Rekomendasi Harian

Kemarin IHSG Menguat, Bagaimana Saham Rekomendasi Hari Ini? … (9 November 2016)

IHSG

Kemarin IHSG ditutup menguat sebesar 84 points (1.56%) membentuk bullish candlestick dengan volume rata-rata dan menembus area konsolidasi besarnya. Pihak asing sudah mulai masuk lagi ke pasar modal Indonesia dengan membukukan net buy sebesar 145 Milyar. Ini adalah hasil positif dimana diluar perkiraan dan praduga kami sebelumnya ternyata indeks bergerak sangat kuat setelah IHSG terkoreksi agak dalam.

Hampir semua industri pun menguat, hanya industri MINING yang mengalami pelemahan sebesar -0.46%; Industri yang paling menguat adalah INFRASTRUCTURE (2.16%) dan BASIC-IND (1.92%).

2016-11-08_heatmap

Mengapa kok bisa tiba-tiba IHSG naik tajam? 

Praduga kami hal ini disebabkan adanya berita baikmengenai pemilu Amerika Serikat (AS) yang diterima oleh pelaku pasar khususnya berasal dari luar Indonesia (asing), yakni adanya informasi dari FBI bahwa calon presiden Hillary Clinton bebas dari permasalahan email ilegal yang dituduhkan kepadanya. Apapun itu, yang terpenting pelaku pasar sudah mulai percaya diri dengan berita ini.

Walaupun begitu juga, pasar sepertinya akan menunggu hasil pasti pemilu untuk memastikan arah pergerakan indeks.

Jika begitu, bagaimana pergerakkan IHSG hari ini?

Kami memprediksikan IHSG akan bergerak tidak menentu dan bisa saja meneruskan pergerakkan naiknya jika memang Hillary Clinton terpilih menjadi presiden baru AS. Mari kita amati pergerakkan IHSG dan berhati-hati untuk masuk ke market hari ini.

2016-11-08_ihsg

Saham Highlight

Ada beberapa saham yang perlu kami highlight untuk hari ini termasuk beberapa permintaan dari teman-teman trader untuk membahas BUMI dan BEKS.

CASA

Harga menembus area konsolidasi dengan volume dibawah rata-rata; walaupun volume dibawah rata-rata pihak bandar masih tetap melakukan akumulasi.

Belum sinyal buy karena volume masih kecil. Ditunggu hari ini response dari market.

2016-11-08_casa

NIKL

Harga menembus area konsolidasi dengan volume tinggi; sangat disayangkan pihak bandar tidak mensupportnya. Ditunggu hari ini pergerakkan berikutnya apakah pihak bandar akan melanjutkan pergerakkan naiknya dengan volume besar dan didukung bandar.

2016-11-08_nikl

BUMI

Harga membentuk pola candlestick high wave doji dimana ada kejenuhan dan pelaku pasar tidak bisa menentukan arah harga bergerak. Kemudian dari Volume terlihat cukup tinggi yang menginformasikan bahwa buyer dan seller sama banyak yang masuk ke pasar; lalu bandar posisi masih netral dan belum bisa menentukan posisinya.

Apakah ini harga artinya akan mulai bergerak kebawah hari ini karena beberapa hari sebelumnya terlihat bandar melakukan distribusi? Mari kita lihat bersama.

2016-11-08_bumi

BEKS

Harga masih bergerak naik dan turun di dalam area konsolidasi dengan volume cenderung mengecil. Selama periode konsolidasi, bandar juga posisinya masih belum memihak. Jadi menurut kami harga masih bergerak didalam area konsolidasi tanpa arah dan belum ada indikasi harga akan bergerak naik atau turun.

2016-11-08_beks

Saham-saham ini akan selalu kami monitor dan kami juga memiliki beberapa saham yang memiliki probabilitas tinggi untuk menjadikan sebuah sinyal buy didalam watchlist saham unggulan kami.

Disclaimer:
Highlight dan rekomendasi saham kami adalah murni hasil analisa kami dan untuk kepentingan edukasi. Realisasi dari rekomendasi kami adalah keputusan akhir dari teman-teman trader.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *