Rekomendasi Harian

IHSG Minggu Melemah Tajam. Rekomendasi Saham Apa Untuk Hari Ini? SCMA… (27 Desember 2016)

IHSG

IHSG bergerak melemah minggu lalu. Mari kita lihat review dan analisa price action dari IHSG di minggu lalu.

IHSG Mingguan: IHSG Melemah Tajam Akan Tetapi Tidak Diiringi Dengan Volume Yang Cukup

Terlihat IHSG bergerak melemah menembus support area konsolidasinya dengan volume yang sebenarnya kurang tinggi yang bisa mengkonfirmasikan indeks benar-benar menembus area konsolidasinya.

Jika memang harga bergerak melemah di minggu ini, maka hal ini secara otomatis mengkonfirmasikan bahwa IHSG akan bergerak melemah lagi menuju area 4750 – 4900. Akan tetapi jika ternyata indeks bergerak naik kembali ke area konsolidasi maka bisa IHSG bisa dikatakan tidak akan bergerak melemah dan bertahan di support.

2016-12-26_ihsg-weekly

IHSG Harian: Indeks Melemah menembus Area Konsolidasi Dengan Volume Rendah

Di timeframe harian, terlihat juga IHSG sama dengan timeframe mingguan dimana saat ini indeks berada di menembus dibawah area konsolidasinya, akan tetapi dengan volume yang sangat rendah. Kemudian indeks juga membentuk pola doji sedikit dibawah support, hal ini menginformasikan kepada kita bahwa ada kemungkinan indeks bergerak menguat kembali ke area konsolidasinya.

Kabar baik di IHSG ini adalah selama tiga hari berturut-turut, pihak asing sudah mulai membukukan net buy dan semoga hal ini berlanjut sampai dengan tahun depan. Pada hari Jumat kemarin, pihak asing berhasil membukukan net buy sebesar 457 Milyar.

Pergerakkan IHSG yang melemah di hari Jumat kemarin, ternyata seluruh industri bergerak mix, dimana industri yang paling menguat adalah industri BASIC-IND dengan penguatan sebesar 0.39% dan industri yang paling melemah adalah industri MISC-IND dengan pelemahan sebesar -2.19%.

2016-12-26_heatmap

Bagaimana dengan pergerakkan IHSG untuk hari ini?

Kami memperkirakan IHSG akan bergerak naik kembali ke area konsolidasinya. Kami cukup yakin karena pada hari jumat kemarin IHSG ditutup melemah dengan membentuk pola candlestick doji dengan volume yang rendah di support area konsolidasi. Jika memang market berkehendak berbeda dengan prediksi kita, kita harus memiliki proteksi, oleh karena itu dalam menyusun trading plan kita, level proteksi atau level cut loss harus ditentukan juga.

Pergerakkan IHSG di minggu ini sangat menentukan pergerakkan IHSG di awal tahun depan, karena jika melemah, maka IHSG akan mengalami koreksi cukup dalam ke area 4750 – 4900; dan jika bergerak kembali ke area konsolidasi maka IHSG berpotensi bergerak menguat di awal tahun depan.

Mari kita monitor bersama pergerakkan IHSG selanjutnya.

2016-12-26_ihsg-daily

Saham Highlight

Berikut adalah saham-saham yang perlu kami highlight.

TELE

Harga saat ini berada di area konsolidasi tepat di resistance kuat. Dari pergerakkan harga, terlihat harga pernah membentuk shooting star yang mengindikasikan penolakkan pergerakkan diatas resistance dengan volume yang cukup besar. Besar kemungkinan harga akan bergerak melemah untuk test area support sebelumnya di area 700 – 730.

Rekomendasi kami adalah watch and see. Jika harga menembus area konsolidasi maka kita bisa mengikutinya dengan membeli saham ini. Dan jika harga menembus support area konsolidasi maka kita bisa menunggu harga memantul di area support 700 – 730.

2016-12-26_tele

BMTR

Harga saat ini di area konsolidasi dan bergerak sideways. Yang menjadi perhatian kami disini adalah terbentuk nya pola candlestick hammer yang melakukan test support area konsolidasi. Kondisi saat ini sangat menarik dan bagus untuk kita masukkan ke dalam watchlist.

Rekomendasi kami tetap watch and see dari saham ini karena memiliki potensi untuk breakout atau menembus area konsolidasi saat ini. Jika harga benar-benar menembus, maka harga akan bergerak ke area 800 – 850. Mari kita perhatikan bersama

2016-12-26_bmtr

BRPT

Harga saat ini masih didalam area konsolidasi. Yang paling menarik perhatian kami disini adalah terbentuknya pola candlestick hammer dan menjadikan secara keseluruhan pola candlestick morning star yang merupakan pantulan harga dari support sebelumnya.
Hal ini menjadi sangat menarik untuk kita monitor dan perhatikan, oleh karena itu kami memasukkan saham ini ke dalam watchlist saham unggulan kami.

Rekomendasi kami tetap watch and see disertai juga dengan waspada, karena kami melihat ada kemungkinan juga harga akan retest lagi ke support area konsolidasi. Sinyal akan benar-benar terbentuk jika harga bergerak naik menembus resistance area konsolidasi ini. Mari kita monitor dan perhatikan bersama di beberapa hari ke depan.

2016-12-26_brpt

BJBR

Kami bisa menyebut saham ini sangat fenomenal di tahun 2016 ini. Bagaimana tidak fenomenal, saham ini bergerak naik sangat tajam di penghujung akhir tahun 2016.
Dari pergerakkan harga kita bisa lihat bahwa saat ini harga membentuk high wave doji dan shooting star, kemudian pada penutupan hari Jumat minggu lalu, harga bergerak menguat dengan membentuk pola candlestick bullish dengan volume sedikit meningkat.

Disini kami melihat seolah-olah saham ini akan melemah, akan tetapi sepertinya harga terbentuk dengan support yang cukup kuat (support yang sebelumnya resistance) yang menjadikan harga kembali naik. Walaupun begitu juga, harga masih bergerak di area konsolidasi.

Rekomendasi kami untuk saham BJBR ini adalah hati-hati menunggu kejelasan harga bergerak; kejelasan terlihat ketika harga menembus area konsolidasi dan/atau support kuat. Prediksi kami tetap harga akan naik, akan tetapi harus hati-hati volatilitas saham ini masih sangat tinggi.

2016-12-26_bjbr

Saham-saham ini akan selalu kami monitor dan kami juga memiliki beberapa saham yang memiliki probabilitas tinggi untuk menjadikan sebuah sinyal buy didalam watchlist saham unggulan kami.

Kemudian jika teman-teman ingin mendapatkan update dari kami secepatnya, teman-teman bisa join di channel telegram kami di http://telegram.me/temantrader; atau bisa mendaftarkan email teman-teman di email subscription list kami.

Disclaimer:
Highlight dan rekomendasi saham kami adalah murni hasil analisa kami dan untuk kepentingan edukasi. Realisasi dari rekomendasi kami adalah keputusan akhir dari teman-teman trader.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *