Rekomendasi Harian

Pihak Asing Membukukan Net Buy Kemarin. Bagaimana IHSG Hari Ini? … (21 Desember 2016)

IHSG

IHSG kemarin lagi lagi ditutup melemah masuk kembali ke area konsolidasi dengan pelemahan sebesar -29 points (-0.57%) dan membentuk pola candlestick spinning top. Candlestick ini ditemani volume transaksi sama dengan rata-rata 20 harinya, kemudian dari 9 hari terakhir, volume kemarin adalah volume yang paling tinggi. Hal ini mengindikasikan bahwa kali ini masuknya buyer sudah lebih banyak dari hari-hari sebelumnya.

Pihak asingnya akhirnya berhasil membukukan net buy sebesar 96 Milyar setelah beberapa minggu terakhir pihak asing selalu membukukan net sell. Net buy ini didapatkan kebanyakan dari pasar nego dibandingkan dengan pasar regional. Mulai masuknya pihak asing ini mengkonfirmasikan adanya buyer yang lebih banyak dari 2 hari sebelumnya.

Kemarin seluruh industri melemah hampir seluruhnya, hanya ada satu yang menguat yakni industri FINANCE (0.09%). Industri yang paling melemah adalah industri INFRATRUCTURE (-1.25%) dan TRADE (-1.08%).

2016-12-20_heatmap

Bagaimana dengan prediksi kami untuk IHSG hari ini?

Setelah kami melihat pergearkkan IHSG pada chart dimana terbentuk pola candlestick spinning top, volume yang semakin membesar, pihak asing mulai membukukan net buy, kami melihat IHSG hari ini berpotensi untuk menguat lebih tinggi lagi. Pergerakkan naik bisa dimulai langsung naik, atau bisa saja terbentuk area konsolidasi baru lagi.

Mari kita monitor bersama untuk IHSG hari ini terutama foreign transaction activities.

2016-12-20_ihsg

Saham Highlight

Berikut adalah saham-saham yang perlu kami highlight lebih dalam lagi.

BJBR

Informasi pada chart:

  1. Trend UP
  2. Momentum UP
  3. Kemarin harga bergerak dengan volatilitas tinggi dan ditutup area harga hari sebelumnya. Diprediksikan harga akan membentuk area konsolidasi.
  4. Harga kemarin ditutup membentuk pola candlestick high wave candle dengan volume transasksi sangat tinggi diatas rata-rata 20 hari terakhirnya.
  5. Pihak bandar kemarin akumulasi sangat tinggi dan secara keseluruhan membuat bandar kembali melakukan akumulasi terhadap saham ini.

Kemarin harga bergerak sangat volatile, dimana harga pada awalnya bergerak melemah pada sesi pertama pasar dibukan, kemudian pada sesi kedua pasar dibua, harga langsung naik tinggi dan menjelang ditutup akhirnya melemah kembali. Setelah dilihat lebih lanjut pergerakkan pada awal sesi kedua, ada transaksi buy yang sangat besar sehingga harga terkatrol naik dan menjelang pasar ditutup, harga berangsur-angsur melemah.

Kami melihat hal ini cukup tricky karena terbentuk dua high wave pola candlestick; Untuk pola terakhir kemarin lebih mirip dengan shooting star. Volume transaksi yang terbentuk juga sangat tinggi.

Berangkat dari informasi ini, kami melihat ada potensi harga akan membentuk area konsolidasi baru karena harga bergerak tidak menentuk di range 3000 – 3500. Market sangat volatile dan kami tidak menganjurkan untuk menambah posisi baru untuk membeli saham ini baik bagi teman-teman yang belum memiliki saham ini maupun yang sudah.

2016-12-20_bjbr

TAXI

Informasi pada chart:

  1. Trend Sideways
  2. Momentum Sideways
  3. Kemarin harga bergerak dengan volatilitas tinggi dimana harga diangkat naik pada sesi pertama, kemudian pelan-pelan di sesi kedua ditutup melemah.
  4. Harga kemarin ditutup membentuk pola candlestick shooting star dengan volume transasksi sangat tinggi diatas rata-rata 20 hari terakhirnya.
  5. Pihak bandar kemarin akumulasi tinggi dan secara keseluruhan membuat bandar masih melakukan akumulasi terhadap saham ini.

Setelah terbentuknya pola candlestick shooting star dengan volume tinggi, kami melihat ada kemungkinan harga akan membentuk area konsolidasi baru, bisa saja harga akan bergerak melemah kebawah terlebih dahulu atau bahkan menguji level support yang baru saja ditembusnya. Yang terpenting adalah selama level belum tersentuh maka kita belum perlu untuk keluar posisi.

Kemudian bagi teman-teman yang belum memiliki saham ini bisa watch and see sampai muncul sinyal untu buy kembali. Dan bagi yang sudah memiliki bisa hold posisi saat ini selama level proteksi tidak tersentuh.

2016-12-20_taxi

SMMT

Informasi pada chart:

  1. Trend Sideways
  2. Momentum UP Sideways
  3. Kemarin harga bergerak dengan volatilitas tinggi dan ditutup area harga hari sebelumnya. Harga mencoba menembus area konsolidasi akan tetapi gagal dan pada akhirnya masuk kembali ke area konsolidasi.
  4. Harga kemarin ditutup membentuk pola candlestick shooting star dengan volume transaksi tinggi diatas rata-rata 20 hari terakhirnya.
  5. Pihak bandar kemarin melakukan distribusi dan secara keseluruhan membuat bandar kembali melakukan distribusi terhadap saham ini.

Saham ini pada awalnya mencoba untuk menembus area konsolidasi akan tetapi gagal, dan pada akhirnya harga kembali masuk ke area konsolidasi dan membentuk pola candlestick shooting star dengan volume tinggi. Melihat posisi bandar yang sedang melakukan distribusi, kami mempredikskan bahwa telah terjadi buying climax di resistance area konsolidasi. sehingga pada akhirnya akan membawa harga lebih kebawah lagi.

Rekomendasi kami bagi teman-teman yang mengkoleksi saham ini bisa sell untuk cut profit atau cut loss, karena ada potensi cukup besar harga akan bergerak melemah hari ini dan/atau beberapa hari kedepan. Kemudian bagi teman-teman yang belum mengkoleksi bisa watch and see saham ini sampai ada sinyal buy kembali.

2016-12-20_smmt

KESIMPULAN

Kami melihat kemarin IHSG ditutup melemah akan tetapi ada potensi hari ini bisa menguat. Kebetulan hari ini kami tidak memiliki rekomendasi buy karena dari seluruh saham-saham yang kami monitor dan amati dari kegiatan kemarin, belum ada sinyal buy. Kami hanya memiliki rekomendasi sell karena ternyata harga tidak sesuai dengan prediksi kami sebelumnya.

Hari ini kita bisa amati dan monitor bersama-sama untuk potensi sinyal buy dari saham-saham yang bergerak cukup tinggi. Teman teman bisa memonitor dari watchlist saham unggulan.

Kemudian jika teman-teman ingin mendapatkan update dari kami secepatnya, teman-teman bisa join di channel telegram kami di http://telegram.me/temantrader; atau bisa mendaftarkan email teman-teman di email subscription list kami.

Disclaimer:
Highlight dan rekomendasi saham kami adalah murni hasil analisa kami dan untuk kepentingan edukasi. Realisasi dari rekomendasi kami adalah keputusan akhir dari teman-teman trader.

 

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *