Rekomendasi Harian

IHSG Menguat Tipis Dan Membentuk Area Konsolidasi Baru. Saham Apa Yang Menarik? GGRM … (1 Desember 2016)

IHSG

Kemarin indeks ditutup menguat tipis sebesar 12 points (0.23%) dan membentuk pola candlestick dragonfly doji dengan volume diatas rata-rata 20 hariannya. Indeks sempat bergerak naik akan tetapi pada akhir sesi kedua banyak pelaku pasar modal menjual sehingga terbentuk dragonfly doji. Posisi doji ini berada di resistance area konsolidasi besar. Indeks juga mengkonfirmasikan konsolidasi kecil (2100-2200) yang terbentuk di area konsolidasi besar (lihat chart). Ini mengindikasikan kemarin indeks bergerak terbatas tanpa bisa menembus resistance area konsolidasi besarnya.

Walaupun IHSG menguat tipis, pihak asing membukukan net sell sebesar 1.07 Trilliun. Hal ini menginformasikan kepada kita pihak asing masih menarik modalnya dari pasar modal Indonesia sampai dengan kemarin pada saat harga bergerak tidak menentu atau bergerak di area sideways.

Bagaimana dengan pergerakkan saham-saham di beberapa industri? terlihat pergerakkannya hampir merata dan industri yang paling mengalami pelemahan adalah industri MINING yakni sebesar -1.88%, kemudian industri yang paling mengalami penguatan adalah industri PROPERTY (1.9%)

2016-11-30_heatmap

Bagaimana dengan prediksi pergerakkan IHSG hari ini?

IHSG diperkirakan akan bergerak terbatas, di area konsolidasi kecil 2100 – 2200. Hari ini kami prediksi akan bergerak melemah ke support area konsolidasi kecil. Kami masih positif melihat hal ini, karena bisa saja indeks akan bergerak menguat menembus area konsolidasi kecil dan besar dengan volume tinggi dan lebih banyak investor asing yang masuk.

Mari kita monitor bersama pergerakkan IHSG hari ini…

2016-11-30_ihsg

Saham Highlight

Berikut adalah saham-saham yang perlu kami highlight

KREN

Informasi pada chart:

  1. Trend UP
  2. Momentum UP Kuat
  3. Saat ini setelah harga sedang berada di resistance area konsolidasi besar degan membentuk area konsolidasi baru (Lihat gambar)
  4. Harga kemarin ditutup membentuk pola candlestick bearish dengan volume tinggi di atas rata-rata harian 20 hari terakhir.
  5. Pihak bandar kemarin melakukan akumulasi besar-besaran. Secara keseluruhan pihak bandar masih melakukan akumulasi terhadap saham ini.

Saham ini masih di area konsolidasi dan hari ini harga membentuk bearish dengan wick/buntut bawah agak panjang yang mengindikasikan pihak buyer sudah mulai banyak juga. Dan rupanya pihak bandar mulai banyak masuk disini.

Watch and see untuk menunggu harga menambus area konsolidasi sebagai sinyal buy. Bagi yang sudah mengkoleksi bisa hold.

2016-11-30_kren

PWON

Informasi pada chart:

  1. Trend Sideways
  2. Momentum Down Lemah (Sideways)
  3. Saat ini setelah harga sedang berada di area konsolidasi
  4. Harga kemarin ditutup membentuk pola candlestick highwave dengan volume tinggi di atas rata-rata harian 20 hari terakhir.
  5. Pihak bandar kemarin melakukan akumulasi besar.

Harga masih didalam area konsolidasi akan tetapi sepertinya ada pertempuran antara buyer dan seller yang menghasilkan volume yang sangat tinggi. Ternyata dari pertempuran ini, dimenangkan oleh pihak bandar dari sisi buyer. Mari kita lihat pergerakkan harga di hari-hari berikutnya, apakah bisa menembus area konsolidasi?

Rekomendasi kami, watch and see untuk menunggu harga menembus area konsolidasi.

2016-11-30_pwon

BEKS

Informasi pada chart:

  1. Trend UP
  2. Momentum UP
  3. Saat ini harga bergerak masih dengan dua scenario, apakah harga membentuk area konsolidasi baru atau test area support yang baru saja ditembusnya. Jika hari ini harga bergerak keatas, maka akan terbentuk area konsolidasi baru.
  4. Harga kemarin ditutup membentuk pola candlestick bullish kecil dengan wick/buntut cukup panjang di atas dan dibawah body dengan volume diatas rata-rata harian 20 hari terakhir; akan tetapi cenderung sama dengan dua hari sebelumnya. Yang artinya pihak buyer sudah mulai masuk ke pasar untuk menekan harga naik dan seller yang tidak kalah banyak yang menekan harga kebawah.
  5. Pihak bandar kemarin masih distribusi saham ini masih tinggi akan tetapi masih lebih rendah daripada kemarinnya.

Terbentuk candlestick pattern dengan body kecil akan tetapi punya wick/buntut agak panjang atas dan bawah yang menunjukkan ketidak pastian di area support yang terbentuk dari window.

Prediksi kami harga akan tertahan di support ini dan ada potensi harga akan bergerak naik paling tidak ke high sebelumnya 97 – 100. Walaupun ada potensi naik, ada kemungkinan harga akan bergerak juga untuk test area support karena pihak bandar melakukan distribusi.

Waspadai untuk proteksi keuntungan yang teman-teman miliki jika sudah profit. Akan tetapi jika ingin mengambil resiko sedikit lebih tinggi, teman-teman bisa menahan posisi dan menunggu ke area 97 – 100 bisa juga.

Bagi teman-teman yang belum memiliki posisi, bisa watch and see karena belum ada sinyal untuk masuk.

2016-11-30_beks

PPRO

Informasi pada chart:

  1. Trend UP
  2. Momentum UP Kuat
  3. Saat ini harga sedang bergerak semakin jauh meninggalkan area konsolidasinya menuju target pertamanya.
  4. Harga kemarin ditutup membentuk pola candlestick bullish dengan volume di atas rata-rata harian 20 hari terakhir.
  5. Pihak bandar kemarin akumulasi saham ini cukup tinggi dan secara overall, pihak bandar masih mengakumulasi saham ini.

Harga masih bergerak naik terlihat dari volume yang cukup tinggi dan pihak bandar yang masih akumulasi saham ini. Prediksi kami target 1600 dan membuat high baru masih masuk akal dan sesuai dengan trading plan sebelumnya.

Rekomendasi kami hold bagi yang telah mengkoleksi saham ini. Bagi yang belum punya, watch and see karena belum ada sinyal buy.

2016-11-30_ppro

Saham-saham ini akan selalu kami monitor dan kami juga memiliki beberapa saham yang memiliki probabilitas tinggi untuk menjadikan sebuah sinyal buy didalam watchlist saham unggulan kami.

Kemudian jika teman-teman ingin mendapatkan update dari kami secepatnya, teman-teman bisa join di channel telegram kami di http://telegram.me/temantrader; atau bisa mendaftarkan email teman-teman di email subscription list kami.

Disclaimer:
Highlight dan rekomendasi saham kami adalah murni hasil analisa kami dan untuk kepentingan edukasi. Realisasi dari rekomendasi kami adalah keputusan akhir dari teman-teman trader.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *