Stock of the week

IHSG Minggu Ini Bergerak Melemah? Masih Ada Potensi Naik Untuk Minggu Depan?

Mengacu kepada harga penutupan pada hari Jumat kemarin, IHSG selama seminggu ditutup melemah. Bagaimana dengan pergerakkan selama satu minggu ke depan? mari kita analisa satu per satu dari timeframe mingguan ke timeframe harian.

IHSG Timeframe Harian: Masih Ada Potensi Menguat Minggu Depan Akan Tetapi Masih Terbatas

Mari kita lihat timeframe mingguan IHSG. Minggu ini ternyata IHSG ditutup melemah. hanya saja pergerakkan melemah ini belum menentukan pergerakkan harga selanjutnya. Karena kami melihat walaupun bergerak melemah, volume transaksi semakin mengecil yang mengindikasikan melemahnya indeks tidak dibarengi dengan seller dari para pemain besar kemudian di minggu ini juga hari aktif trading 4 hari aktif.

Prediksi kami indeks masih ada kemungkinan untuk bergerak menguat tapi masih terbatas di minggu depan. Detail dari pergerakkan bisa kita lihat nanti di timeframe harian.

2016-12-18_ihsg-tf-weekly

IHSG Timeframe Harian: Masih Ada Kesempatan Bergerak Menguat Untuk Minggu Depan

Di timeframe harian, IHSG terlihat masih bergerak di area konsolidasi dan saat ini harga berada di support area konsolidasinya. Pergerakkan melemah pada hari Jumat sebesar 23 points (-0.43%) dengan membentuk pola candlestick bearish ini tidak dibarengi dengan menguatnya volume transaksi, volume transaksi selain masih dibawah rata-rata 20 harinya, volume lebih lemah daripada hari Kamis. Hal ini mengindikasikan pergerakkan melemah IHSG masih lemah dan kemungkinan di beberapa hari ke depan IHSG masih bergerak terbatas di area konsolidasi dan cenderung menguat.

2016-12-18_ihsg-tf-daily

KESIMPULAN

Dari analisa IHSG di kedua timeframe, mingguan dan harian, dapat kita ketahui bahwa IHSG saat ini bergerak terbatas dan belum ada pergerakkan yang significant. Minggu ini masih bergerak melemah yang dikonfirmasikan oleh pergerakkan indeks di timeframe harian dan mingguan beserta dengan volume transaksinya.

Prediksi kami setelah melihat dari kedua timeframe, kami masih yakin IHSG masih akan bergerak menguat akan tetapi cenderung terbatas. Jika ada stimulasi berupa berita atau kebijakan-kebijakan pemerintah yang menurut pelaku pasar baik dan menguntungkan terutama dari pihak investor asing, maka ada kemungkinan IHSG bisa bergerak menguat dan menembus area konsolidasinya. Untuk saat ini masih di area konsolidasi terlebih dahulu.

Demikian review kami terhadap IHSG di weekend ini. Review ini kami sampaikan berdasarkan analisa price action dan volume. Kami masih percaya bahwa price discounts everything dimana artinya harga yang tercetak pada chart mencerminkan sentiment dan perilaku para pelaku pasar termasuk big institution (asing dan domestik) dan pelaku retail.

Semoga analisa dan review ini membantuk teman-teman untuk menyusun trading plan untuk minggu depan.

Have a nice weekend 😉

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *