harga langsung melemah menuju level 282 dan membentuk area konsolidasi di sekitar level 282 – 326.

Dari ketiga kemungkinan tersebut kami masih cukup yakin, walaupun harga akan bergerak sideways, harga akan membentuk high dari area sidewaysnya berada di level 416, lalu harga akan membentuk area konsolidasi antara 326 dan 416. Kami cukup yakin karena usaha untuk mendorong harga menguat yang melawan dari momentum pelemahan harga cukup tinggi; hal ini bisa dilihat pada volume yang terjadi di minggu ini.

Prediksi ini menurut apa yang kami lihat, bisa saja market berpendapat beda. Mari kita lihat pergerakkan di beberapa minggu kedepan untuk melihat kepastiannya.

Setelah kita melihat pergerakkan harga di timeframe weekly, mari kita lihat pergerakkan harga di timeframe daily.

Support/Resistance, Volume, dan Momentum Daily Saham SRIL

Dari timeframe daily terlihat support dan resistance tidak begitu jauh berbeda dengan timeframe weekly. Kami telah mengidentifikasikan timeframe daily, dan ternyata pada timeframe daily menekankan pentingnya support yang saat ini harga memantul dimana ini adalah Support sangat kuat dan sebagai control point.

Jika memang harga tersebut memantul dari area support tersebut, maka harga akan cenderung bergerak menguat terus, kemudian jika harga menembus support kuat dan tebal ini, maka harga akan bergerak makin lemah dan ada kemungkinan untuk berganti trend.

Dari sisi momentum yang terlihat dari indikator stochastic, terlihat harga bergerak naik dan dikonfirmasikan oleh indikator stochastic yang beranjak menguat dan menuju area Overbought. Hal ini mengindikasikan harga masih memiliki momentum harga naik.

Walaupun begitu juga, MACD terlihat masih bergerak kebawah (mulai menyempit dan bersiap untuk cross) dan masih dalam posisi death cross. Hal ini mengindikasikan bahwa momentum trend pergerakkan harga masih kebawah; akan tetapi garis MA di MACD sudah mulai menyempit.

Jika kita melihat dari dari pergerakkan indikator MACD dan stochastic, memberikan indikasi bahwa momentum harga bergerak masih menguat akan tetapi kita harus expect atau mengharapkan juga adanya pergerakkan sideways atau konsolidasi sebelum akhirnya benar menguat.

Pergerakkan harga terlihat ada empat kemungkinan harga akan bergerak, yakni:

  1. Harga akan bergerak sideways terlebih dahulu sebelum pada akhirnya akan bergerak menuju resistance kuat level 416.
  2. Harga akan bergerak langsung menuju level 416 lalu memantul.
  3. Harga akan bergerak langsung menuju level 416, lalu tembus menuju level 496 yang kemudian akan memantul.
  4. Harga tidak kuat bergerak menguat dan harga kembali ke area support kuat (level 282 – 326) untuk berkonsolidasi.

Dari indikasi yang kami dapatkan kami berpendapat bahwa dari keempat kemungkinan yang terjadi maka hal yang paling mungkin adalah nomor 2 dan 3. Ini terlihat dari volume yang terbentuk untuk mendorong harga untuk bergerak menguat cukup kuat, sehingga jika memang menguat, tujuan yang paling memungkinkan adalah resistance kuat terdekat yakni di 416.

Bagaiman kesimpulan dari seluruh analisa dari timeframe weekly ke daily? mari kita summary dari pergerakkan hasil yang kita dapatkan terlebih dahulu.

Summary Dan Next Action Saham SRIL Minggu Depan

Bagaimana kesimpulan analisa saham SRIL dan apa yang harus kita lakukan? sebelum kami menyimpulkan analisa dan memberikan rekomendasi lebih lanjut mari kita summarize dari seluruh analisa kami:

  • Trend
    1. Trend Weekly, UP
    2. Trend Daily, SIDEWAYS
  • Harga terhadap Support dan Resistance, Volume, dan Momentum
    1. Di Timeframe weekly dan daily, harga saat ini sedang berada di level support kuat yakni 326. Harga berusaha untuk meninggalkan level support kuat ini dan menuju level 416 dengan membentuk pola candlestick piercing line di timeframe weekly dengan volume yang cukup tinggi di candlestick bullishnya; kemudian hal ini di konfirmasikan juga oleh volume dan pergerakkan harga di timeframe daily. Dari analisa Support dan Resistance, terlihat harga bergerak menuju Resistance berikutnya di level 416 dari level 326.
    2. Volume terlihat tinggi baik di timeframe weekly maupun daily. Pada timeframe weekly volume mengkonfirmasikan bahwa harga memang akan bergerak naik dan pada timeframe daily, pergerakkan naiknya harga dibarengi dengan beberapa volume yang cukup tinggi juga. Ada dua potensi harga akan bergerak yakni harga bergerak langsung ke resistance level 416 atau harga membentuk area konsolidasi terlebih dahulu diatas level 326 dan pada akhirnya akan bergerak menuju level 416.
    3. Momentum pergerakkan harga sementara (yang ditunjukkan oleh indikator stochastics) pada timeframe weekly terlihat masih turun akan tetapi momentum trend masih naik (yang ditunjukkan oleh indikator MACD). Kemudian momentum pergerakkan harga sementara di timeframe daily terlihat cukup kuat dan momentum trend masih kebawah.

Dari informasi diatas kami melihat bahwa di saham SRIL, harga akan berpotensi bergerak membentuk area sideways, dan jika dilihat sidewaysnya akan berpotensi di level 326 sampai dengan level 416. Walaupun begitu juga, secara jangka panjang, kami melihat harga masih trending UP.

Rekomendasi kami untuk teman – teman trader untuk saat ini:

  1. Bagi teman-teman yang belum memiliki saham ini, sudah bisa masuk ke dalam pasar hanya saja diperhatikan tingkat resikonya karena pergerakkan saham SRIL ini cukup volatile. Ini berlaku bagi yang teman-teman baik yang memiliki trading style swing/jangka pendek dan scalper/intraday trader.
  2. Bagi teman-teman yang sudah memiliki saham ini dengan tujuan investasi:
    1. Jangka pendek, maka teman-teman bisa hold dulu, dan sell di level 416. Semuanya tergantung dengan response harga terhada resistance-resistance tersebut. Atau teman-teman bisa sell jika terlihat harga tidak mampu lagi untuk menguat mencapai level 416. Ketika mampuan ini bisa dilihat dari pergerakkan harga dan volume yang kemudian dikonfirmasi oleh stochastic timeframe daily.
    2. Jangka panjang, maka teman-teman bisa bisa mengikut strategy dari tipe jangka pendek, sambil melihat prospek pergerakkan harga terutama setelah harga menembus level 416 untuk melanjutkan trending up, atau level 282 jika memang pada akhirnya harga akan bergerak semakin melemah dan trendnya berubah.
    3. Scalper atau tape reading trading, maka teman-teman bisa beli dan sell dalam waktu singkat sesuai dengan selera dengan range yang diperhatikan di antara area 326 sampai dengan level 416. Usahakan ambil di posisi scalping pada saat diasumsikan bergerak menuju level 326 ke level 416.

Demikian ulasan dan rekomendasi yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel dan pendapat kami ini bisa berguna bagi teman-teman terutama bagi analisa mingguan teman-teman bagi memang yang sedang mengincar, sudah memiliki, atau review saham SRIL di weekend ini. 😀

Sekali lagi, pendapat dan rekomendasi kami bukan paksaan untuk teman-teman melakukan aksi karena pendapat dan rekomendasi kami hanyalah pendapat kami guna keperluan edukasi. Keputusan akhir tetap berada di teman-teman. Disclaimer ON.

Pastikan teman-teman melakukan pembelian dengan money management yang baik dan benar.

Have a nice weekend with your family teman-teman… 😀

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *