Market Review

IHSG Minggu Lalu Menguat! Bagaimana Dengan Minggu Depan? Apakah Terus Bisa Menguat?

IHSG minggu ini bergerak menguat! akan tetapi dengan pergerakkan yang menguat ini ada beberapa catatan yang perlu disampaikan. Mari kita analisa pergerakkan IHSG dari timeframe Bulanan sampai dengan timeframe harian untuk melihat pergerakkan IHSG secara keseluruhan.

IHSG Time frame Bulanan: Potensi Untuk Masih Bergerak Terbatas

Terilhat IHSG bulan lalu bergerak melemah dengan volume cukup tinggi, akan tetapi terhambat oleh support dari area konsolidasi yang terbentuk, dan terlihat juga tingginya volume mengindikasikan sudah mulai masuknya buyer yang menolak IHSG bergerak menembus support area konsolidasinya.

Prediksi kami untuk bulan ini (Desember 2016), IHSG akan bergerak terbatas di area konsolidasi dan cenderung mendekati resistance area konsolidasi.

2016-12-04_ihsg-bulanan

IHSG Timeframe Mingguan: Potensi Indeks Bergerak Naik

Kami melihat IHSG di timeframe mingguan, ada potensi harga bergerak naik menuju resistance area konsolidasinya. Hal ini terlihat dari candlestick bullish yang terbentuk minggu ini dengan volume tinggi diatas rata-rata 20 hari dan tertinggi di 5 minggu terakhir. Candlestick bullish ini ditutup diatas candlestick hammer yang terbentuk di dua minggu sebelumnya dimana hal ini yang mengkonfirmasikan harga akan bergerak naik.

Prediksi kami untuk minggu depan, IHSG akan bergerak menguat; akan tetapi penguatannya tidak akan tinggi.

2016-12-04_ihsg-mingguan

IHSG Timeframe Harian: Indeks berpotensi test area support

Dari timeframe harian, terlihat di minggu ini harga terus menguat sampai indeks menembus area konsolidasi; hal ini positif, akan tetapi volume justru semakin melemah. Hal ini mengindikasikan walaupu indeks bergerak menguat akan tetapi mulai melemah kekuatannya dimana artinya buyer semakin berkurang yang masuk ke pasar.

Prediksi kami untuk beberapa hari kedepan, harga akan melakukan test area konsolidasi sebagai support yang baru saja ditinggalkannya untuk mengumpulkan buyer guna mengangkat IHSG menguat kembali ke area resistance diatas (5300 – 5400).

2016-12-04_ihsg-harian

KESIMPULAN

IHSG untuk bulan Desember ini kami prediksikan bergerak terbatas; walaupun begitu juga, indeks akan bergerak mendekat resistance area konsolidasi.

Pergerakkan di bulan ini bisa terlihat juga dari pergerakkan harga timeframe mingguan dan harian, dimana terlihat adanya potensi harga bergerak naik. Yang menjadi catatan, adalah untuk beberapa hari kedepan (minggu depan) harga ada potensi melemah untuk test area konsolidasi yang baru saja ditembusnya.

Demikian review kami terhadap IHSG di weekend ini. Review ini kami sampaikan berdasarkan analisa price action dan volume. Kami masih percaya bahwa price discounts everything dimana artinya harga yang tercetak pada chart mencerminkan sentiment dan perilaku para pelaku pasar termasuk big institution (asing dan domestik) dan pelaku retail.

Semoga analisa dan review ini membantuk teman-teman untuk menyusun trading plan untuk minggu depan.

Have a nice weekend 😉

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *