Rekomendasi Harian

IHSG Masih Berpotensi Naik. Saham Rekomendasi Hari Ini Adalah MARI dan TMAS… (3 Januari 2017)

Sebelum kami memberikan analisa lebih lanjut dan rekomendasi saham harian seperti biasanya, perkenankan kami mengucapkan SELAMAT TAHUN BARU 2017. Semoga di tahun yang baru ini kita semua bisa mendapatkan hasil trading yang lebih baik lagi dan lebih disiplin lagi dalam menjalankan trading plan kita.

IHSG

Di hari awal-awal trading di tahun yang baru ini, kami akan melakukan top down analysis pergerakkan price action dan volume dari timeframe bulanan ke harian. Berikut adalah analisa kami.

IHSG Timeframe Bulanan: IHSG Berpotensi Menguat Menembus Area Konsolidasi

Terlihat IHSG berhasil mengkonfirmasikan support dimana bulan kemarin membentuk pola candlestick piercing line. Pergerakkan indeks bulan lalu berpotensi bulan Januari 2017 untuk menguat menembus area konsolidasi atau paling tidak di resistance area konsolidasi.

Kami masih sangat optimis IHSG masih menguat menuju level 6000 – 7000 dari kondisi saat ini. Jika indeks menembus area konsolidasi, maka dapat dikonfirmasi bahwa IHSG mengkonfirmasi pola cup and handle. Mari kita lihat pergerakkan indeks di bulan Januari 2017 ini.

2017-01-02_ihsg-monthly

IHSG Timeframe Mingguan: IHSG Berpeluang Menguat Minggu Ini

Di timeframe mingguan terlihat IHSG mengkonfirmasikan support setelah indeks bergerak menguat cukup tinggi. Yang menjadi catatan kami adalah penguatan pada minggu lalu ternyata volumenya kurang tinggi sehingga kami melihat ada pelemahan di awal minggu ini dan berpotensi menguat dan close/ditutup diatas 5300 di akhir minggu. Mari kita lihat pergerakkan indeks di minggu ini.

2017-01-02_ihsg-weekly

IHSG Timeframe Harian: IHSG Berpotensi Melemah Sementara

Kemarin Jumat IHSG ditutup melemah tipis sebesar 6 points (-0.11%) dengan volume masih dibawah rata-rata 20 harinya akan tetapi masih lebih tinggi dibandingkan volume transaksi 5-6 hari sebelumnya. Hal ini mengindikasikan indeks akan bergerak melemah sementara sebagai retracement. Kami prediksikan pelemahan harga ini akan menuju support terdekat yakni di 5200. Jika ternyata momentum market menginginkan indeks bergerak ke arah utara, maka harga akan bergerak naik dan menembus 5311.

Pihak asing berhasil membukukan net buy sebesar 98 Milyar dimana kontribusi pihak asing ini didapatkan dari pasar regular. Hal ini cukup positif karena pihak asing kembali membukukan net buy dimana sebelumnya, hari Kamis, pihak asing membukukan net sell. Kami memprediksikan untuk kedepannya pihak asing mulai membukukan net buy kembali mengingat hasil yang sangat positif perkembangan pasar modal Indonesia dibandingkan dengan pasar modal di negara-negara Asia Pasific lainnya.

Hari Jumat kemarin, seluruh industri bergerak mixed dimana industri yang paling menguat adalah industri MISC-IND (1.75%) dan TRADE (1.20%). Kemudian industri yang paling melemah adalah industri CONSUMER (-1.82%) dan BASIC-IND (-0.69%).

2017-01-02_heatmap

Bagaimana Dengan Pergerakkan IHSG Hari Ini?

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya bahwa IHSG di minggu ini masih berpotensi menguat akan tetapi di awal minggu IHSG akan berpotensi melemah menuju support, dan pada akhir minggu IHSG berpotensi menguat dan akan close di atas 5300.

Kami menilai masih positif dari pergerakkan indeks sampai dengan saat ini dan berpeluang menembus resistance area konsolidasi bulanan dan menuju 6000 – 7000.

2017-01-02_ihsg-daily

Saham Highlight

Berikut adalah saham-saham yang perlu kami highlight untuk hari ini atas hasil analisa harian kami.

BRMS

Saat ini harga bergerak tanpa trend alias sideways dan saat ini harga ada di area support paling bawah dan memiliki indikasi akan bergerak naik. Indikasi ini terlihat terjadinya area sideways atau konsolidasi kecil di support. Volume transaksi semakin lama semakin mengecil dan harga memberikan indikasi adanya kemampuan untuk bergerak menembus area konsolidasi.

Berdasarkan informasi tersebut, kami memasukkan saham BRMS ini kedalam watchlist saham unggulan kami.
Kami masih yakin harga bisa menembus area konsolidasi dan bergerak menuju resistance kuat.

Rekomendasi kami bagi teman-teman yang belum memiliki saham ini bisa watch and see untuk harga menembus area konsolidasi, dan bagi teman-teman yang sudah memiliki saham ini bisa hold sampai harga breakdown dari area konsolidasi saat ini.

2017-01-02_brms

SCMA

Harga saat ini membentuk candlestick pattern doji dengan volume rendah dibawah rata-rata 20 hariannya. Candlestick ini mengkonfirmasikan resistance sebelumnya yang terbentuk dari long legged doji yang terbentuk sebelumnya. Kami cukup yakin harga akan bergerak melemah menuju area support di 2500 – 2590.
Oleh karena itu kami akan menunggu harga bergerak ke area support menunggu price action harga di area support tersebut.

Rekomendasi kami bagi teman-teman yang belum memiliki saham ini bisa watch and see untuk harga memantul di area support. Kemudian bagi yang sudah memiliki, bisa hold.

2017-01-02_scma

MEDC

Harga terakhir bergerak membentuk candlestick pattern doji sedikit diatas resistance area konsolidasi kecil. Secara pergerakkan, harga sebenarnya sudah bergerak naik menembus area konsolidasi kecilnya. hanya saja kami melihat masih membutuhkan volume transaksi yang lebih tinggi lagi, karena pergerakkan harga yang cenderung bergerak sideways.

Rekomendasi kami tetap menunggu area konsolidasi ini terkonfirmasi oleh harga yang menembus area konsolidasi dengan volume tinggi diatas rata-rata hariannya. Oleh karena itu kami meletakkan saham ini ke dalam watchlist saham unggulan kami.

2017-01-02_medc

RAJA

Rupanya harga bergerak sangat volatile kemarin hari Jumat, dimana pada sesi pertama pasar dibuka, harga mencoba untuk menembus area konsolidasi akan tetapi pada sesi kedua harga kembali lagi ke dalam area konsolidasi. Volume transaksi juga cukup besar. Saham RAJA ini layak kita tunggu untuk bergerak benar-benar menembus area konsolidasi. Oleh karena itu kami memasukkan saham ini ke dalam watchlist saham unggulan kami.

2017-01-02_raja

Saham-saham ini akan selalu kami monitor dan kami juga memiliki beberapa saham yang memiliki probabilitas tinggi untuk menjadikan sebuah sinyal buy didalam watchlist saham unggulan kami.

Kemudian jika teman-teman ingin mendapatkan update dari kami secepatnya, teman-teman bisa join di channel telegram kami di http://telegram.me/temantrader; atau bisa mendaftarkan email teman-teman di email subscription list kami.

Disclaimer:
Highlight dan rekomendasi saham kami adalah murni hasil analisa kami dan untuk kepentingan edukasi. Realisasi dari rekomendasi kami adalah keputusan akhir dari teman-teman trader.

 

Previous ArticleNext Article

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *