Stock of the week

Harga Minyak Naik Diprediksi Bisa $60 Per Barrel. Bagaimana Pergerakkan Saham ELSA Selanjutnya?

Minggu ini kami melihat ada potensi kenaikkan tinggi harga minyak bumi yang di-trigger oleh keputusan OPEC yang kasarnya mereka setuju untuk membatas supply minyak bumi, sehingga menaikkan harga minyak bumi itu sendiri. Oleh karena itu kami tertarik untuk membahas saham-saham yang sangat tergantung dengan komoditas minyak bumi. Pilihan kami jatuh kepada saham ELSA yang pada hari Kamis lalu melalui kenaikkan tinggi dan pada awal pasar dibuka saham ini langsung lompat jauh.

Mari kita lihat saham ELSA lebih dalam lagi dari sisi:

  1. Trend
  2. Momentum
  3. SnR
  4. Candlestick dan Volume transaksi
  5. Bandarmologi

Setelah kita menganalisa satu per satu, akan kita simpulkan apa next action yang perlu kita lakukan selanjutnya dengan saham ini.

Trend Saham ELSA: DOWN

Terlihat harga membentuk lower low baru dan saat ini kecenderungan membentuk lower high baru. Bisa disimpulkan harga masih dalam kondisi bergerak kebawah.

2016-12-04_elsa-trend

Momentum Saham ELSA: DOWN Lemah

Kami mengidentifikasikan momentum dari besarnya perbedaan antara moving average 20 dan 50. Saat ini moving average 20 dibawah moving average 50, kemudian harga bergerak naik diatas moving average 20 dan 50. Hal ini menjadikan momentum saham ini menjadi down lemah dan memiliki kecenderungan tidak menentu; kemudian hal ini memberikan potensi pembalikkan arah trend.

2016-12-04_momentum

Identifikasi Support Dan Resistance Saham ELSA

Kami telah berhasil mengidentifikasikan area support dan resistance untuk saham ELSA. Area support dan resistance terbentuk dari area sidweays atau konsolidasi yang terbentuk sebelumnya.

Harga saat ini berada di dekat area resistance yang terbentuk pada area konsolidasi atau sideways sebelumnya dan ada indikasi harga saat ini me-reject area resitance tersebut.

2016-12-04_snr

Candlestick dan Volume Analysis Saham ELSA

Kemarin hari Jumat, harga membentuk bearish candlestick dengan volume masih tinggi diatas rata-rata 20 harinya akan tetapi jauh lebih rendah daripada volume transaksi hari sebelumnya. Hal ini menginformasikan kepada kita bahwa pergerakkan harga yang tinggi kemarinnya (hari Kamis) ada indikasi melemah dan cenderung berhenti.

Selanjutnya harga kemungkinan ada dua yakni membentuk area konsolidasi baru ATAU bergerak kebawah test area support yang baru saja ditinggalkannya. Pada saat harga melakukan konsolidasi atau bergerak kebawah, biasanya volume tidak akan terlalu tinggi.

2016-12-04_cs-and-volume

Bandarmologi Saham ELSA

Bagaiman dengan bandarmologi saham ELSA? Kami melihat secara keseluruhan bandar posisinya adalah netral cenderung distribusi. Kami melihat dari tanggal 11 Oktober 2016 sampai dengan tanggal 2 Desember 2016 kemarin.

Dari pegerakkan harga yang terjadi, kami membentuk empat buah segmentasi pergerakkan harga.

  1. Ketika harga konsolidasi pertama kali dimana bandar cenderung akumulasi
  2. Ketika harga menurun, bandar cenderung distribusi
  3. Ketika harga berkonsolidasi lagi mementuk area support, bandar netral dan cenderung distribusi
  4. Ketika harga meninggalkan support dan bertemu resistance, bandar cenderung melakukan akumulasi

Tujuan kami mengelompokkan disini, agar bisa melihat analisa bandar lebih detail lagi dari per kerjadian.

2016-12-04_bandarmologi

Apa yang kami lihat disini?

Selain posisi bandar yang netral, ternyata ada yang menarik.

Dari seluruh pergerakkan ini, walaupun pihak bandar/smart money/money maker/penggerak pasar, walaupun posisinya netral, akan tetapi pihak asing yang selalu membeli saham ini (dari range tersebut). Ada indikasi pihak asing masuk di saham ini akan tetapi pada saat IHSG bergerak tajam beberapa minggu lalu, ELSA tidak terpengaruh, pihak asing tidak melakukan distribusi! dan ini sebenarnya adalah berita baik.

Berikut adalah posisi bandar dari masing-masing klasifikasi (Warna merah adalah sekuritas dari luar negeri).

2016-12-04_bandarmologi-2

Lalu apakah kita bisa langsung masuk atau buy? belum!

Karena harga masih bergerak dalam trending down, momentum masih down (walaupun lemah), kemudian dari sisi price dan volume masih belum menunjukkan sinyal-sinyal harga akan bergerak naik kembali.

REKOMENDASI dan Next Action Saham ELSA

Setelah kita mendapatkan seluruh informasi, terlihat bahwa harga saat ini memang bergerak naik akan tetapi harga masih di area atau teritori trend dan momentum kebawah atau down, kemudian pihak bandar masih posisinya netral.

Beberapa kejadian yang mungkin akan terjadi dengan saham ini di beberapa hari kedepannya adalah

  1. Harga membentuk area konsolidasi dekat dengan area resistance saat ini
  2. Harga bergerak kebawah untuk test area support

2016-12-04_wait-and-see

Walaupun harga minyak bumi kemungkinan akan naik terus, kami melihat saham ELSA ini kemungkinan besar dalam beberapa hari ke depan, kami prediksikan akan bergerak terbatas.

Berdasarkan ini semua, secara overall rekomendasi kami adalah wait and see untuk menunggu harga memberikan sinyal pada saat menembus area konsolidasi yang nantinya bisa terjadi ATAU harga memberikan konfirmasi memantul dari area support ketika harga bergerak kebawah.

Rekomendasi kami bagi teman-teman yang sudah memegang atau mengkoleksi saham ELSA sebelumnya:

Teman-teman bisa menunggu harga membentuk area konsolidasi, kemudian jika harga menambus area konsolidasi kebawah, teman-teman bisa melakukan cut profit atau cut loss (tergantung posisi teman-teman).

Jika teman-teman menganggap ragu-ragu harga akan bergerak naik lagi, teman-teman bisa melakkan cut profit pada saat pasar besok senin dibuka.

Rekomendasi kami bagi teman-teman yang belum memegang atau mengkoleksi saham ELSA sebelumnya:

Teman-teman bisa wait and see untuk menunggu harga membentuk dua kemungkinan kejadian lalu bisa beli berdasarkan sinyal yang muncul setelahnya. Saat ini stay away terlebih dahulu.

Rekomendasi ini sifatnya bukan final, final decision apakah menerima resiko dan reward, kemudian apakah mau buy, hold atau cut profit, ada di tangan teman-teman. Kami hanya memberikan pandangan kami mengenai pergerakkan saham ELSA ini kedepannya.

Demikian yang dapat kami utarakan dan sampaikan. Semoga informasi ini bisa menambah analisa teman-teman untuk minggu depan khususnya saham BEKS.

Kemudian jika teman-teman ingin mendapatkan update dari kami secepatnya, teman-teman bisa join di channel telegram kami di http://telegram.me/temantrader; atau bisa mendaftarkan email teman-teman di email subscription list kami.

Have a nice weekend…

 

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *