Stock of the week

Banyak Pelaku Pasar Mengatakan Saham BRPT Berpeluang Menguat. Benarkah? Berikut Analisa Kami…

Dari pelaku pasar kami mendengar bahwa rumor bahwa saham BRPT ada corporate action buy back dimana hal ini memberikan indikasi bahwa saham BRPT akan terkatrol naik. Oleh karena itu kami sangat tertarik untuk mengulas dan menganalisa saham BRPT secara lebih detail dari sisi technical analysis.

Technical analysis yang kami gunakan berdasarkan harga, volume transaksi harian, beserta indicator tambahan yang berfungsi untuk validasi pergerakkan harga dan momentum pergerakkan harga.

Berikut step by step analysis yang kami sampaikan dibawah:

  1. Analisa Trend, dimana kami akan menyampaikan analisa berdasarkan trend
  2. Penentuan SnR dan SnD, dimana kami akan menentukan garis-garis Support and Resistance begitu juga dengan Supply and Demand (area konsolidasi).
  3. Analisa Momentum, Candlestick, dan Volume, dimana kami akan menyampaikan analisa berdasarkan harga (candlestick), volume transaksi, dan momentum pergerakkan harga.
  4. Analisa Multi Timeframe yang memberikan keseluruhan insight pergerakkan harga.
  5. Kesimpulan dan Rekomendasi

Mari kita mulai dari trend.

Analisa Trend Saham BRPT

Untuk saham ini, kami akan menganalisa dari timeframe Bulanan, Mingguan, dan Harian untuk mendapatkan trend atau kecenderungan harga bergerak.

Trend Bulanan BPRT: Sideways

Dari trend bulanan terlihat bahwa harga saat ini membentuk sideways atau tidak berarah, karena saat ini harga bergerak dan sudah mencapai High Low (HL) yang sebelumnya sudah terbentuk. Kemudian apakah high yang saat in sedang terbentuk akan membuat high baru? kita belum mengetahuinya dengan pasti untuk saat ini, yang jelas pergerakkan masih sideways dari sisi trend bulanan.

2017-01-06_monthly-trend

Trend Mingguan BPRT: UP

Jika kita lihat di trend mingguan dengan memfokuskan dan membesarkan pegerakkan yang keatas di timeframe bulanan, terlihat terbentuk Higher High (HH) dan Higher Low (HL) yang memperlihatkan kepada kita bahwa harga masih bergerak naik.

Saat ini terlihat harga sedang bergerak keatas dan lembah labelkan calon Higher Low (HL) jika harga berhasil melampaui HH, maka Higher Low (HL) akan terkonfirmasi.

2017-01-06_weekly-trend

Trend Harian BPRT: UP

Terlihat dari pergerakkan harga yang naik di timeframe mingguan yang diperbesar dan didetailkan pada timeframe harian, maka terlihat di trend daily masih menunjukkan pergerakkan naiknya.

2017-01-06_daily-trend

Trend Harga Keseluruhan Saham BRPT?

Itulah pertanyaannya. Dari seluruh timeframe kita kumpulkan, maka kita bisa menyimpulkan bahwa harga saat ini kecenderungannya masih bergerak naik.

Jika memang keseimpulannya begitu, apakah memang benar harga akan tetap naik? Disinilah peranan penting Support dan Resistance (SnR) begitu juga dengan Supply and Demand (SnD). Dengan adanya SnR dan SnD, kita bisa melihat dan membaca (bukan mengharapkan) kemanakah sebenarnya harga sedang bergerak, dan apakah mungkin harga memantul atau menembus SnR/SnD yang tercetak dalam chart.

Identifikasi SnR dan SnD Saham BRPT

Kami disini telah mengidentifikasikan SnR dan SnD kuat dari timeframe bulanan, mingguan, ke harian. Kami hanya menggambarkan identifikasi SnR dan SnD yang kuat saja sehingga tidak terlalu “ruwet” pada chart. Mari kita lihat.

SnR/SnD Bulanan BRPT

Dari timeframe Bulanan terlihat harga membentuk dua buah area SnR yang jaraknya cukup jauh dan membentuk sebuah area konsolidasi. Saat ini harga berada di area resistance dari area resistance bulanan. Hal ini patut diwaspadai, karena potensi harga untuk berbalik mulai meningkat.

2017-01-06_snr-monthly

SnR/SnD Mingguan BRPT

Dari pergerakkan harga saat ini mari kita detailkan ke dalam timeframe mingguan untuk mendapatkan SnR dan SnD mingguan.

Terlihat saat ini harga berada didalam area konsolidasi yang merupakan area SnD dimana area SnD ini ternyata di resistance area bulanan. Hal ini mengindikasikan bahwa harga sudah masuk dalam tahap jenuh dan bersiap-siap untuk meledak atau menembus area konsolidasinya baik itu menembus resistance-nya sebagai break up maupun break down melalui support-nya.

Untuk bisa melihat detail harga saat ini berada dimana dan sedang berjalan akan ke arah mana, bisa melihat dari pergerakkan di timeframe harian.

2017-01-06_snr-weekly

SnR/SnD Harian BRPT

Di timeframe harian terlihat dua buah SnR (diwakiliki oleh garis warna merah pendek) yang ternyata adalah Suppot dan Resistance dari area konsolidasi di timeframe mingguan (diwakili oleh box berwarna aqua); kemudian terdapat juga area konsolidasi sebagai demand yang diwakili oleh dua garis warna merah di tengah-tengah area konsolidasi berwarna biru aqua.

Berdasarkan harga dan komposisi SnR dan SnD di timeframe harian, terlihat harga meninggalkan are demand yang berupa area konsolidasi menuju area resistance harian yang juga adalah resistance area konsolidasi dan resistance akhir dari timeframe bulanan (garis warna hijau).

2017-01-06_snr-daily

Recap SnR dan SnD BRPT

Saat ini harga berada di resistance bulanan dan kondisinya harga masih belum menembus area resistance bulanan. Jika dilihat lebih lanjut lagi, ternyata harga masih bergerak naik paling tidak sampai dengan resistance terakhir di timeframe bulanan yang diwakili oleh warna hijau.

Bagaimana dengan analisa dari sisi candlestick, volume, dan momentum pergerakkan harganya? mari kita bahas lebih lanjut di bagian berikutnya.

Analisa Candlestick, Volume, dan Momentum  Saham BRPT

Setelah kami mendapatkan SnR dan SnD pada chart, maka kami menambahkan beberapa indikator yang bisa membantu untuk menganalisa lebih detail dan menyeluruh.

Oh ya, dikarenakan saat ini masih berjalan di dalam bulan ini, kami memulai analisa momentum dari timeframe mingguan ke harian.

Analisa Timeframe Mingguan: Harga Bergerak Naik Tetapi Menunjukkan Pelemahan

Harga bergerak naik cukup tinggi di minggu ini dengan membentuk pola candlestick marubozu. Hanya saja yang menjadi perhatian kami adalah volume transaksinya yang masih kecil, yaitu dibawah rata-rata 20 hariannya; walaupun begitu volume transaksi minggu ini masih lebih kecil daripada minggu lalunya. Kemudian yang mencurigakan lagi adalah volume transaksi yang berangsur-angsur berkurang. Kami sangat mencurigai pergerakkan naik ini tidak akan berlangsung lama dan kami prediksi kami akan sampai di resistance mingguan dan bulanan.

Pergerakkan yang tidak menguat ini ternyata diamini oleh indikator stochastic yang berfungsi untuk melihat momentum pergerakkan harga. Harga walaupun bergerak naik, akan tetapi momentum sudah mulai naik sudah mulai berkurang dan momentum untuk bergerak kebawah sudah mulai ada.

Darimanakah kami melihat momentum kebawah sudah ada? kami melihat dari indikasi yang diberikan oleh indicator stochastic dengan terdapatnya regular divergen. Apakah ini artinya turun? Tidak… karena harga masih bergerak keatas dan masih berkutat di area konsolidasi mingguan. JIKA harga menembus support mingguan, maka candlestick akan bergerak ke support kuat di timeframe mingguan (warna biru) di sekitar level 1120-an atau bahkan bisa lebih.

2017-01-07_cs-momentum-vol-analysis-weekly

Analisa Timeframe Harian: Harga Bergerak Naik

Di analisa harian ternyata tidak terlalu beda jauh dengan hasil analisa kami di timeframe mingguan, kami melihat secara lebih detail lagi dan dapat dijelaskan bahwa harga memang saat ini masih bergerak naik, dan secara momentum sudah di level overbought semuanya (timeframe harian dan weekly) dan terdapat juga confirmed SnR kuat di timeframe mingguan dan bulanan.

Kami masih yakin harga masih naik dan paling tidak, harga bisa bergerak ke level 1680 – 1700. Jika harga bergerak menembus area resistance dengan volume tinggi atau bahkan ultra tinggi, maka itu adalah konfirmasi harga bergerak naik lebih tinggi lagi.

2017-01-07_cs-momentum-vol-analysis-daily

Multi Timeframe Analysis

Mari kita summary informasi apa-apa saja yang sudah kita dapatkan:

  1. Secara keseluruhan dari timeframe, harga saat ini masih bergerak dalam kondisi trending UP.
  2. SnR dan SnD dari seluruh timeframe sudah diidentifikasikan dan kami melihat harga saat ini sudah berada di area resistance monthly, berada di area konsolidasi timeframe mingguan, sedang menuju resistance area konsolidasi timeframe mingguan.
  3. Harga yang diwakilkan oleh candlestick cukup baik yang memberikan bullish candlestick yang cukup panjang yang diberikan nama pola marubozu.
  4. Volume secara oveall menurun walaupun saat ini harga bergerak naik. Hal ini mengindikasikan kekuatan daya dorong buyer sudah mulai berkurang.
  5. Momentum mulai melemah di timeframe weekly dimana terlihat divergen pada indicator stochastic dan posisi stochastic berada di kondisi overbought, kemudian untuk timeframe daily posisi terakhir berada di area overbought. Momentum keatas sudah mulai sirna yang kemudian digantikan momentum kebawah.

Kami memprediksikan harga akan bergerak naik tidak lama lagi akan sampai tujuan dimana tujuannya menurut kami yang paling aman adalah 1680. setelah itu tergantung dengan market maker/smart money untuk menggerakkan harga. Akan tetapi jika kita lihat dari momentum yang terjadi di stochastic, ada potensi yang cukup tinggi, harga akan bergerak melemah meninggalkan area resistance dan diprekirakan juga akan menembus support area konsolidasi.

Dari yang terlihat di chart sepertinya sedikit korelasi dengan news yang kami dengar juga mengenai BRPT. Emiten ternyata melakukan corporate action buyback dari 26 September 2016 – 25 Desember 2016 sebesar 39 juta lembar saham. (Sumber: http://investasi.kontan.co.id/news/brpt-rampungkan-buyback-39-juta-saham)

Mengapa kami katakan ada korelasi, karena ternyata saham BRPT naik tajam karena ada corporate action buyback. Sekali lagi harga berbergerak terlebih dahulu sebelum news. OK, sekarng impactnya apa? kami melihat chart sudah di resistance atau bisa dikatakan sudah overbought, kemudian ada news yang menyatakan proses buyback sudah selesai; kami worry harga akan mencari keseimbangan baru dengan bergerak melemah.

Rekomendasi

Rekomendasi kami cukup simple, bagi yang sudah membeli saham ini atau masih mengkoleksi saham ini, masih bisa hold yang kemudian bisa dijual di 1680 – 1750. Jika nantinya akan bergerak naik dan menembus area resistance timeframe bulanan, kita bisa membelinya kembali. Perketat juga level cut loss dan trailing stop, karena bisa saja sewaktu-waktu harga berubah arah.

Kemudian bagi teman-teman yang belum membeli bisa menunggu adanya sinyal buy yang valid ATAU menunggu membeli ketika harga bergerak menurun di support.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Jika ada tutur kata yang salah mohon dimaafkan. Semoga ulasan kami ini mengenai BRPT bisa membantu teman-teman merancang trading plan untuk minggu depan.

“Trade What You See, Not What You Expect”

Salam profit konsisten…

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *