Rekomendasi Harian

IHSG Ditutup Menguat Kemarin. Rekomendasi Saham Apa Hari Ini? TMAS… (9 Desember 2016)

IHSG

IHSG kemarin ditutup menguat sebesar 38 points (0.73%) dengan volume yang sedikit menguat dibanding kan kemarin akan tetapi masih dibawah rata-rata 20 hariannya. Indeks membentuk pola candlestick bullish. Hal ini mengindikasikan IHSG kemarin bergerak menguat akan tetapi masih belum banyak buyer yang masuk ke pasar.

Kemudian dari pihak asing hari ini masih terlihat membukukan net sell sebesar 465 Milyar. Hal ini tidak perlu dirisaukan, karena jika dilihat dari 6 bulan yang lalu, pihak asing masih membukukan net buy sebear 12.46 Trilliun. Sehingga, dari perspektif uang yang keluar dan masuk ke/dari luar negeri selama 6 bulan kebelakang tidak ada rush dana investasi keluar; saat ini memang masih banyak yang keluar. Kami masih optimis, IHSG masih akan tetap bergerak naik dan bahkan mencetak all time high.

Seluruh industri hampir hijauh, hanya industri MINING (-1.42%) dan AGRI (-0.41%) yang mengalami pelemahan. Pergerakkan paling kuat di industri INFRASTRUCTURE (1.62%) dan PROPERTY (1.59%).

2016-12-08_heatmap

Bagaimana dengan pergerakkan IHSG hari ini?

Berdasarkan informasi yang kami terima ini, kami memprediksikan, IHSG hari ini masih akan bergerak menguat walaupun volume transaksinya masih sama seperti sebelum-sebelumnya dimana masih belum banyak buyer yang masuk ke dalam pasar. Indeks kami perkirakan juga akan bergerak ke area 5320, hal ini mengingat volume transaksi yang melemah dan didepan perjalanan indeks ada resistance.

Tidak menutup kemungkinan juga indeks bisa bergerak menguat dengan volume transaksi yang tinggi dan bisa menuru ke area resistance yang paling kuat, yakni 5400.

Mari kita monitor dan amati bersama…

2016-12-08_ihsg

Saham Highlight

Berikut adalah saham yang perlu kami highlight

BJBR

Informasi pada chart:

  1. Trend UP
  2. Momentum UP
  3. Kemarin harga ditutup sangat melemah dan membentuk resistance minor.
  4. Harga kemarin ditutup membentuk pola candlestick dark cloud cover dan candle bearish-nya terbentuk dengan dengan volume jauh di atas rata-rata harian 20 hari terakhir.
  5. Pihak bandar kemarin mulai mendistribusikan saham ini sangat tinggi; hal ini menyebabkan pihak bandar menjadi netral secara keseluruhan.

Setelah harga bergerak eklplosif naik di beberapa hari yang lalu, kemarin harga bergerak melemah cukup tajam membentuk pola candlestick dark cloud cover dengan volume yang cukup tinggi pula, dan pihak bandar melakukan distribusi sangat tinggi.
Kami melihat hal ini sebeagai pelembatan kenaikkan harga, dan saat ini bisa dikatakan harga rehat sejenak dan ada kemungkinan membentuk area konsolidasi.

Rekomendasi kami bagi yang sudah mengkoleksi saham ini bisa hold, karena jika memang ada perubahan trend tidak langsung seketika membalik, akan tetapi akan membentuk area konsolidasi (dan ketika harga menguji area test, teman-teman bisa menjualnya disana; kemudian jika ada yang ingin menunggu di tujuan, area 3000, masih bisa, karena bisa saja harga akan menembus ke area 3000.
Kemudian bagi teman-teman yang belum memiliki, masih harus watch and see untuk segala sinyal buy yang akan terjadi.

2016-12-08_bjbr

GJTL

Informasi pada chart:

  1. Trend DOWN (Sideways)
  2. Momentum DOWN (Sideways)
  3. Harga ternyata menolak untuk menembus resistance dan bergerak melemah.
  4. Harga kemarin ditutup membentuk pola candlestick dark cloud cover dimana bearish candlesticknya dengan volume di bawah rata-rata harian 20 hari terakhir dan lebih kecil dibandingkan dengan volume transaksi dua hari sebelumnya.
  5. Pihak bandar kemarin melakukan akumulasi akan tetapi tidak banyak merubah posisi distribusi bandar secara overall yang masih distribusi saham ini.

Harga membentuk pola candlestick dark cloud cover dengan volume yang semakin melemah. Indikasi harga tidak kuat bergerak keatas dan membentuk area konsolidasi. Pihak bandar yang mengakumulasi juga semakin melemah. Prediksi kami harga akan membentuk area konsolidasi.

Rekomendasi kami, bagi teman-teman yang masih memegang saham ini dan ragu harga akan bergerak keatas lagi, maka teman-teman bisa menunggu harga test resistance ketika harga sedang membentuk area konsolidasi. Jika teman teman masih ada yang percaya saham ini akan naik, bisa hold.
Kemudian bagi teman-teman yang belum memiliki saham ini bisa watch and see untuk menunggu sinyal buy.

2016-12-08_gjtl

MLPL

Informasi pada chart:

  1. Trend Sideways.
  2. Momentum Sideways.
  3. Setelah harga menembus area konsolidasi dan trendline hari kemarinnya, kemarin harga kembali melemah lagi mengarah ke area support yang baru saja ditembusnya.
  4. Harga kemarin ditutup membentuk pola candlestick bearish dengan dengan volume jauh di atas rata-rata harian 20 hari terakhir (akan tetapi masih lebih kecil dibandingkan dengan hari sebelumnya).
  5. Pihak bandar kemarin melakukan akumulasi saham ini dan secara keseluruhan pihak bandar masih melakukan akumulasi terhadap saham ini.

Setelah harga menembus area konsolidasi dan trendline, harga bergerak berbalik ke area support dengan volume tinggi diatas rata-rata. Walaupun melemah, pihak bandar masih akumulasi, justru lebih tinggi. Prediksi kami harga akan test area konsolidasi/support.

Rekomendasi kami bagi yang sudah membeli saham ini kemarin, masih bisa hold terus selama level cut loss belum terlampaui. Kemudian bagi teman-teman yang belum memiliki, ada kesempatan untuk join, dengan buy on weakness, maksudnya, teman-teman bisa menunggu harga ke support dan menunggu konfirmasi harga memantul dari area support.

2016-12-08_mlpl

BNII

Informasi pada chart:

  1. Trend Sideways
  2. Momentum Sideways
  3. Harga kembali ke area konsolidasi.
  4. Harga kemarin ditutup membentuk pola candlestick darkcloud cover dengan volume kecil sedikit dibawah rata-rata 20 harinya.
  5. Pihak bandar kemarin melakukan distribusi saham ini (cenderung netral) akan tetapi secara keseluruhan pihak bandar masih melakukan akumulasi terhadap saham ini.

Setelah harga menembus area konsolidasi dua hari lalu, harga kembali lagi ke area konsolidasi dengan volume yang kecil. prediksi kami harga akan masih bergerak di area konsolidasi. Kami masih yakin harga akan breakout area konsolidasi karena pihak bandar masih melakukan akumulasi.

Rekomendasi kami bagi teman-teman yang sudah mengkoleksi saham ini bisa hold selama level cut loss belum tersentuh. Kemudian bagi teman-teman yang belum, bisa watch and see untuk menunggu kesempatan kedua ketika harga menembus area konsolidasi ini kembali.

2016-12-08_bnii

Saham-saham ini akan selalu kami monitor dan kami juga memiliki beberapa saham yang memiliki probabilitas tinggi untuk menjadikan sebuah sinyal buy didalam watchlist saham unggulan kami.

Kemudian jika teman-teman ingin mendapatkan update dari kami secepatnya, teman-teman bisa join di channel telegram kami di http://telegram.me/temantrader; atau bisa mendaftarkan email teman-teman di email subscription list kami.

Disclaimer:
Highlight dan rekomendasi saham kami adalah murni hasil analisa kami dan untuk kepentingan edukasi. Realisasi dari rekomendasi kami adalah keputusan akhir dari teman-teman trader.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *