Stock of the week

Setelah Stock Split, Hendak Kemanakah PPRO Bergerak? Simak Ulasan Kami Dari Technical Analysis Point of View…

Semangat pagiiiiii teman-teman trader ūüėÄ

Walaupun sudah sore, tetapi tetap semangat pagi yaaaa ūüôā

OK. Untuk menindaklanjuti permintaan teman-teman berdasarkan hasil pooling kami di channel temantrader, kali ini kami akan mengulasi saham PPRO saat ini yang terjadi dan prediksi kira-kira kemanakah saham ini akan bergerak minggu depan.

Berikut adalah framework dari analisa kami yang dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Trend analysis, dengan tujuan untuk melihat trend dari saham ini kemanakah sebenarnya harga bergerak.
  2. Support and Resistance, Momentum, Volume analysis, dengan tujuan untuk melihat pergerakkan harga yang lebih detial lagi sehingga kita bisa melihat dimanakah titik entry dan titik exit jika kita bermain swing dan follow the trend.
  3. Summary, memasukkan semua analisa kedalam suatu kesimpulan analisa dan menghasilkan action apa yang harus kita ambil

Dari masing-masing analisa kami akan memberikan multi timeframe sehingga kita bisa melihat secara keseluruhan. Sebagai reminder, analisa kami ini hanya berdasarkan pergerakkan harga dan prediksi kedepannya jika memang harga itu sesuai dengan analisa kami. Jika memang ada news atau sentiment lain itu hanyalah sebuah katalis yang bisa menyebabkan saham itu bergerak naik atau turun.

Review Pergerakkan Saham PPRO Minggu Ini

Saham PPRO minggu ini setelah terjadinya stocksplit ternyata harga bergerak melemah terlebih dahulu, kemudian menguat dimana dibarengi oleh volume yang cukup kuat, dan saat ini harga berada di resistance kuat daily.

Dari pergerakkan ini terlihat harga tidak langsung eksplosif bergerak naik akan tetapi bergerak melemah sebentar kemudian bergerak naik tinggi. Hal ini kami lihat industri PROPERTY yang dimana saham PPRO berada didalamnya, minggu ini juga bergerak tidak begitu bagus karena bergerak melemah. Sehingga pergerakkan harga saham PPRO juga sedikit terimpact.

OK. Mari kita lihat dari sisi teknikal yang diawal dengan trend dari saham PPRO ini.

Trend Weekly Saham PPRO

Kami melihat trend weekly dari timeframe yang lebih besar yaknik timeframe weekly atau mingguan. Kami sengaja mengulas ini karena kami ingin melihat dari big picture dari pegerakkan harga saham PPRO itu sendiri.

Dari timeframe weekly terlihat saham PPRO sebenarnya tadinya bergerak menguat, hanya saja saat ini berada di fase sideways atau di masa konsolidasi.

Mari kita lihat di timeframe yang lebih rendah yakni timeframe daily untuk melihat apakah ada trend mulai menguat atau justru sama saja dengan timeframe weekly.

Timeframe Daily Saham PPRO

Di timeframe daily terilhat saham PPRO bergerak naik. Hal ini menginformasikan kepada kita, walaupun pada timeframe weekly harga terlihat bergerak sideways, ternyata di timeframe daily ada pergerakkan menguat dan ini mengindikasikan bahwa adanya pergerakkan harga yang cukup tinggi untuk membentuk high baru di timeframe weekly.

Trend yang kita lihat pada timeframe weekly patut dijadikan guidance karena level kekuatan trend itu sendiri yang paling kuat adalah pada timeframe yang lebih besar yakni, weekly. Timeframe daily hanyalah sebuah indikasi jika ada mulainya pergerakkan harga yang tinggi dimana bisa saja membentuk high baru di timeframe weekly.

Oleh karena itu multi timeframe harus selalu dilihat untuk mendapatkan insight yang menyeluruh dan detail. Setelah melihat dari sisi trend mari kita melihat dari sisin Support dan Resistance, Volume, dan Momentum dari masing-masing timeframe.

SnR, Volume, dan Momentum Timeframe Weekly

Untuk melihat Support dan Resistance kami menarik garis-garis horizontal yang bisa dijadikan panduan dimanakah harga itu biasanya stop atau indikasi harga itu akan melanjutkan (jika tembus); kemudian kami menambahkan indikator volume dan stochastics untuk melihat volume transaksi harian yang dilihat juga pergerakkan rata-rata 20 hariannya/mingguannya, dan stochastics untuk mengkonfirmasikan support resistance kuat dan momentum kecenderungan harga bergerak menguat atau melemah.

 

Terlihat saat ini harga berada dibawah resistance kuat weekly dan bergerak sideways membentuk triangle pattern. Kemudian harga sedang mencoba untuk bergerak menembus triangle pattern dengan volume yang meningkat akan tetapi BELUM menembus rata-rata 20 mingguannya; ini mengindikasikan ada usaha harga menembus triangle pattern dari harga hanya saja “effort” atau usahanya masih belum terlalu besar.

Kemudian dari sisi stochastics terlihat juga ada usaha harga untuk bergerak menguat menembus triangle pattern yang terbentuk.

Ini tentu saja berita baik buat para trader dan menurut kami ini adalah timing yang tepat untuk masuk di timeframe weekly. Kapan kita masuknya? kami akan jabarkan lagi di analisa timeframe daily. Yang jelas terlihat di timeframe weekly, Upaya untuk meninggalkan area resistance kuat sudah ada.

SnR, Volume, dan Momentum Timeframe Daily

Mari kita detailkan support resistance, volume dan momentum di timeframe daily.

Terilihat harga kemarin Kamis (16 Februari 2017) menembus area resistance minor dan resistance triangle pattern dengan volume tinggi, akan tetapi pada hari Jumat (17 Februari 2017) harga gagal menembus resistance kuat daily dan harga bearish dengan volume diatas rata-rata 20 hariannya akan tetapi jauh lebih rendah dibandingkan dengan volume transaksi hari Kamis. Yang bisa kita ambil kesimpulan disini adalah tekanan seller masih tinggi sehingga harga belum bisa terangkat naik. Kami melihat hal ini cukup positif walaupun harga ada pelemahan hari Jumat kemarin.

Kami melihat harga akan bergerak melemah untuk beberapa hari ke depan untuk menguji support dan akan memiliki probabilitas cukup tinggi untuk berbalik menguat. menembus resistance-resistance kuat diatasnya.

Dari trend volume, terlihat volume transaksi dari hari ke hari mulai terlihat bergerak naik yang mengindikasikan pergerakkan harga sudah mulai volatile dan mulai banyak diperdagangkan.

Dari sisi momentum masih cukup lemah karena bergerak sideways juga, akan tetapi ada indikasi harga memulai pergerakkan menguatnya.

Sebagai control point utama, kami melihat ada di resistance 373. Jika harga berhasil menembus level 373, maka harga akan bisa bergerak lebih tinggi lagi; akan tetapi jika gagal menembus level 373, harga ada kemungkinan akan membentuk area sideways kembali.

Sebagai reminder, definisi tembus kami adalah ketika harga benar-benar close pada penutupan pasar diatas resistance atau dibawah support sesuai dengan timeframenya masing-masing.

Contoh, ketika harga menembus control point resistance level 373, maka kemungkinan harga akan bergerak menuju level 400 Р430 sebagai level tujuannya.

Summary Dan Next Action Saham PPRO Minggu Depan

Apa yang harus kita lakukan untuk saham PPRO? sebelum kami memberikan rekomendasi lebih lanjut mari kita summarize dari seluruh analisa kami:

  • Trend
    1. Trend Weekly, SIDEWAYS
    2. Trend Daily, UP
  • Harga terhadap Support dan Resistance, Volume, dan Momentum
    1. Di Timeframe daily, harga saat ini sedang bergerak melemah dan menembus resistance minor di level 333 dan tertahan di resistance kuat di level 348. Terdapat beberapa control point penting yakni pada level 373 jika harga tembus level 373 maka ada potensi harga bergerak ke 400 Р430 sebagai level tujuan yang paling realistis; kemudian jika gagal tembus, maka ada potensi harga akan melanjutkan pergerakkan sidewaysnya.
    2. Volume mengkonfirmasikan bahwa harga sedang trending DOWN di timeframe weekly akan tetapi di timeframe daily sudah naik karena sudah ada beberapa spike volume yang bergerak naik diatas rata-rata 20 hariannya. Melalui indikator volume ini, mengindikasikan mulai banyaknya saham ini diperdagangkan dan jika digabungkan dengan harga maka ada potensi harga akan bergerak naik.
    3. Momentum pada timeframe weekly mulai menunjukkan penguatan, dan begitu juga pada pada timeframe daily.

Dari semua data-data tersebut diatas terlihat harga mulai bergerak naik dan mulai menembus triangle pattern dengan volume transaksi yang mulai meningkat. Oleh karena itu kami melihat pergerakkan harga ini adalah sebuah kesempatan bagi kita untuk bisa masuk ke dalam market untuk mengikuti kelanjutan pergerakkan menguat dari saham PPRO ini.

Oleh karena itu kami memberikan rekomendasi Buy pada hari Jumat (17 Februari 2017) lalu dengan kategori speculative buy. Mengapa kami mengkategorikan speculative buy? karena pada hari Kamis, harga baru menembus resistance daily minor dan sudah menembus resistance dari triangle pattern dengan volume sangat tinggi, belum menembus resistance daily kuat apalagi resistance weekly kuat. Jika harga sudah menembus resistance daily dan weekly kuat dengan volume tinggi, teman teman baru bisa beli dengan lebih percaya diri lagi karena harga memastikan akan bergerak naik lebih tinggi lagi.

Rekomendasi kami bagi teman-teman yang belum memiliki saham ini, ini adalah waktu yang tepat untuk masuk ke pasar membeli saham PPRO dengan level cut loss yang kami sampaikan sebelumnya, yakni level 314 (jika harga ditutup dibawah level 314). Sebagai awalnya investasikan uang teman-teman dengan lot yang kecil dahulu untuk test market dan meminimalisir resiko. Jika harga breakout atau menembus resistance daily kuat, maka teman-teman bisa menambahkan pelan-pelan investasi teman-teman.

Kemudian rekomendasi kami bagi teman-teman yang sudah memiliki saham ini sebelum-sebelumnya, mungkin bisa menunggu dulu harga menembus resistance daily kuat, untuk saat ini harga memang sedang koreksi untuk menguji support daily minor yang baru saja ditembusnya. Jika memang pada awal-awal minggu depan menembus resistance daily kuat, maka teman-teman baru bisa menambah posisi.

Demikian ulasan dan rekomendasi yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel dan pendapat kami ini bisa berguna bagi teman-teman terutama bagi analisa mingguan teman-teman bagi memang yang sedang mengincar, sudah memiliki, atau review saham PPRO di weekend yang indah ini.

Sekali lagi, pendapat dan rekomendasi kami bukan paksaan untuk teman-teman melakukan aksi karena pendapat dan rekomendasi kami hanyalah pendapat kami guna keperluan edukasi. Keputusan akhir tetap berada di teman-teman. Disclaimer ON.

Pastikan teman-teman melakukan pembelian dengan money management yang baik dan benar.

Have a nice weekend with your family teman-teman‚Ķ 🙂

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *