Rekomendasi Harian

IHSG Menguat Dan Berpotensi Ke 5400. Rekomendasi Saham Apa Hari Ini? Cek Disini… (6 Januari 2017)

IHSG

Kemarin Kamis, IHSG ditutup menguat sebesar 24 points (0.46%) dengan volume transaksi yang cukup diatas rata-rata 20 hariannya. Pergerakkan indeks membentuk candlestick bullish dengan body yang tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan hari kemarinnya, akan tetapi volume transaksi diatas rata-rata dan lebih tinggi dibandingkan dengan hari sebelumnya. Hal ini mengindikasikan tekanan buy cukup tinggi akan tetapi tekanan sell sudah muncul karena IHSG bergerak menjelang resistance area konsolidasinya.

Dari pihak asing masih membukukan net sell sebesar 78 Milyar yang dikontribusi paling besar di pasar regular yakni sebesar 92.6 Milyar; sementara pasar negosiasi pihak asing membukukan net buy 14.6 Milyar.

Pada penutupan pasar kemarin, dari seluruh industri hampir seluruh industri menguat, hanya ada dua industri yang melemah yakni industri PROPERTY (-0.78%) dan FINANCE (-0.60%). Kemudian industri yang paling menguat adalah industri BASIC-IND (1.84%) dan MISC-IND (1.64%).

2017-01-05_heatmap

Apakah IHSG hari ini menguat?

Berdasarkan data yang didapatkan dari market langsung, kami melihat masih ada potensi walaupun menguat akan tetapi menguat tipis di resistance area konsolidasinya saat ini. Jika tidak menguat, maka IHSG akan mengalami pelemahan sementara untuk test support area konsolidasi.

Kami berpendapat demikian karena kami melihat adanya anomali hubungan antara pergerakkan candlestick dan volume dimana pergerakkan harga kemarin lebih kecil daripada hari sebelumnya akan tetapi volume transaksi kemari justru lebih besar daripada hari kemarinnya. Hal ini mengindikasikan pihak seller sudah mulai masuk kedalam pasar untuk menekan IHSG tidak bergerak naik cepat.

Mari kita monitor bersama pergerakkan IHSG hari ini.

2017-01-05_ihsg

Saham Highlight

Berikut adalah saham saham yang perlu kami highlight hari ini

EXCL

Saham EXCL ini bergerak naik dan menembus resistance area konsolidasinya dengan volume tinggi diatas volume rata-rata 20 hariannya. Hanya saja berdasarkan analisa kami terhadap posisi harga dan resistance, ada yang mengganjal, harga saat ini berada di resistance yang sangat kuat yakni 2500 – 2600. Jika memang hari ini harga ternyata melanjutkan pergerakkan naiknya, maka ada satu resistance yang tidak kalah kuatnya, yakni di level 2700 – 2750. Prediksi kami harga tidak akan begitu kuat menembus area resistance pertama apalagi kedua, karena partisipan atau pelaku pasar terlihat di volume transaksi memiliki kecenderungan menurun.

Rekomendasi kepada teman-teman yang memiliki saham ini bisa menjual saham ini baik secara partial ataupun seluruhnya untuk mencari amannya; jika memang masih percaya harga akan tetap keatas teman-teman bisa hold dan menunggu take profit di 2700 – 2750.
Menurut hemat kami, lebih baik cut profit saat ini, dan jika harga memang menembus area resistance kuat kedua, maka teman-teman bisa membelinya kembali.

Kemudian bagi teman-teman yang belum memiliki saham ini, bisa memasukkan saham ini kedalam watchlist teman-teman untuk memonitor apakah bisa menembus resistance kuat kedua. Jika menembus, teman-teman bisa membeli sebagai sinyal kuat beli (tentu saja dengan volume yang tinggi).

2017-01-05_excl

BJBR

Telah kami sampaikan pada ulasan kami kemarin pagi, bahwa saham BJBR ini mencoba untuk test ke area 2800, dan pada saat pasar kemarin ditutup, harga mulai masuk ke level support 2800. Di level ini, kita bisa lihat aksi dari harga berikutnya dimana kemudian hari kita bisa menganalisa lebih lanjut, apakah memang harga akan bergerak melemah atau menguat.

Kami memiliki beberapa scenario dari pergerakkan harga. Jika harga ternyata menembus level support 2800, maka harga akan mencoba test level support 2150. Kebetulan level 2150 ini adalah level support minor, jadi menurut hemat kami akan mudah ditembus.
Jika level minor support ini tertembus maka harga akan ke level support paling kuat, yakni di level 1700.
Maksud kami memaparkan ini adalah untuk memberikan insight kepada teman-teman beberapa scenario yang terjadi sehingga teman-teman bisa mengatisipasi pergerakkan saham ini.

Lalu apa rekomendasi kami? rekomendasi kami bagi teman-teman yang masih memiliki saham ini bisa melihat terlebih dahulu reaksi harga terhadap level support 2800 terlebih dahulu, jika memang ada pola pembalikkan, teman-teman bisa hold, akan tetapi jika ternyata harga menembus dengan close candlestick hari ini dibawah 2800, teman-teman terpaksa cut loss untuk menghindari loss yang lebih besar lagi.

Kemudian bagi teman-teman yang belum memiliki saham ini masih harus watch and see untuk menunggu sinyal buy valid selanjutnya.

2017-01-05_bjbr

BUMI

Kami berinisiatif untuk memberikan analisa saham BUMI menyambung analisa kami kemarin pagi. Kemarin kami menganalisa untuk saham BUMI akan bergerak kembali keatas setelah sebelumnya kami mendeteksi adanya level minor support, dan ternyata dugaan kami sesuai dimana harga setelah itu bergerak naik kuat dengan volume ultra high dan berhenti di level resistance area.

Yang menjadi catatan disini adalah, harga saat ini berada di resistance dimana kami sebelumnya menyebutkan resistance area kuat untuk saham BUMI ini adalah 300 – 320. kemudian apa yang akan terjadi? kami masih belum mengetahuinya :), bisa saja harga setelah ini membentuk area konsolidasi lalu menuju support kuat area konsolidasi besar atau bahkan bisa menembus area resistance area diatas.

Apa rekomendasi kami untuk saham ini? Bagi teman-teman yang sudah mengkoleksi saham ini sebelumnya bisa sell untuk take profit dan JIKA memang harga menembus area resistance ini, teman-teman bisa membeli kembali. Hal ini semata-mata untuk mengamankan profit yang telah didapatkan.
Bagaimana dengan yang belum membeli saham ini? teman-teman bisa menunggu sinyal buy valid terutama pada saat jika memang benar harga menembus resistance kuat dengan volume yang tinggi juga.

2017-01-05_bumi

Saham-saham ini akan selalu kami monitor dan kami juga memiliki beberapa saham yang memiliki probabilitas tinggi untuk menjadikan sebuah sinyal buy didalam watchlist saham unggulan kami.

Kemudian jika teman-teman ingin mendapatkan update dari kami secepatnya, teman-teman bisa join di channel telegram kami di http://telegram.me/temantrader; atau bisa mendaftarkan email teman-teman di email subscription list kami.

Disclaimer:
Highlight dan rekomendasi saham kami adalah murni hasil analisa kami dan untuk kepentingan edukasi. Realisasi dari rekomendasi kami adalah keputusan akhir dari teman-teman trader.

 

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *