Rekomendasi Harian

IHSG Bergerak Tidak Menentu Kemarin. Bagaimana Hari ini? Kami Highlight Khusus Saham BJBR dan GJTL… (7 Desember 2016)

IHSG

Kemarin IHSG ditutup sedikit menguat sebesar 5 points saja (0.09%) dengan volume kecil dibawah rata-rata 20 harinya; volume kemarin dibandingkan dengan 6 hari sebelumnya adalah volume yang terkecil. Indeks membentuk doji dimana hal ini mengindikasikan pelaku pasar masih belum banyak yang memutuskan untuk masuk ke pasar yang terlihat dari volume transaksi yang dihasilkan.

Pihak asing masih saja membukukan net sell sebesar 605 Milyar. Hal ini menginformasikan kepada kita bahwa masih adanya pelaku pasar asing mengambil dananya dari pasar modal Indonesia di beberapa minggu terakhir ini.

Dari pergerakkan IHSG kemarin yang tidak menentu, industri yang menguat dan melemah meiliki rata-rata pergerakkan dibawah 1%. Industri yang paling menguat adalah industri FINANCE (0.80%) dan AGRI (0.59%); kemudian industri yang paling melemah adalah industri MINING (0.79%) dan INFRASTRUCTURE (0.59%).

2016-12-06_heatmap

Apa yang akan terjadi dengan IHSG hari ini?

Berdasarkan data yang kami dapatkan mengenai pergerakkan IHSG beserta volumenya, IHSG akan bergerak naik menuju resistance berikutnya di sekitar 5320. Jika indeks bergerak melemah, ada potensi indeks test area support yang baru saja ditembusnya.

Sekali lagi kami tegaskan, kami masih melihat positif pergerakkan IHSG, bahwa indeks masih akan bergerak naik akan tetapi tidak langsung naik, karena terlihat volume yang semakin lama semakin melemah dan ada indikasi harga akan bergerak test area support yang baru ditembusnya.

Mari kita monitor dan amati bersama-sama.

2016-12-06_ihsg

Saham Highlight

Berikut adalah saham-saham yang perlu kami highlight berdasarkan input dari teman-teman dan kondisi pergerakkan harga.

KAEF

Banyak teman-teman yang menanyakan saham KAEF ini setelah adanya pergerakkan besar kemarin; dan kami mencoba untuk mengulas apa yang terjadi.

Informasi pada chart:

  1. Trend UP
  2. Momentum UP
  3. Saat ini berada di resistance area konsolidasinya dan harga siap-siap menembusnya.
  4. Harga saat ini membentuk pola candlestick bullish tinggi dengan volume tinggi diatas rata-rata harian 20 hari terakhir, dimana hal ini mengindikasikan banyaknya buyer yang masuk membeli saham ini.
  5. Secara keseluruhan pihak bandar masih melakukan akumulasi.

Harga saat ini berada di resistance dan siap-siap untuk menembus area konsolidasinya. Terlihat dari volume transaksi yang terjadi, banyak buyer yang masuk ke dalam pasar. Kami masih yakin saham ini akan menembus area konsolidasinya dan bahkan akan menembus high yang terbentuk sebelumnya dan menuju target pertama yang sudah kami plan atau rencanakan sebelumnya yang kami sampaikan pada tanggal 23 November 2016 yang lalu yaitu 3800, kemudian untuk target kedua adalah 4500.

Rekomendasi kami bagi yang sudah mengkoleksi saham ini bisa hold; lalu bagi teman-teman yang belum memiliki, bisa watch and see untuk menunggu harga benar2 menembus area konsolidasi dengan volume besar dan didukung oleh bandar.

2016-12-06_kaef

BRPT

Informasi pada chart:

  1. Trend Sideways
  2. Momentum UP melemah (Sideways)
  3. Saat ini berada di area konsolidasinya dan harga sedang memantul dari support area konsolidasinya.
  4. Harga saat ini membentuk pola candlestick piercing line dengan volume tinggi diatas rata-rata harian 20 hari terakhir pada bullish candlesticknya, dimana hal ini mengindikasikan buyer mulai banyak membeli saham ini dan mengkonfirmasikan support area konsolidasi.
  5. Kemarin bandar banyak melakukan akumulasi dan secara keseluruhan pihak bandar masih melakukan akumulasi.

Harga bergerak test ke area support. JIKA harga bergerak menembus area konsolidasi saat ini, maka harga terkonfirmasi memantul dari area support dan akan bergerak lebih tinggi lagi.

Rekomendasi kami adalah watch and see bagi teman-teman untuk menunggu harga menembus area konsolidasi yang saat ini terbentuk. Bagi yang sudah memiliki saham ini bisa hold.

2016-12-06_brpt

ADRO

Informasi pada chart:

  1. Trend UP
  2. Momentum UP
  3. Harga menembus area konsolidasinya.
  4. Harga kemarin ditutup membentuk pola candlestick shooting star dengan volume di atas rata-rata harian 20 hari terakhir.
  5. Pihak bandar kemarin di posisi netral, walaupun begitu juga secara keseluruhan pihak bandar masih mengakumulasi saham ini.

Setelah hari Jumat kemarin harga menembus area konsolidasi, harga kemarin bergerak melemah dan membentuk shooting star dengan volume dibawah rata-rata 20 harinya. Diperkirakan harga masih bisa bergerak menguat untuk hari ini. Jika tidak menguat, maka harga akan membentuk area konsolidasi.

Rekomendasi kami bagi teman-teman yang bisa belum memiliki saham ini bisa watch and see untuk sinyal buy berikutnya, kemudian bagi yang sudah mengkoleksi bisa hold.

2016-12-06_adro

GJTL

Kami mendapatkan masukkan dari beberapa teman-teman trader untuk memasukkan analisa saham GJTL. Berikut adalah pandangan kami secara transparan terhadap saham ini.

Informasi pada chart:

  1. Trend DOWN
  2. Momentum DOWN Kuat
  3. Harga berusahan masuk kembali ke area resistance untuk mengujinya
  4. Harga kemarin ditutup membentuk pola candlestick bullish dengan buntut yang cukup panjang dengan volume jauh di atas rata-rata harian 20 hari terakhir.
  5. Pihak bandar kemarin distribusi tinggi walaupun harga bergerak naik cukup tinggi, secara keseluruhan pihak bandar masih distribusi saham ini.

Harga bergerak menurun. Kemarin ada pergerakkan yang sangat besar keatas dengan volume yang cukup tinggi, akan tetapi sepertinya harga membentuk candlestick dengan wich cukup tinggi dan pihak bandar yang melakukan distribusi. Prediksi kami harga akan bergeraak sideways setelah ini, dan harga akan bergerak masih cenderung melemah.

Rekomendasi kami adalah watch and see bagi yang belum mengkoleksi saham ini karena ada kemungkinan harga bergerak naik tidak bertahan lama; kemudian bagi teman-teman yang sudah mengkoleksi saham ini, kami serahkan keputusan kepada teman-teman, akan tetapi pandangan kami, saham GJTL ini trend dan momentumnya masih begitu kuat, sehingga untuk membeli saham ini adalah counter trend trading dan sangat berisiko.

2016-12-06_gjtl

BJBR

Kami tertarik untuk melihat dan menganalisa lebih lanjut untuk saham BJBR ini, karena kemarin ada pergerakkan yang sangat tinggi setelah harga meninggalkan area konsolidasi yang cukup lama.

Informasi pada chart:

  1. Trend UP
  2. Momentum UP
  3. Harga semakin meninggalkan area konsolidasi dengan kuatnya
  4. Harga kemarin ditutup membentuk pola candlestick bullish marubozu dengan dengan volume jauh di atas rata-rata harian 20 hari terakhir dan semakin meningkat dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya.
  5. Pihak bandar kemarin akumulasi tinggi dan secara keseluruhan pihak bandar masih melakukan akumulasi terhadap saham ini.

Harga bergerak naik sangat kuat kemudian dibarengi dengan volume yang sangat tinggi dan pihak bandar yang masih melakukan akumulasi yang mengindikasikan saham ini bergerak menguat sehat. Kami prediksikan saham BJBR ini bisa mencapai area 2500.

Kemudian yang bisa menjadi catatan penting disini, pergerakkan BJBR yang sangat tinggi ini karena adanya pihak asing mulai masuk ke dalam pasar.

Rekomendasi kami bagi teman-teman yang belum mengumpulkan saham ini bisa watch and see sampai muncul sinyal untuk beli. Kemudian bagi yang sudah mengkoleksi saham ini, kami ucapkan selamat :), dan teman-teman bisa hold saham ini; hal ini karena ada potensi harga bergerak sampai dengan area 2500.

2016-12-06_bjbr

Saham-saham ini akan selalu kami monitor dan kami juga memiliki beberapa saham yang memiliki probabilitas tinggi untuk menjadikan sebuah sinyal buy didalam watchlist saham unggulan kami.

Kemudian jika teman-teman ingin mendapatkan update dari kami secepatnya, teman-teman bisa join di channel telegram kami di http://telegram.me/temantrader; atau bisa mendaftarkan email teman-teman di email subscription list kami.

Disclaimer:
Highlight dan rekomendasi saham kami adalah murni hasil analisa kami dan untuk kepentingan edukasi. Realisasi dari rekomendasi kami adalah keputusan akhir dari teman-teman trader.

Catatan Penting Untuk Rekomendasi Saham Hari Ini:
Hari ini kami tidak memiliki rekomendasi sinyal buy, karena saham-saham yang kami monitor masih belum memberikan sinyal untuk buy.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *