Stock of the week

Mau Kemanakah Saham BUMI Bergerak Minggu Depan?

Semangat paggiiiiii teman-teman trader…

Pertama-tama kami ucapkan selamat menikmati weekend teman-teman dengan keluarga di weekend yang indah ini.

Berdasarkan hasil survey kecil-kecilan kami di channel telegram temantrader untuk ulasan saham mingguan kami, kami kali ini akan melihat dan menganalisa lebih detail atas saham BUMI untuk melihat prediksi pergerakkan saham ini minggu depan secara teknikal/price action.

Seperti biasa, kami akan mengulas dengan framework:

  1. Trend analysis, dengan tujuan untuk melihat trend dari saham ini kemanakah sebenarnya harga bergerak.
  2. Support and Resistance, Momentum, Volume analysis, dengan tujuan untuk melihat pergerakkan harga yang lebih detial lagi sehingga kita bisa melihat dimanakah titik entry dan titik exit jika kita bermain swing dan follow the trend.
  3. Summary, memasukkan semua analisa kedalam suatu kesimpulan analisa dan menghasilkan action apa yang harus kita ambil

Dari masing-masing analisa kami akan memberikan multi timeframe sehingga kita bisa melihat secara keseluruhan. Sebagai reminder, analisa kami ini hanya berdasarkan pergerakkan harga dan prediksi kedepannya jika memang harga itu sesuai dengan analisa kami.

Review Pergerakkan Saham BUMI Minggu Ini

Setelah disetujuinya RUPSLB BUMI atas rencana penerbitan saham rights guna keperluan restrukturisasi hutang pada tanggal 7 Februari lalu, sebelumnya diprediksi harga akan bergerak naik, akan tetapi setelah diumukannya hasil dari RUPSLB ini, harga justru bergerak melemah dan membentuk low baru.

Pergerakkan harga ternyata seakan-akan tidak “menyetujui” dari berita yang dikatakan oleh para trader pada umumnya adalah berita baik. Justru harga bergerak melemah dan menembus beberapa support-support kuat atau weekly.

Hal ini sebenarnya sudah kami antisipasi terjadinya pelemaha, ketika kami memberikan rekomendasi untuk sell ketika level proteksi sudah terlampaui, yakni ketika harga pada tanggal 7 Februari close dibawah level 470. Yang sangat menarik disini adalah, ketika harga tidak “menyetujui” hasil RUPLSB BUMI pada tanggal 7 Februari, harga langsung memberikan konfirmasi bahwa harga menembus support yang juga sebagai batas level proteksi yang kami rekomendasikan.

Setelah itu, tanggal 8 Februari lalu, harga langsung bergerak melemah agak kuat, dan pada akhirnya tanggal 9 dan 10 Februari kemarin, harga seperti tertahan untuk bergerak lebih lanjut lagi.

Sebelum kita membahas lebih lanjut atas prediksi kami, mari kita lihat analisa trend dari trend weekly dan daily.

Trend Weekly Saham BUMI

Terlihat pada chart dibawah, saham BUMI masih bergerak menguat, dan memang terlihat dari timeframe weekly saat ini harga sedang membuat low baru atau ada usaha untuk membuat sideways baru. Intinya saham BUMI trendnya masih UP atau menguat.

Terlihat di 2 minggu terkahir, harga sedang bergerak melemah. Oleh karena itu mari kita lihat trend dari timeframe daily atau harian.

Timeframe Daily Saham BUMI

Terlihat pada chart daily, saham BUMi sedang bergerak melemah dan saat ini sudah terbentuk low, high, dan sedang membentuk lower low baru. Dengan kata lain, saham BUMI sedang trending down yang merupakan bagian dari fase koreksi dari trend weekly yang masih bergerak UP atau menguat.

Mari kita lihat pada chart dibawah.

Melemahnya harga pada timeframe daily ini sepertinya tertahan di dua hari terakhir, dimana terbentuk pola candlestick doji dan spinning top. Nanti kita bisa lihat lebih lanjut lagi di analisa kami berdasarkan Support and Resistance (SnR), Momentum, dan Volume.

SnR, Momentum, dan Volume Timeframe Weekly Saham BUMI

Kami menambahkan beberapa indikator (Volume, Stochastics) dan “menggambar” garis Support dan Resistance pada chart BUMI di timeframe weekly.

Terlihat harga saat ini belum mencapai resistance terdekat di 545 akan tetapi harga ternyata bergerak melemah kembali menembus support weekly di 456. Melemahnya harga ini tidak disupport oleh volume, dimana volume masih di rata-rata 20 hariannya. Kemudian terlihat juga adanya area sideways kecil yang merupakan area support minor atau area demand di timeframe weekly ini.

Dari timeframe weekly, kita masih belum bisa melihat jelas apakah harga benar-benar tertahan. Kita akan bisa melihat lebih jelasnya lagi di timeframe daily.

Yang jelas, untuk saat ini bisa disimpulkan dari timeframe weekly, harga saat ini menembus support 456 dan harga sedang melemah dan membentuk sideways area.

SnR, Momentum, dan Volume Timeframe Daily Saham BUMI

Dilihat dari timeframe daily, harga saat ini ternyata melemahnya harga sedang terhalang atau mengalami masa istirahat, hal ini terlihat dari pola candlestick doji dan spinning top, dan ternyata jika dilihat lagi dari sisi SnR, maka harga terhalang di support yang terbentuk dari sideways pada leg swing sebelumnya yang biasa kami sebut juga area demand.

Support area ini kami lihat juga cukup kuat, dan terlihat harga terhadang oleh area support ini, hal ini terlihat dari harga yang melemah cukup dalam dan tiba-tiba harga berhenti di area support tersebut.

Yang menjadi catatan disini adalah ketika harga di area support kuat ini, volumenya kecil dan melemah. Hal ini mengindikasikan bahwa di level support ini tidak ada buyer yang masuk, para pelaku pasar hanya stop menjual, dan buyer hanya membeli dalam jumlah yang masih tergolong belum siginficant dan cukup untuk mendorong harga naik kembali.

Oleh karena itu kami memberikan rekomendasi buy pada hari Jumat kemarin dengan tipe speculative buy trading dimana potensi untuk naiknya masih ada akan tetapi belum cukup besar dan meyakinkan bahwa harga akan bergerak naik lagi; kemudian stochastic menunjukkan oversold yang menunjukkan bahwa harga saat ini bisa saja yang mengkonfirmasikan support daily kuat saat ini.

Kemarin Jumat harga ternyata bergerak melemah kembali akan tetapi ditutup masih diatas dari level proteksi yang kami rekomendasikan, sehingga kondisi saat ini masih belum terkena level proteksi.

Kepastian untuk bergerak naik ketika control point (level yang kami anggap sangat penting ketika break maka harga akan bergerak sebagai titik balik) bisa ditembus. Control point harga akan bergerak naik adalah level kuat 456 tertembus, kemudian control point harga akan melemah adalah level 424 tertembus.

Sebagai reminder, definisi tembus kami adalah ketika harga benar-benar close pada penutupan pasar diatas resistance atau dibawah support.

Ketika harga menembus control point resistance level 456, maka kemungkinan harga akan bergerak menuju level 500 – 520 sebagai level amannya. Kemudian jika harga menembus level 424 maka harga akan bergerak menuju support kuat di sekitar level 400.

Summary Dan Next Action Saham BUMI Minggu Depan

Apa yang harus kita lakukan untuk saham BUMI? sebelum kami memberikan rekomendasi lebih lanjut mari kita summarize dari seluruh analisa kami:

 

  • Trend
    1. Trend Weekly, UP
    2. Trend Daily, DOWN
  • Harga terhadap Support dan Resistance, Volume, dan Momentum
    1. Timeframe daily harga saat ini sedang bergerak melemah dan menembus support kuat level 456 dan tertahan di support/demand area kuat di level 404 – 436. Terdapat beberapa control point penting yakni jika harga tembus level 456 maka ada potensi harga bergerak ke 500 – 520; kemudian jika harga tembus level 424 maka ada pontensi harga melemah ke area 400.
    2. Volume mengkonfirmasikan bahwa harga sedang trending UP di timeframe weekly yang saat ini sedang membuat low baru/sideways baru; kemudian di timeframe daily, volume mengindikasikan bahwa saat ini belum ada buyer yang mampu mendorong harga untuk bergerak naik di area support kuat.
    3. Momentum pada timeframe weekly masih UP, akan tetapi secara detailnya pada timeframe daily, momentum sedang mencoba untuk bergerak naik.

Dari data-data ini kami melihat saham BUMI masih ada potensi naik, walaupun kita sebagai trader harus tetap waspada terutama pada level proteksi.

Kami telah memberikan rekomendasi buy dengan tipe trading speculative buy pada hari Jumat pagi kemarin, dan bagi teman-teman yang belum memiliki saham BUMI, bisa mencobanya dengan test lot saja (bukan dengan seluruh uang yang kita rencanakan) karena probabilitas harga bergerak menguat masih lebih kecil dibandingkan dengan tipe trading breakout atau buy on weakness. Pastikan teman-teman memiliki money management yang baik.

Bagi teman-teman yang belum memiliki saham ini dan mau masuk juga masih sempat karena masih dalam range buy sesuai dalami rekomendasi kami pada hari jumat kemarin.

Kemudian teman-teman yang sudah memiliki atau mengkoleksi saham ini (terutama yang memegang di harga atas) WAJIB mengkawal harga terutama jika harga menembus level proteksi di 424 dan waktu nya untuk cut loss.

Demikian ulasan dan rekomendasi yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel dan pendapat kami ini bisa berguna bagi teman-teman terutama bagi analisa mingguan teman-teman bagi memang yang sedang mengincar, sudah memiliki, atau review saham BUMI di weekend yang indah ini.

Sekali lagi, pendapat dan rekomendasi kami bukan paksaan untuk teman-teman melakukan aksi karena pendapat dan rekomendasi kami hanyalah pendapat kami guna keperluan edukasi. Keputusan akhir tetap berada di teman-teman. Disclaimer ON.

Pastikan teman-teman melakukan pembelian dengan money management yang baik dan benar.

Have a nice weekend with your family teman-teman… 🙂

 

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *