Stock of the week

Apakah Saham PGAS Akan Bergerak Trend Up? Simak Ulasan Kami Dari Sisi Technical Analysis Point of View…

Semangat paggggiiiii di weekend yang indah ini teman-teman 🙂

Menanggapi permintaan dari teman-teman atas voting saham yang kami adakan pada kemarin hari Jumat kemarin, pada stock of the week kali ini kami akan mengulas detail dari sisi technical analysis untuk saham PGAS.

Kami akan mengulas dan menganalisis dari sisi technical dengan framework seperti berikut:

  1. Trend analysis, dengan tujuan untuk melihat trend dari saham ini kemanakah sebenarnya harga bergerak.
  2. Support and Resistance, Momentum, Volume analysis, dengan tujuan untuk melihat pergerakkan harga yang lebih detial lagi sehingga kita bisa melihat dimanakah titik entry dan titik exit jika kita bermain swing dan follow the trend.
  3. Summary, memasukkan semua analisa kedalam suatu kesimpulan analisa dan menghasilkan action apa yang harus kita ambil

Dari masing-masing analisa kami akan memberikan multi timeframe sehingga kita bisa melihat secara keseluruhan. Sebagai reminder, analisa kami ini hanya berdasarkan pergerakkan harga dan prediksi kedepannya jika memang harga itu sesuai dengan analisa kami. Jika memang ada news atau sentiment lain itu hanyalah sebuah katalis yang bisa menyebabkan saham itu bergerak naik atau turun.

Review Pergerakkan Saham PGAS Minggu ini

Saham PGAS diawal minggu ini sebenarnya diawali dengan pergerakkan yang kurang menarik, bahkan disertai pergerakkan melamah yang cukup dalam kemudian pada hari Selasa dan Rabu disertai pola candlestick inverted hammer dan spiinning top; kemudian volume juga terlihat kecil dan dibawah rata-rata 20 hariannya. Yang menarik disini pola-pola candlestick pada hari Selasa dan Rabu tersebut berada di support kuat daily.

Kemudian saham PGAS pada hari Kamis lalu, 23 Februari 2017, mengalami penguatan dengan volume sangat tinggi atau boleh dibilang ultra high menembus resistance minor. Kami melihat ini adalah sebuah sinyal harga bergerak memantul dan menguat meninggalkan area support, dan terlihat dari stochastic momentum cukup tinggi. Penguatan ini dilanjutkan pada hari Jumat, akan tetapi pada hari Jumat terlihat harga membentuk highwave candlestick pattern dengan volume cukup tinggi akan tetapi jauh lebih rendah dari hari Kamis.

Kami melihat saham PGAS ini sebuah kesempatan untuk mengambil posisi terutama pada hari Kamis kemarin pada saat harga memberikan sinyal untuk masuk. Oleh karena itu hari Jumat pagi, kami memberikan rekomendasi untuk buy di kategori Buy On Weakness.

Bagaimana kelanjutan dari pergerakkan saham PGAS ini terutama untuk minggu depan? mari kita lihat bersama dari trend sampai dengan momentum di timeframe weekly dan daily.

Weekly Trend Saham PGAS

Terlihat saham PGAS dari timeframe weekly, harga bergerak sideways dan saat ini belum terlihat adanya perubahan trend dari sideways menuju uptrend.

Jika harga lepas menembus resistance area sideways, maka bisa dipastikan trend berubah menjadi up trend, begitu juga dengan sebaliknya jika harga menembus support area sideways.

Mari kita lihat trend dari timeframe daily untuk melihat apa yang terjadi dan apakah ada kemungkinan harga menembus area konsolidasi weekly.

Daily Trend Saham PGAS

Terlihat dari timeframe daily, harga masih dalam kondisi sideways, akan tetapi saat ini harga seperti hendak membentuk higher high baru. Jika high baru benar-benar terbentuk, maka trend daily berubah dari sideways menjadi up trend.

Jika memang up trend terbentuk maka, ada kemungkinan harga akan menguji resistance weekly yang merupakan resistance dari area sideways besar di timeframe weekly.

Berdasarkan dari timeframe daily ini terlihat bahwa potensi harga untuk menembus resistance area konsolidasi di timeframe weekly sangat terbuka lebar karena ada indikasi harga bergerak naik di timeframe daily.

Setelah trend harga bergerak mari kita melihat batasan, kekuatan, dan momentum pergerakkan harga dari sisi Support dan Resistance, Volume, dan Momentum.

SnR, Volume, dan Momentum Timeframe Weekly Saham PGAS

Dari timeframe weekly kami mencoba untuk melihat support dan resistance yang penting dimana harga bergerak menembus atau memantul.

Terlihat saat ini harga berada di bawah resistance kuat weeklynya dan sedang mencoba untuk menembus resistance-resistance tersebut.

Dari sisi volume transaksi, terlihat sudah semakin meningkat volumenya dimana mengindikasikan semakin banyaknya transaksi yang terjadi dan buyer seolah-olah siap untuk mendorong harga bergerak naik kembali.

Kemudian momentum harga, belum terlihat di timeframe weekly ini; hal ini kami katakan masih normal belum menunjukkan momentum menguat atau melemah karena memang saat ini masih bergerak konsolidasi.

Mari kita lihat lebih detailnya lagi di timeframe daily.

SnR, Volume, dan Momentum Timeframe Daily Saham PGAS

Terlihat harga saat ini berada di bawah resistance kuat weekly dan daily kemudian harga seolah-olah tertahan oleh resistance tersebut dan harga sudah berusaha untuk menembus resistance kuat tersebut. Terlihat juga ada pola chart ascending triangle. Ujung dari ascending triangle saat ini diperkirakan pada minggu ini dimana pada hari Kamis kemarin harga bergerak menguat meninggalkan support daily kuatnya.

Terlihat juga volume juga semakin meningkat yang diawali pada hari Kamis kemarin. Momentum juga sudah terlihat bahwa ada momentum pergerakkan harga yang menguat untuk lebih kuat lagi.

Kami melihat control point utama adalah resistance kuat di level 2900 – 2980. Jika harga berhasil menembus area resistance kuat tersebut dengan volume tinggi, maka bisa diprediksi harga akan bergerak menuju level target yang sudah kami berikan sebelumnya, yakni di level 3160 (sangat mungkin tercapai) dan kemudian level 3520.

Control point ini patut teman-teman perhatikan karena ini adalah level yang sangat penting dan menentukan pergerakkan harga berikutnya.

Sebagai reminder, definisi tembus kami adalah ketika harga benar-benar close pada penutupan pasar diatas resistance atau dibawah support sesuai dengan timeframenya masing-masing.

Contoh, ketika harga menembus control point resistance level 2980, maka harga harus benar-benar close atau ditutup diatas level 2980.

Summary Dan Next Action Saham PGAS Minggu Depan

Apa yang harus kita lakukan untuk saham PGAS? sebelum kami memberikan rekomendasi lebih lanjut mari kita summarize dari seluruh analisa kami:

  • Trend
    1. Trend Weekly, SIDEWAYS
    2. Trend Daily, SIDEWAYS (cenderung untuk berubah trendnya menjadi UP)
  • Harga terhadap Support dan Resistance, Volume, dan Momentum
    1. Di Timeframe daily, harga saat ini sedang bergerak menguat dan berusaha untuk menembus resistance kuat di level 2900 – 2980. Ketika level ini tertermbus maka ada potensi harga bisa mencapai tujuannya di level 3160 dan 3520. Control point berada di resistance kuat ini. Jika harga memang tidak bisa menembus control point ini, maka ada potensi harga akan menguji support kuatnya yang berada di posisi cukup dalam.
    2. Volume mengkonfirmasikan bahwa harga mulai bergerak karena pada hari Kamis kemarin, volume mulai tinggi. Dari timeframe weekly, terlihat juga bahwa volume mulai naik yang mengindikasikan mulai banyaknya transaksi yang jika digabungkan dengan pergerakkan harga maka dapat terlihat naiknya volume ini didominasi oleh buyer untuk mendorong harga naik (terutama dilihat dari sisi timeframe daily).
      Potensi kenaikkan harga di timeframe daily memiliki imbas juga ke timeframe weekly dimana jika di timeframe daily harga berhasil trending up, maka harga memiliki potensi untuk menembus resistance weekly dan merubah trending status dari sideways menjadi UP.
    3. Momentum pada timeframe weekly masih stabil dan belum memberikan indikasi adanya momentum naik, akan tetapi berbeda dengan momentum pada timeframe daily dimana momentum kenaikkan sudah ditunjukkan pada hari Kamis kemarin.

Dari data-data yang kami dapatkan inilah yang menjadi dasar justifikasi kami untuk memberikan rekomendasi buy pada hari Jumat pagi, karena harga kami yakini sudah mengkonfirmasi memantul dari support kuat yang disertai dengan volume tinggi dan momentum sudah terlihat.

Hari Jumat kemarin terlihat harga masih malu-malu untuk menembus resistance kuat, dan ada kecenderungan harga akan sedikit melemah atau membentuk area konsolidasi kecil. sebelum pada akhirnya kami perkirakan menembus area resistance kuat.

Bagi teman-teman yang “ketinggalan kereta” jangan panik dan buru-buru masuk, karena teman-teman bisa masuk setelah harga benar-benar breakout dari level 2980. Jad saat ini watch and see terlebih dahulu.

Kemudian bagi teman-teman yang sudah memiliki posisi dari hari Jumat kemarin, masih bisa hold, pastikan perhatikan level cut loss. Jika harga ditutup dibawah level proteksi/cut loss, maka teman-teman wajib untuk menutup posisi teman-teman guna keperluan pembatasan resiko.

Demikian ulasan dan rekomendasi yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel dan pendapat kami ini bisa berguna bagi teman-teman terutama bagi analisa mingguan teman-teman bagi memang yang sedang mengincar, sudah memiliki, atau review saham PGAS di weekend ini. 😀

Sekali lagi, pendapat dan rekomendasi kami bukan paksaan untuk teman-teman melakukan aksi karena pendapat dan rekomendasi kami hanyalah pendapat kami guna keperluan edukasi. Keputusan akhir tetap berada di teman-teman. Disclaimer ON.

Pastikan teman-teman melakukan pembelian dengan money management yang baik dan benar.

Have a nice weekend with your family teman-teman
 😀

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *