Rekomendasi Harian

IHSG Bergerak Melemah Jumat Kemarin. Masih Adakah Saham Yang Layak Di-Trading-kan? Ikuti Ulasan Kami… (23 Januari 2017)

IHSG Review

Review kali ini mari kita melihat pergerakkan IHSG dari timeframe mingguan ke timeframe harian untuk mendapatkan big picture dari pergerakkan IHSG masa lampau dan memprediksikan pergerakkan IHSG kedepannya.

Pergerakkan IHSG TimeFrame Mingguan

Dari pergerakkan selama seminggu kemarin, kami melihat pergerakkannya cukup terbatas dimana IHSG bergerak melemah lagi dibandingkan minggu sebelumnya. Volume transaksi yang dihasilkan minggu lalu lebih tinggi daripada minggu sebelumnya. Inilah yang menjadikan perhatian utama kami, karena walaupun indeks bergerak lebih rendah (dengan candlestick yang lebih kecil dibandingkan dengan minggu sebelumnya), volume transaksi yang dihasilkan minggul lalu lebih tinggi.

Hal ini mengindikasikan adanya pelemahan atas pergerakkan melemah yang dimulai dari 2 minggu lalu. Kemudian, bagaimana dengan pergerakkan minggu ini? mari kita masuk analisa IHSG timeframe harian.

Pergerakkan IHSG Timeframe Harian

Kemarin Jumat IHSG ditutup melemah lumayan dalam yakni sebesar -45 points (-0.45%). Pelemahan ini membentuk pola candlestick bearish cukup dalam dan disertai volume transaksi yang besar dan bahkan lebih besar daripada hari Kamis. Untuk transaksi cenderung bergerak menguat dari hari ke hari. Apa yang bisa dikatakan dari data yang berasal dari chart ini? Kami melihat adanya pergerakkan melemah yang cukup dalam disertai dengan volume tinggi diatas rata-rata dan diatas dari hari-hari sebelumnya; hanya saja ada support yang menghalangi indeks bergerak melemah lebih dalam lagi, dan disinilah mulai banyaknya buyer yang masuk sehingga volume transaksi yang dihasilkan cukup tinggi.

Pelaku pasar modal asing pun membukukan net sell sebesar 383 Milyar yang dikontribusi dari pasar regular yang membukukan net sell sebesar 399 Milyar dan pasar negosiasi yang membukukan net buy 16 Milyar.

Walaupun hari Jumat kemarin IHSG ditutup melemah dan hampir seluruh industri melemah, ternyata ada satu industri menguat yakni TRADE sebesar 0.41%. Kemudian industri-industri yang paling melemah adalah industri INFRASTRUCTURE (-2.59%) dan MISC-IND (-1.64%).

Apa yang akan terjadi dengan IHSG minggu ini?

Dari seluruh informasi pada chart, kami melihat ada dua kemungkinan yang akan terjadi di minggu ini; JIKA IHSG bergerak melemah menembus support area konsolidasi saat ini maka IHSG akan mengalami pelemahan seminggu ini, akan tetapi JIKA IHSG bergerak menguat memantul dari support atau bergerak sideways, seminggu ini masih ada kemungkinan IHSG akan bergerak menguat. Kecenderungan kami IHSG akan bergerak menguat dalam satu minggu kedepan.

Lalu, apa yang akan terjadi dengan hari ini? kami melihat adanya buyer yang mulai masuk pada support, oleh karena itu kami memprediksikan IHSG hari ini akan bergerak terbatas; walaupun terbatas, IHSG tidak akan menembus support area konsolidasi saat ini. Kami masih cukup yakin IHSG akan bergerak menguat.

StockPick Unggulan

Berikut adalah stockpick unggulan kami untuk hari ini dimana kami akan memberikan rekomendasi buy satu buah saham dan rekomendasi trailing stop untuk satu buah saham lagi.

Saham-saham tersebut adalah sebagai berikut:

Saham-saham ini akan selalu kami monitor dan kami juga memiliki beberapa saham yang memiliki probabilitas tinggi untuk menjadikan sebuah sinyal buy didalam watchlist saham unggulan kami.

Kemudian jika teman-teman ingin mendapatkan update dari kami secepatnya, teman-teman bisa join di channel telegram kami di http://telegram.me/temantrader; atau bisa mendaftarkan email teman-teman di email subscription list kami.

Disclaimer:
Highlight dan rekomendasi saham kami adalah murni hasil analisa kami dan untuk kepentingan edukasi. Realisasi dari rekomendasi kami adalah keputusan akhir dari teman-teman trader.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *