Stock of the week

Hendak Kemanakah TRAM? Bagaimana Dengan Prediksi Beberapa Hari Kedepan? Ikuti Ulasan Analisis Teknikal Kami…

Semangat pagiiii!!!

Semangat menikmati weekend yang indah ini teman-teman ūüôā

Selagi bersantai di weekend yang indah bersama keluarga, kami berinisiatif untuk memberikan ulasan dan analisa teknikal perspektif kami terhadap saham TRAM. Mengapa saham ini yang dipilih? karena selama ini kami memperhatikan banyak yang memperbincangkan saham TRAM ini bahkan memperdebatkannya diantara para trader di group media sosial.

Mari kita langsung saja menganalisa secara teknikalnya. Framework analisa kami adalah sbb:

  1. Trend analysis, dengan tujuan untuk melihat trend dari saham ini kemanakah sebenarnya harga bergerak.
  2. Support and Resistance, Momentum, Volume analysis, dengan tujuan untuk melihat pergerakkan harga yang lebih detial lagi sehingga kita bisa melihat dimanakah titik entry dan titik exit jika kita bermain swing dan follow the trend.
  3. Summary, memasukkan semua analisa kedalam suatu kesimpulan analisa dan menghasilkan action apa yang harus kita ambil

Dari masing-masing analisa kami akan memberikan multi timeframe sehingga kita bisa melihat secara keseluruhan. Sebagai reminder, analisa kami ini hanya berdasarkan pergerakkan harga dan prediksi kedepannya jika memang harga itu sesuai dengan analisa kami.

Trend Saham TRAM Di Timeframe Weekly

Mari kita mulai menganalisa trend dari saham TRAM ini dimulai dari timeframe mingguan atau weekly. Terlihat saham TRAM telah membuat swing high baru setelah saham ini tertidur hampir selama setahun.

Dari trend weekly terlihat, harga masih bergerak naik dan tidak ada pelemahan trend, dan kebetulan juga saat ini pergerakkan harga masuk ke dalam fase trending (ciri-ciri fase trending terdapat candlestick bullish yang tinggi-tinggi).

Trend Saham TRAM Di Timeframe Daily

Setelah kita ketahui trend pergerakkan saham TRAM di timeframe weekly, mari kita lihat trend di timeframe daily lebih detailnya.

Di timeframe daily terlihat harga juga sedang bergerak trending menguat. Hanya saja sepertinya terlihat ada sedikti perlambabatan karena terdapat pergerakkan melemah sebagai fase koreksi. Ini yang perlu menjadi catatan penting dan berarti hal ini mengindikasikan peluang untuk masuk bagi trader yang belum sempat mengkoleksi saham ini atau yang ingin menambah koleksi saham ini.

Yang perlu digarisbawahi disini adalah baru peluang yah belum timing untuk masuk ke dalam pasar, karena timingnya masih belum ada.

SnR, Momentum, Volume dari Pergerakkan Saham TRAM Di Timeframe Weekly

Dari trend saham TRAM bisa disimpulkan bahwa saham ini masih bergerak naik. Setelah itu kami mencoba untuk menentukan garis-garis Support dan Resistance sebagai terminal dimana harga itu akan singgah, melihat momentum, dan volume transaksi selama harga bergerak.

Mari kita melihat dari timeframe weekly terlebih dahulu.

Kami akan memulai dari penentuan garis-garis support dan resistance. Garis support dan resistance kami tentukan dari kondisi pergerakkan harga setelah dibuka suspensinya dan sebelum suspensinya. Kami menentukan garis-garis support dan resistance yang paling kuat dan penting dimana kami mengambil berdasarkan support dan resistance yang terbentuk dari high atau low yang kemudian dikonfirmasi oleh indikator stochastics. Hal ini terlihat pada chart dibawah.

Terlihat harga baru saja menembus resistance weekly kuatnya yang ternyata juga resistance area konsolidasi atau sidewaysnya. Saat ini harga mencoba untuk menguat dan mencoba untuk bergerak lebih tinggi lagi hanya saja sepertinya terhalang oleh resistance kuatnya di level 250 karena terlihat adanya wick atau buntut yang seolah-olah menolak untuk menembus resistance level 250 ini.

Kemudian kita lihat volume pada saat harga menembus ¬†resistancenya, terlihat terjadi “spike” volume sangat tinggi yang berarti juga memvalidasi penguatan¬†harga menembus resistance area konsolidasi/sideways; dan dari sisi momentum, harga mulai memiliki momentum naik yang tergambar dari indikator stochastic.

SnR, Momentum, Volume dari Pergerakkan Saham TRAM Di Timeframe Daily

Mari kita lihat lebih dalam lagi di timeframe daily.

Selain support dan resistance weekly yang penting, di timeframe darily kami juga memasukkan support and resistance daily yang kuat (warna hijau) dan dikonfirmasikan oleh indikator stochastics.

Terlihat pada akhirnya harga ternyata sedang bergerak melemah untuk melakukan koreksi. Harga memang mencoba untuk breakout atau menembus resistance weekly di 250, hanya saja harga kembali kebawah dengan membentuk pola candlestick shooting star dengan volume tinggi diatas rata-rata 20 hariannya (walaupun masih lebih kecil dibandingkan dengan volume sehari sebelumnya. Ditambah lagi pada hari jumat kemarin ditutup melemah dibawah resistance 250 dimana artinya harga tidak jadi menembus resistance kuat 250, akan tetapi balik lagi atau memantul dari resistance 250 tersebut. Selain itu juga momentum keatas mulai menunjukkan pelemahannya dimana hal ini terlihat dari indikator stochasticnya.

Kami perkirakan pelemahan harga tersebut tidak akan terlalu jauh, karena pada saat harga melemah pada hari jumat kemarin, volume transaksi juga melemahjauh dan kembali ke sekitar rata-rata pergerakkan 20 hariannya dan jauh lebih kecil daripada 3-4 hari volume transaksi sebelumnya.

Kami perkirakan harga akan melakukan pengujian di support kuat area 202 – 214 sebelum pada akhirnya harga akan memantul dan melanjutkan trend keatasnya.

Pada saat harga menguji area support tersebut bisa saja langsung memantul atau bisa saja harga akan membentuk area konsolidasi di support kuat tersebut. Hanya waktu yang bisa menjawab hal ini.

Kemudian ada satu¬†scenario lagi JIKA harga ternyata tidak jadi menguji support kuat di 2014 – 214. Bisa saja jika memang “market maker” langsung menarik harga keatas. Untuk memastikannya kita bisa melihat harga bergerak menembus level resistance 250 kembali dengan volume tinggi dan melanjutkan pergerakkan trendnya.

Summary dan Next Action Untuk Saham TRAM

Dari penjabaran analisa kami diatas bisa di rangkumkan dan disampaikan next action berikutnya yang bisa kita lakukan terhadap saham TRAM ini.

Apa yang kita dapat dari analisa diatas

  1. Trend
    1. Trend Weekly, UP
    2. Trend Daily, UP
  2. Harga terhadap Support dan Resistance, Volume, dan Momentum
    1. Timeframe daily harga saat ini memantul kembali dari level resistance kuat 250 yang termasuk di fase koreksi, dan harga kemungkinan mencoba untuk menguji support kuat 204 – 214 ATAU bahkan harga akan langsung menembus level 250 lagi. Di timeframe weekly, harga juga terhalang di resistance 250.
    2. Volume mengkonfirmasikan bahwa harga sedang trending UP di timeframe weekly, dan volume pada timeframe daily memperlihatkan bahwa harga sedang masuk dalam fase koreksi
    3. Momentum pada timeframe weekly masih UP, akan tetapi secara detailnya pada timeframe daily, momentum naik ada pelemahan dan ada kecenderungan harga masuk ke dalam fase koreksi.

Dari fakta-fakta yang kami lihat ini, ada kecenderungan harga bergerak melemah menuju area support kuat di 202 – 214 ATAU jika memang market maker memaksa harga bergerak lebih kuat lagi, maka harga akan dibawa menembus resistance level 250 lagi dengan volume tinggi. Saat ini kita masih menduga-duga, dan masih belum bisa memastikan.

Yang hanya bisa dipastikan adalah dua level penting sebagai control point yang juga sebagai support dan resistance yakni level 250 dan level area 202 – 214.

Berdasarkan data-data ini, kami melihat adanya sebuah peluang untuk masuk ke market untuk mengkoleksi saham TRAM. Dimanakah peluangnya? inilah yang menjadi next action kita selanjutnya yaitu MENUNGGU harga pada saat:

  1. Menguji support 202 – 214 dimana kita mengejar pantulan harga di support tersebut

    ATAU

  2. Kembali langsung menembus area resistance level 250 tanpa menguji area support 202 – 214.

Jadi kita bisa membeli jika harga menguji level support kuat atau ketika harga menembus kembali resistance kuat. Untuk saat ini jangan melakukan action apa-apa kecuali WAIT and SEE.

Demikian ulasan dan rekomendasi yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel dan pendapat kami ini bisa berguna bagi teman-teman terutama bagi analisa mingguan teman-teman bagi memang yang sedang mengincar atau review saham TRAM di weekend yang indah ini.

Sekali lagi, pendapat dan rekomendasi kami bukan paksaan untuk teman-teman melakukan aksi karena pendapat dan rekomendasi kami hanyalah pendapat kami guna keperluan edukasi. Keputusan akhir tetap berada di teman-teman.

Have a nice weekend with your family teman-teman… ūüôā

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *