Rekomendasi Harian

IHSG Masih Berpeluang Menguat. Rekomendasi Saham Hari Ini Adalah ISSP… (4 Januari 2017)

IHSG

Pergerakkan IHSG kemarin sesuai dengan prediksi kami yakni bergerak melemah. Pelemahan ini cukup tipis, yakni sebesar 21 points (-0.39%) dan membentuk pola candlestick hammer dengan volume transaksi yang sangat rendah. Hal ini mengindikasikan IHSG bergerak melemah untuk test demand yang ternyata masih cukup besar.

Kemudian dari pihak asing membukukan net sell sebesar 77 Milyar yang dikontribusi dari pasar regular -81 Milyar dan pasar negosiasi sebesar 4 Milyar. Walaupun pihak asing kemarin membukukan net sell hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena pergerakkan hari ini terlihat sebagai testing demand yang dilakukan oleh para pelaku pasar dari hedge fund, fund manager, atau pelaku yang memiliki cukup modal untuk menggerakkan pasar.

Dari seluruh industri ternyata hampir seluruhnya melemah, hanya satu industri yang menguat, yakni industri MINING (0.58%); kemudian industri yang paling melemah adalah industri AGRI (-1.15%) dan MISC-IND (-0.98%).

2017-01-03_heatmap

Bagaimana dengan pergerakkan IHSG hari ini?

Masih dengan sama prediksi kami hari ini, kemungkinan hari ini IHSG masih akan bergerak terbatas untuk mengembalikkan trend naikindeks. Jika dilihat dari price action dan volume, maka kami melihat indeks masih harus ada usaha untuk bergerak naik paling tidak dengan volume tinggi untuk menembus high yang sudah terbentuk pada hari Jumat kemarin. Jika indeks turun atau tidak bergerak, maka indeks akan bergerak terbatas untuk membentuk area konsolidasi kecil.

Sesuai dengan prediksi kami kemarin, kami masih sangat optimis IHSG bergerak menguat menuju resitance area kuat yang terdekat, yakni sekitar 5400. Mari kita pantau berdsama pergerakkan IHSG hari ini dan hari-hari berikutnya terutama untuk minggu ini.

2017-01-03_ihsg

Saham Highlight

Berikut adalah saham-saham yang perlu kami highlight untuk hari ini

BNGA

Saat ini harga sedang berada di area konsolidasi besar. Kemarin harga bergerak melemah di sesi pertama pasar, akan tetapi menguat di sesi kedua pasar; pergerakkan kemarin ini dengan volume transaksi yang kecil dan kami melihat ada kemungkinan harga melakukan testing demand yang ternyata masih cukup besar.
Kemungkinan besar harga akan bergerak naik menuju area resistance area konsolidasi besarnya.

Kami masih sangat optimis bahwa saham BNGA masih bisa bergerak naik dan menembus area konsolidasi besarnya menuju resistance kuat berikutnya yakni di sekitar 1000.

Rekomendasi kami bagi teman-teman yang sudah memiliki posisi di saham ini bisa hold. Kemudian bagi yang belum bisa menunggu sinyal berikutnya.

2017-01-03_bnga

MLPL

Saham ini sudah pernah kami rekomendasikan untuk buy karena sudah menembus area konsolidasinya. Hanya saja harga berangsur angsur bergerak melemah kembali ke area konsolidasinya dan didalam area konsolidasinya, terbentuk area konsolidasi kecil (lihat chart).
Kami sangat optimis harga bisa menembus area konsolidasinya dan pada akhirnya membentuk trend baru yaitu trend naik. Saat ini trend yang terjadi masih sideways.

Rekomendasi kami bagi yang sudah memiliki saham ini bisa hold. Kemudian bagi yang belum bisa watch and see untuk menunggu harga menembus area konsolidasi kecil dan resistance dari konsolidasi besar sebagai sinyal buy. Sinyal buy akan valid jika volume transaksi sebagai usaha untuk menembus resistance dan area konsolidasi cukup besar atau tinggi.

2017-01-03_mlpl

TRAM

Saham ini cukup menarik. Saat ini harga berada di support area konsolidasi dan membentuk area konsolidasi kecil. Jika harga bergerak menembus resistance area konsolidasi kecil, maka harga akan bergerak ke resistance terdekatnya yakni resistance area konsolidasi besarnya.

Kami masih yakin harga akan bergerak naik, akan tetapi harus kita lihat pergerakkan harganya terlebih dahulu apakah naik atau turun menembus area konsolidasi kecilnya. Jika harga bergerak naik menembus area konsolidasi kecilnya, maka kita akan lihat volume transaksinya sebagai effort pelaku pasar menggerakkan harga naik.

Rekomendasi kami bagi yang sudah mengkoleksi saham ini bisa hold sampai harga breakout areak konsolidasi kecilnya. Jika break up maka bisa hold, dan jika break down maka bisa cut loss atau profit. Kemudian bagi teman-teman yang belum memiliki saham ini bisa menunggu harga break up area konsolidasi kecil sebagai sinyal buy.

2017-01-03_tram

MEDC

Harga sebenarnya sudah bergerak naik lebih tinggi lagi dan menembus area konsolidasi kemarin, akan tetapi masih dengan volume yang sangat kecil. Hal ini masih belum bisa disimpulkan pelaku pasar siap mendorong harga bergerak lebih tinggi lagi. Kami rekomendasikan untuk menunggu harga bisa bergerak lebih tinggi lagi dengan effort yang lebih tinggi dimana diwakilkan oleh volume transaksi yang lebih tinggi juga.

Rekomendasi kami bagi teman-teman yang sudah mengkoleksi saham ini bisa hold. Lalu bagi yang sedang menunggu sinyal buy bisa bersabar lagi sampai sinyal buy yang valid benar-benar muncul.

2017-01-03_medc

Saham-saham ini akan selalu kami monitor dan kami juga memiliki beberapa saham yang memiliki probabilitas tinggi untuk menjadikan sebuah sinyal buy didalam watchlist saham unggulan kami.

Kemudian jika teman-teman ingin mendapatkan update dari kami secepatnya, teman-teman bisa join di channel telegram kami di http://telegram.me/temantrader; atau bisa mendaftarkan email teman-teman di email subscription list kami.

Disclaimer:
Highlight dan rekomendasi saham kami adalah murni hasil analisa kami dan untuk kepentingan edukasi. Realisasi dari rekomendasi kami adalah keputusan akhir dari teman-teman trader.

 

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *