Rekomendasi Harian

IHSG Diprediksi Bergerak Terbatas Di Minggu Ini, Saham-saham Mana Saja Yang Perlu Diperhatikan? (19 November 2016)

IHSG

IHSG kemarin pada hari Jumat ditutup melemah sebesar 23 points (-0.43%) membentuk pola candlestick bearish (dark cloud cover) dengan volume yang dibawah rata-rata 20 hariannya. Indeks saat ini juga berada di support. Hal ini menginformasikan kepada kita walaupun IHSG melemah pada hari Jumat lalu, indeks masih berada di support area konsolidasinya dimana kemungkinan pelemahan yang disertai volume dibawah rata-rata ini tidak akan berlanjut dan menembus area konsolidasi.

Kemudian pihak asing masih membukukan net sell yang cukup besar yakni 1.27 Trilliun. Jika dilihat dari 6 bulan lalu, pihak asing masih membukukan net buy sebesar 7.33 Trilliun dan year to date sebesar 13.38 Trilliun. Hal ini mengisyaratkan kita agar tidak perlu panik karena pihak asing masih membukukan net buy paling tidak selama tahun 2016 berlangsung.

Pelemahan IHSG ini hampir disupport oleh seluruh industri, namun hanya dua industri yang menguat, yakni industri BASIC-IND (0.85%) dan industri AGRI (0.46%). Dari seluruh industri yang memerah, ada dua industri yang paling melemah yakni, industri MISC-IND (-1.96%) dan INFRASTRUCTURE (-1.54%).

2016-12-18_heatmap

Bagaimana pergerakkan IHSG untuk beberapa hari ini dan beberapa hari kedepan?

Masih sesuai dengan prediksi yang kami berikan hari Minggu kemarin,  beberapa hari kedepan IHSG akan bergerak terbatas di area konsolidasi saat ini indeks berada (5230 – 5300), dan ada possibility untuk menguat akan tetapi tidak banyak. Indeks bisa saja bergerak naik dengan volatilitas tinggi jika ada dorongan berita news yang bernada positif bagi investor asing.

mari kita monitor bersama pergerakkan berikutnya.

2016-12-18_ihsg-tf-daily

Saham Highlight

Berikut adalah saham-saham yang kami perlu highlight untuk pergerakkannya di hari ini.

BJBR

Informasi pada chart:

  1. Trend UP
  2. Momentum UP
  3. Kemarin harga ditutup sangat menguat dan menembus area konoslidasi.
  4. Harga kemarin ditutup membentuk pola candlestick bullish dengan volume transasksi terjadi meningkat dan jauh diatas rata-rata harian 20 hari terakhir.
  5. Pihak bandar kemarin masih netral; dan sejak harga membentuk area konsolidasi, pihak bandar masih melakukan distribusi.

Kami melihat saham ini sedikit tricky, karena setelah adanya pergerakkan naik yang tajam di 2 minggu yang lalu, adanya penjualan yang cukup tajam juga dengan volume yang tinggi juga. Hal ini perlu menjadi perhatian kita juga, karena harga bergerak sangat dramatis pergerakkannya.

Kami memprediksikan harga akan terus bergerak naik ke area 3000 – 3500, hanya saja kami lebih yakin di area 3000, hal ini karena kami sudah mendeteksi adanya cup n handle pattern yang target harga bergerak berikutnya di 3000.

Bagi teman-teman yang sudah mengkoleksi saham ini, pada saat harga di area 3000 harus ekstra hati-hati untuk pergerakkan yang sangat rentan akan aksi taking profit dari para pelaku pasar.
Bagi teman-teman yang belum mengkoleksi saham ini, bisa menunggu lagi sampai kondisi pergerakkan cukup kondusif terlebih dahulu. Saat ini voaltilitas dari saham ini cukup tinggi yang terlihat dari pergerakkan harga dan volume transaksi yang tinggi.

2016-12-18_bjbr

TINS

Informasi pada chart:

  1. Trend UP
  2. Momentum UP Lemah
  3. Saat ini setelah harga meninggalkan area konsolidasinya, harga berada di area support.
  4. Harga hari jumat kemarin ditutup menguat membentuk pola candlestick bullish dengan volume masih dibawah rata-rata harian 20 hari terakhir. Yang menjadi perhatian adalah volume yang yang semakin lama semakin berkurang dimana hal ini menunjukkan pergerakkan haik harga yang membentuk higher high sudah semakin melemah.
  5. Pihak bandar kemarin netral terhadap saham ini; akan tetapi secara keseluruhan bandar sudah mulai distribusi saham ini.

Para pelaku pasar yang sudah mengkoleksi saham ini sepertinya masih yakin saham ini masih bergerak naik. Kami saat ini sedikit worry, karena sudah terlihat volume yang berangsur angsur berkurang, dan pihak bandar yang sudah memulai proses distribusi.

Prediksi kami, saham ini akan bergerak membentuk area konsolidasi baru atau mencoba untuk bergerak keatas, akan tetapi nanti akan bergerak melemah. Saat ini kondisi buy sedang tidak aman, karena ada kecenderungan harga bergerak melemah kembali. JIKA ada berita yang bagus dan dikonfirm oleh harga naik dan volume tinggi diatas dari volume-volume tinggi sebelumnya, maka bisa dilihat kembali pergerakkan berikutnya.
JIKA tetap seperti ini, harga diprediksi akan bergerak harga melemah dengan “terminal” berikutnya adalah area support 850 – 900.

Bagi yang sudah mengkoleksi saham ini bisa menunggu waktu yang tepat untuk cut loss/cut profit. Bagi yang yang belum mengkoleksi bisa watch and see untuk mendapatkan momentum yang tepat untuk buy.

2016-12-18_tins

KAEF

Kami masih membahas dan menganalisa secara khusus saham ini karena masih ada beberapa teman-teman trader yang masih ingin kami menganalisa saham ini secara khusus. Kami akan coba untuk membahasnya lagi walaupun posisinya masih sama dengan beberapa hari yang lalu, harga masih bergerak sideways.

Informasi pada chart:

  1. Trend UP (Sideways)
  2. Momentum UP
  3. Kemarin harga ditutup melemah.
  4. Harga kemarin ditutup membentuk pola candlestick doji dengan adanya volume transasksi yang sangat kecil dan melemah dibawah rata-rata harian 20 hari terakhir.
  5. Pihak bandar kemarin netral cenderung akumulasi; dan secara keseluruhan, pihak bandar masih melakukan akumulasi. yang menjadi perhatian disini adalah pola akumulasi yang dilakukan oleh pihak bandar 🙂

Terlihat pihak bandar masih melakukan akumulasi terhadap saham ini walaupun harga di area konsolidasi. Kami masih yakin saham ini masih bisa bergerak menguat menembus area konoslidasi dan menuju 3800.

Rekomendasi kami bagi yang sudah mengkoleksi saham ini bisa hold, kemudian bagi yang belum bisa menunggu harga bergerak menembus area konsolidasi sebagai sinyal buy.

2016-12-18_kaef

Saham-saham ini akan selalu kami monitor dan kami juga memiliki beberapa saham yang memiliki probabilitas tinggi untuk menjadikan sebuah sinyal buy didalam watchlist saham unggulan kami.

Kemudian jika teman-teman ingin mendapatkan update dari kami secepatnya, teman-teman bisa join di channel telegram kami di http://telegram.me/temantrader; atau bisa mendaftarkan email teman-teman di email subscription list kami.

Disclaimer:
Highlight dan rekomendasi saham kami adalah murni hasil analisa kami dan untuk kepentingan edukasi. Realisasi dari rekomendasi kami adalah keputusan akhir dari teman-teman trader.

Catatan Penting Untuk Rekomendasi Saham Hari Ini:
Hari ini kami tidak memiliki rekomendasi sinyal buy, karena saham-saham yang kami monitor masih belum memberikan sinyal untuk buy. Walaupun begitu kami memiliki rekomendasi saham untuk Cut Loss dan Cut Profit.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *