Rekomendasi Harian

IHSG Sudah 3 Hari Berturut-turut Menguat. INAF, BMRI, dan ISAT Adalah Rekomendasi Saham Hari Ini… (30 Desember 2016)

IHSG

Di penghujung tahun yang menyisakan satu hari trading lagi, kemarin IHSG ditutup lagi lagi menguat sebesar 93 points (1.79%) dengan volume yang lebih tinggi daripada hari kemarinnya, hal ini mengkonfirmasikan bahwa pergerakkan kemarin cukup sehat; walaupun begitu juga masih dibawah rata-rata volume transaksi 20 hari kebelekang. Pergerakkan indeks ini membentuk pola candlestick bullish yang cukup tinggi.

Namun kemarin pihak asing kembali membukukan net sell sebesar 223 Milyar setelah tiga hari trading sebelumnya membukukan net buy. Foreign net sell ini dihasilkan dari pasar regular (287 Milyar), pasar negosiasi membukukan net buy (64 Milyar).

Penguatan IHSG ini disupport oleh seluruh industri dimana seluruh industri menguat semuanya. Industri yang paling menguat kemarin adalah industri MISC-IND (3.22%), FINANCE (2.41%), INFRASTRUCTURE (2.40%). Hal ini cukup positif bagi hampir seluruh saham.

2016-12-29_heatmap

Bagaimana dengan pergerakkan IHSG hari ini?

Kami masih meyakini bahwa IHSG hari ini sebagai hari aktif terakhir di tahun 2016 ini masih akan bergerak menguat paling tidak untuk mencapai target sekitar 5350 – 5450; lebih specificnya indeks akan mencapai ke resistance terkuat yakni di 5400. Keyakinan kami ini terlihat dari menguatnya indeks yang disertai volume transaksi yang lebih kuat dari hari sebelumnya.

Mari kita monitor bersama pergerakkan IHSG di penghujung tahun 2016 ini.

2016-12-29_ihsg

Saham Highlight

Berikut adalah saham-saham yang perlu kami highlight lebih lanjut.

BWPT

Banyak trader yang membicarakan saham ini terutama pada saat harga ini sempat melakukan pergerakkan naik setelah sebelumnya mengalami pausing/bergerak sideways sementara pada hari Jumat kemarin.

Setelah bergerak menguat, pada hari Senin kemarin, harga mulai turun; kemudian kemarin harga ditutup dengan membentuk pola candlestick dragonfly doji disertai volume transaksi di rata-rata 20 hariannya. Hal ini menginformasikan kepada kita bahwa harga sempat melemah lalu kemarin di minor support harga menolak melemah lebih lanjut dan harga bergerak naik. Ketika harga bergerak naik inilah pada akhirnya membentuk dragonfly doji dimana pada saat harga bergerak naik, banyak buyer yang masuk untuk mengangkat harga ini naik.

Prediksi kami harga akan bergerak menguat dan membuat high baru. Apakah hari ini harga akan langsung bergerak naik atau akan membuat konsolidasi terlebih dahulu, inilah yang belum dapat kami ketahui, mari kita tunggu pergerakkan market hari ini.

Rekomendasi kami bagi teman-teman yang sudah mengkoleksi saham BWPT ini bisa hold. Kemudian bagi teman-teman yang belum mengkoleksi saham ini bisa watch and see untuk menunggu sinyal buy.

2016-12-29_bwpt

BUMI

Saham ini cukup ramai dididuskikan dan diperbincangkan di kalangan para trader dimana dua hari sebelumnya saham BUMI ini bergerak menguat cukup significant dengan volume diatas rata-rata 20 hariannya. Kemudian kemarin terbentuk pola candlestick spinning top dengan volume tinggi yang hampir sama dengan bullish tinggi di hari kemarinnya.

Yang bisa dapat ketahui disini adalah pergerakkan harga keatas akan mengalami pausing atau berhenti sementara, sehingga kami memprediksikan harga akan membentuk area konsolidasi sebelum pada akhirnya akan tetap bergerak ke arah utara dimana resistance kuat berikutnya ada di area 300 – 320.

Rekomendasi kami bagi teman-teman yang sudah membeli saham ini bisa hold; kemudian bagi yang belum bisa watch and see untuk menunggu sinyal buy selanjutnya.

2016-12-29_bumi

BJBR

Saham BJBR kemarin ditutup melemah setelah tiga hari berturut-turut menguat. Pergerakkan melemah kemarin membentuk pola candlestick spinning top di dekat dengan high yang terbentuk oleh Graveyard Doji (tanggal 20 Desember 2016) dimana spinning top yang terbentuk mengkonfirmasikan resistance.

Kami perkirakan harga bisa saja bergerak melemah mencari area support selanjutnya di area 2750. Jika hari ini harga menguat, maka harga harus ditutup diatas 3510 untuk memastikan harga benar-benar bergerak menguat.

Rekomendasi kami bagi teman-teman adalah watch and see untuk membeli saham ini. Bagi teman yang sudah memiliki saham ini dan ingin aman, bisa sell (cut loss/cut profit).

2016-12-29_bjbr

NIKL

Saham NIKL ini mirip dengan BJBR, dimana harga membentuk pola candlestick shooting star dengan volume cukup tinggi diatas rata-rata volume transaksi 20 hari kebelakang. Apakah ini artinya sinyal pembalikkan? bukan; ini adalah sinyal bahwa pergerakkan menguat harga ada pelemahan dimana terdapat shooting star dengan volume tinggi.

Lalu, bagaimana dengan pergerakkan selanjutnya? kami perkirakan harga akan bergerak melemah menuju area support untuk test area support. Jika hari ini harga bisa bergerak menguat, maka pastikan harga hari ini ditutup diatas 2920 untuk memastikan harga akan lanjut bergerak menguat mengikuti trend yang yang sedang naik.

Rekomendasi kami adalah hold bagi teman-teman yang sudah memiliki saham ini sebelumnya, dan jika menembus support maka bisa cut loss/profit. Kemudian bagi teman-teman yang belum memiliki saham ini bisa watch and see untuk menunggu sinyal buy yang valid.

2016-12-29_nikl

KAEF

Saham ini sebelumnya pernah diprediksi mengikuti saham NIKL yang bergerak naik terus menerus sampai menciptakan ribuan persen dalam setahun. Berbeda dengan saham KAEF, dimana start pada tanggal 23 November 2016, harga mengelami konsolidasi sampai dengan kemarin.
Harga kemarin ditutup menguat dan terlihat sudah mulai masuknya buyer untuk “mengangkat” harga saham ini naik dari volume.

Kami prediksikan harga akan menembus area konsolidasinya dan pada akhirnya akan menuju target resistance berikutnya yakni di 3400 dan jika lewat maka ke 3800.

2016-12-29_kaef

AISA

Setelah dua hari yang lalu kami merekomendasikan saham ini, ternyata kemarin harga ditutup melemah dengan volume yang cukup tinggi diatas rata-rata 20 hariannya. Kami melihat pergerakkan naik sedikit terhambat dan rupanya harga akan test ke area support ATAU membentuk area konsolidasi baru.

Rekomendasi kami bagi teman-teman yang sempat mengkoleksi saham ini bisa hold sampai level proteksi terlampaui. Kemudian bagi teman-teman yang belum mengkoleksi saham ini bisa menunggu sampai sinyal buy valid muncul kembali.

2016-12-29_aisa

SILO

Setelah hari Senin kemarin kami rekomendasikan, saham SILO ini naik cukup significant. Pergerakkan harga naiknya cukup tinggi yang tidak dibarengi dengan volume transaksi yang tinggi diatas rata-rata inilah yang menjadikan perhatian kami. Walaupun harga naik tinggi, akan tetapi volume sangat kecil jauh dibawah rata-rata 20 hariannya. Kami perkirakan hari ini, harga akan bergerak melemah untuk menguji area support terdekatnya ATAU harga akan membentuk area konsolidasi tepat dibawah resistance utama saat ini.

Rekomendasi kami bagi teman-teman yang sudah membeli saham ini sebelumnya bisa hold jika ingin mencapai targetnya, akan tetapi bagi yang tidak ingin berlama-lamaan dengan saham ini bisa cut profit walaupun belum mencapai targetnya.
Kemudian bagi teman-teman yang belum sempat membeli saham ini bisa menunggu harga menguji support dan bisa buy on weakness yang benar-benar valid.

2016-12-29_silo

Saham-saham ini akan selalu kami monitor dan kami juga memiliki beberapa saham yang memiliki probabilitas tinggi untuk menjadikan sebuah sinyal buy didalam watchlist saham unggulan kami.

Kemudian jika teman-teman ingin mendapatkan update dari kami secepatnya, teman-teman bisa join di channel telegram kami di http://telegram.me/temantrader; atau bisa mendaftarkan email teman-teman di email subscription list kami.

Kami ucapkan Selamat Tahun Baru 2017 dan Selamat Long Holiday kepada teman-teman semuanya 🙂

Disclaimer:
Highlight dan rekomendasi saham kami adalah murni hasil analisa kami dan untuk kepentingan edukasi. Realisasi dari rekomendasi kami adalah keputusan akhir dari teman-teman trader.

Previous ArticleNext Article

1 Comment

  1. Selamat pagi pak, analisis beberapa hari belakangan ini sudah tidak menggunakan bandar volume. Apakah memang sudah tidak menggunakan analisis bandar volume ? Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *