Market Review

Setelah Terjadi Demonstrasi 4 November, Bagaimana IHSG Minggu Depan? (7 – 11 November 2016)

IHSG

IHSG minggu ini bergerak melemah dimana diawal minggu indeks sempat bergerak terbatas di area konsolidasi 5380 – 5450. Mulai pada hari Kamis (3 November 2016), indeks bergerak melemah menembus area resistance dari area konsolidasinya kemudian ada perlawanan sedikit pada hari Jumat (4 November  2016) dan mengkonfirmasikan area konsolidasi baru yang jaraknya cukup besar. Terlihat juga volume yang terbentuk tidak begitu besar (volume bergerak dibawah rata-rata dimulai dari tanggal 4 sampai dengan 5 November 2016).

Hasil penghlihatan dan pengamatan kami, hal ini terjadi disebabkan adanya isu demonstrasi besar di Jakarta pada tanggal 4 November 2016 dan pihak asing memilih jalur aman dengan menarik beberapa modalnya dari pasar modal untuk wait and see yang terjadi pasca demonstrasi besar termasuk bagaimana pemerintah Indonesia mengatasi demonstrasi ini.

Seperti yang telah kami utarakan pada postingan kami kemarin mengenai keterkaitan demonstrasi dan IHSG kemarin Sabtu, bahwa pada hari Jumat kemarin terlihat adanya kepercayaan dari market untuk membawa index naik menjelang pasar tutup dengan membentuk pola candlestick piercing line. Hanya saja masih banyak investor yang masih memilih untuk wait and see; hal ini terlihat dari volume rendah yang terbentuk.

Seiring dengan berjalannya waktu, ternyata demonstrasi pada tanggal 4 November 2016 ada sedikit kericuhan dan pihak keamanan langsung sigap mengatasinya. Upaya untuk membuat keonarah langsung bisa diatas oleh pihak keamanan dengan sigap dan cepat; kemudian Bapak Presiden Jokowi juga sudah memberikan klarifikasi dan kejelasan atas kejadian ini.
Kami melihat hal ini adalah hal yang positif, dan prediksi kami terhadap IHSG minggu depan masih positif. Walaupun prediksi kami pergerakkan IHSG minggu depan positif, indeks tidak langsung keatas melainkan akan membentuk area konsolidasi baru untuk memastikan semua para pelaku pasar benar-benar yakin tidak terjadi apa-apa. Kami yakin situasi perpolitikan di Indonesia akan kondusif dan IHSG tidak akan tetalu banyak terpengaruhi ke depannya.

Di dalam chart kami dibawah, kami prediksikan minggu depan, indeks akan bergerak terbatas dan membentuk area konsolidasi baru di area yang kami berikan kotak merah. Walaupun begitu, kami sarankan kepada teman-teman untuk selalu waspada atas dinamika yang terjadi terutama di IHSG.

2016-11-06_ihsg

Industri MINING (Pertambangan)

Industri ini cukup menjanjikan. karena selagi IHSG mulai bergerak menurun, indeks industri ini menunjukkan pergerakkan stabil dan cenderung menguat. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah kondisi dari volume transaksi perdagangan yang di bursa yang semakin melemah.

Volume transaksi yang melemah ini memberikan kita indikasi bahwa telah terjadi pelemahan dari arah trend karena semakin menguatnya indeks tidak dibarengi volume yang tinggi dan pihak asing memilih untuk menjual posisinya di saham-saham dibawah industri ini.

Kami prediksikan indeks akan membentuk area konsolidasi baru; didalam chart sudah kami gambarkan. Jika indeks tidak membentuk area konsolidasi baru, maka kami prediksikan indeks akan mencoba test ke area support.

Saham-saham dibawah industri ini patut diwaspadai pergerakkannya untuk satu minggu ke depan. 

2016-11-06_mining

Industri FINANCE (Keuangan)

Indeks di minggu ini bergerak masih didalam area konsolidasi. Jika IHSG bergerak keatas, kami perikirakan industri ini akan menembus resistance area konsolidasinya.

Saham-saham dibawah industri ini patut ditunggu sinyal buy.

2016-11-06_finance

Industri AGRI

Indeks bergerak menembus area konsolidasi sebagai supportnya. Kemungkinan besar indeks akan bergerak kebawah karena trend dan momentum yang cukup besar kebawah.

Saat ini indeks berada di area konsolidasi support, dan volume pergerakkan indeks yang semakin lama yang semakin melemah. Jika indeks memotong garis trendline dengan momentum dan volume tinggi baru bisa dipastikan indeks bergerak keatas kembali.

Saat ini sentiment pasar masih kebawah yang menjadikan saham-saham dibawah industri AGRI ini patut diwaspadai.

2016-11-06_agri

Industri BASIC-IND (Industri Dasar dan Kimia)

Minggu ini indeks bergerak kebawah, kemudian ada kecenderungan indeks mencoba test area konsolidasi sebagai support dan mencoba untuk memantul. Konfirmasi indeks akan memantul dan meneruskan trendnya di minggu depan ketika ada candle yang menembus garis hitam yang disertai volume tinggi (lebih baik lagi di didukung oleh pihak asing).

Saham-saham dibawah industri ini layak di tunggu sinyal buy.

2016-11-06_basic-ind

Industri CONSUMER (Barang Konsumsi)

Indeks di industri ini ada kecenderungan bergerak melemah kebawah setelah minggu ini indeks bergerak menembus support area konsolidasinya. Di minggu ini kami prediksi indeks akan mencoba test area konsolidasi yang ditembusnya.

Kita bisa lihat dan tunggu reaksi pergerakkan indeksi di area konsolidasi apakah menolak atau menembus area konsolidasinya. Jika menembus, maka indeks akan meneruskan trendnya.

Saham-saham di industri ini harus diwaspadai terutama pada saat memberikan sinyal buy.

2016-11-06_consumer

Industri INFRASTRUCTURE (Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi)

Minggu ini indeks bergerak menembus support area konsolidasi dan mengkonfirmasikan pergerakkan trend kebawah; kemudian menjadikan momentum kebawah menjadi lebih kuat.

Resiko cukup tinggi untuk membeli saham-saham dibawah industri ini, sehingga kita harus ekstra berhati-hati untuk segala sinyal buy yang muncul.

2016-11-06_infrastructure

Industri MISC-IND (Aneka Industri)

Minggu ini indeks bergerak menembus support di area konsolidasinya dengan volume rata-rata sehingga memberikan tingkat probabilitas ke atas yang menjadi lebih kecil.

Jika indeks menembus area garis hitam pada chart dibawah, maka indeks terkonfirmasi untuk melanjutkan trend kebawah.

Resiko menjadi lebih besar untuk melakukan action buy atas saham-saham dibawah industri ini. Kita harus berhati-hati terhadap saham-saham dibawah industri ini yang mengeluarkan sinyal buy.

2016-11-06_misc-ind

Industri PROPERTY (Properti dan Real Estate)

Minggu ini indeks bergerak menembus area konsolidasi besarnya. Minggu depan ada indikasi indeks akan melakukan test area konsolidasi diatas sebagai supportnya. Mari kita tunggu reaksi indeks di area konsolidasi tersebut, apakah meneruskan atau memantul.

Saham-saham dibawah industri ini patut diwaspadai, sinyal buy layak ditunggu akan tetapi untuk short term saja; harus diperhatikan juga reaksi indeks nantinya di area konsolidasi.

2016-11-06_property

Industri TRADE (Perdagangan, Jasa, dan Investasi)

Minggu ini indeks bergerak melemah akan tetapi volume bergerak melemah yang mengindikasikan adanya pelemahan trend dan kebetulan indeks mendekati area konsolidasi sebagai support (820 – 835). Ada kemungkinan indeks akan ke area tersebut dan bereaksi di area tersebut dengan membentuk area konsolidasi baru.

Saham-saham dibawah industri ini wajib diwaspadai karena di industri ini masih belum ada sinyal pembalikkan.

2016-11-06_trade

KESIMPULAN

Dari seluruh industri, kami melihat ada beberapa industri yang saham-sahamnya layak kita tunggu dan wajib kita waspadai di minggu depan.

Industri yang layak ditunggu sinyal buy-nya hanya untuk industri BASIC-IND dan FINANCE. Kemudian seluruh industri lainnya wajib kita waspadai termasuk industri MINING.
Catatan khusus untuk industri MINING, industri ini sedang sangat volatile dan bergerak liar karena masih adanya pengaruh dari harga komoditas batubara yang naik tajam; dan jika harga batubara sedang terkoreksi, takutnya indeks akan memiliki impact yang cukup tinggi juga.

Waspada ini artinya bukan artinya kita tidak boleh membeli saham-saham tersebut akan tetapi kita wajib melihat resiko, memonitor secara ketat pada saat kita membeli saham-saham dibawah industri yang patut diwaspadai ini.

Have a nice weekend and Happy trading 🙂

 

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *